Melanjutkan artikel sebelumnya, Sharing Tips Sukses Jualan Digital di Etsy : Raih $10K USD Kurang dari Setahun! Mari kita lanjutkan bahasan singkat mengenai SEO serta tips meningkatkan ranking produk di Etsy Search.
-----------
SEO.. SEO.. SEO..
Jujur, optimasi SEO (Search Engine Optimization) dan mencari keywords adalah dua hal yang menurut saya paling susah dimengerti dan membosankan. Tetapi, SEO ini penting sekali untuk dikuasai dan menentukan ranking produk kita di Etsy search.
Saya merasakan sendiri manfaatnya ketika saya mengubah judul dan tags dengan keywords yang lebih SEO friendly. Dalam waktu 2 minggu, penjualan saya meningkat 3 kali lipat! Padahal saat itu saya tidak melakukan promosi apapun lewat sosial media. Semenjak saat itu saya pun beralih memanfaatkan waktu saya sebagian besar untuk mencari kata kunci yang tepat untuk produk digital saya.
Hasil dari stats saya sebulan terakhir adalah sebagai berikut:
Stats jumlah traffic pengunjung ke toko saya tahun 2021
Bisa dilihat, 88% pengunjung datang dari Etsy search. Saya tidak perlu lagi aktif memasarkan produk di sosial media tetapi customer malah semakin banyak mengklik produk saya.
Untuk membahas SEO saya rasa perlu satu artikel sendiri, ya. Teman-teman bisa membaca artikel-artikel di Etsy Seller Handbook yang membahas secara lengkap bagaimana caranya supaya bisa unggul di Etsy search. Banyak juga tools yang dapat membantu kita mencari kata kunci, seperti ERank dan Marmalead. Selain itu, saya akan tambahkan poin penting yang saya dapat selama belajar SEO Etsy.
- Pilih longtail keywords, terdiri dari frase 3-4 kata yang mendeskripsikan produk kamu. Masukkan keywords ini di kotak Etsy search, jangan klik search, tetapi lihat apakah muncul di drop down list di bawahnya? Contohnya seperti dibawah ini:
Jika keywords itu muncul, berarti kata kunci ini dicari orang. Jika tidak muncul, ganti dengan keywords lain.
- Masukkan longtail keywords dan short keywords ke dalam judul listing kita, dipisahkan dengan tanda koma (,). Hindari keyword stuffing (menulis kata kunci yang sama berkali-kali) atau memasukkan keywords secara acak yang sulit dibaca orang.
Contoh judul listing yang kurang tepat:
“Women Wall Art Abstract Girl Wall Art Aesthetic Boho Feminist Fashion Style Art Girl Poster Drawing, PDF, JPG, Printable”
Contoh judul listing yang lebih SEO friendly:
“Abstract Girl Wall Art, Empowered Woman Print, Modern Woman Wall Art, Earthy Tone Art, Boho Girl Wall Décor, Minimalist Female Drawing” - Copy keywords tersebut dan masukkan ke tags. Isi keseluruhan 13 tags dengan frase 2 kata atau lebih. Hindari tags yang tidak relevan.
- Jangan mengedit SEO dari listing yang rankingnya sudah bagus. Ini pernah beberapa kali terjadi di saya, terlalu sering mengedit judul dan tags listing yang awalnya sudah muncul di halaman awal Etsy search, hasilnya malah menjadi lebih buruk. Pelajaran yang saya dapat: lebih baik menduplikasi listing tersebut, lalu ganti dengan judul dan tags yang baru.
- SEO takes time to work. Jangan buru-buru ganti keywords, amati dulu performa SEO yang kita buat selama kurang lebih 3-4 minggu, lalu cek stats listing tersebut. Ganti keywords yang performanya kurang baik.
Tips-tips Tambahan Untuk Meningkatkan Ranking Produk di Etsy Search
Mempunyai listing yang sesuai dengan apa yang dicari calon pembeli memang sudah menjadi langkah awal yang baik, tetapi ternyata tidak hanya itu faktor yang menentukan produk kita akan muncul di halaman awal Etsy search.
Di artikel yang dirilis Etsy ini disebutkan ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi ranking produk kita selain SEO, yaitu “Listing Quality Score” dan “Shop Quality Score”. Apa itu Quality Score? Singkatnya, sistem algoritma Etsy menilai performa listing dan toko kita sebagai acuan untuk menempatkan produk di sistem pencarian Etsy. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan Quality Score tersebut.
