Langsung ke konten utama

Etsy Indonesia Sudah Tidak Bisa Pakai Paypal? Cara Enroll ke Etsy Payment (Step by Step)

 


Di awal Oktober 2020 