- Rutin membuat listing baruMenurut Etsy Seller’s Handbook, ketika kita posting listing baru, produk kita mendapat dorongan sementara dari Etsy untuk muncul di ranking atas Etsy search. Hal ini bertujuan supaya Etsy bisa menilai bagaimana customer berinteraksi dengan listing tersebut (apakah banyak yang tertarik untuk beli? berapa banyak yang memfavoritkan listing tersebut?), yang kemudian mempengaruhi hasil Listing Quality Score. Maka, usahakan setidaknya memposting 1 atau lebih listing baru seminggu sekali untuk mendongkrak pengunjung datang ke toko kita.
- Isi profil tokomu dengan lengkapTermasuk diantaranya bagian About Me, profil pemilik toko, dan Banner. Tujuannya selain meningkatkan kredibilitas di mata customer, profil toko yang lengkap akan meningkatkan Shop Quality Score kita. Tampilan toko yang menarik dan lengkap menandakan kamu serius berjualan di Etsy.
- Jalankan customer service dengan baikKetika ada orang menghubungi kamu untuk bertanya melalui Etsy message, segera jawab dan bantu customer ketika mereka menemukan kesulitan. Kecepatan respon kita juga akan menentukan Quality Score toko kita. Selain itu, customer yang puas akan meninggalkan review positif ke toko kita.
- Jual bundle dan manfaatkan fitur diskonKetika listing kita sudah mulai banyak, mulailah membuat product bundle. Beberapa produk yang satu tema disatukan di satu listing dan dijual lebih murah dibandingkan jika dibeli secara individual. Selain itu, aktifkan fitur diskon untuk menggenjot penjualan. Tips dari saya, jangan buat diskon yang merata untuk seluruh barang. Namun buatlah diskon ketika customer membeli minimal 3 atau lebih produk. Customer yang tadinya berniat hanya membeli satu saja, akan tergoda untuk membeli lebih banyak untuk mendapat diskon. Bundle dan diskon ini membawa lebih banyak keuntungan untuk toko saya dari segi penjualan maupun jumlah item sold.
- Hati-hati dengan desain copyright dan trademarkTerakhir, pastikan kita terhindar dari hukuman Etsy atau gugatan pihak lain karena menggunakan desain yang ternyata melanggar hak cipta (copyright) atau merk dagang (trademark). Iya, memang di Etsy banyak penjual lain yang berjualan desain tokoh Disney atau anime. Tetapi jangan tergoda untuk membuatnya juga hanya karena mereka “selamat” dari pantauan Etsy. Toko yang menjual barang-barang tersebut suatu saat akan terkena penalti. Apakah kita mau mengorbankan usaha kita susah-susah membuat toko dan mengembangkannya hanya untuk ditutup karena melanggar aturan Etsy, atau lebih horror lagi, dituntut secara hukum oleh pihak pemilik copyright?Untuk barang digital, perhatikan juga lisensi penggunaan jika kita memakai element desain yang didapat dari orang lain. Begitu juga dengan font, bacalah dulu lisensi dari tiap font apakah dapat digunakan untuk proyek komersial atau tidak. Hindari asal comot dari situs penyedia image atau clipart gratis sebelum membaca terms of use terlebih dahulu.
Demikian beberapa tips dari saya, semoga artikel ini berguna untuk menambah inspirasi dan meningkatkan penjualan dari toko teman-teman, ya. Untuk yang belum pernah mencoba, yuk kita buka toko di Etsy. Berjualan barang digital tidak perlu modal banyak, hanya dengan bermodalkan kemauan dan hobi, kita bisa meraup dollar sebagai passive income yang lumayan hasilnya. Menggiurkan, bukan?
Saya sarankan untuk yang belum mendaftar Etsy daftarnya lewat LINK INI ya supaya tidak perlu membayar 40x listing fees, lumayan banget hemat 8$, apalagi bagi toko baru jadi bisa bener-bener FREE berjualan di etsy.
Penulis : Glenda L
Penulis : Glenda L
Lanjutin dong kak 😍 sukaa banget bacanya, menginspirasi.. kak Glenda ada channel youtube atau komunitas Etsy Indonesia ngga yaa?
BalasHapusJasa seo surabaya
BalasHapusTerima kasih gan
Bagus info nya... Untuk informasi seputar optimasi seo website lebih lanjut bisa kunjungi situs Freebacklink Indonesia
BalasHapus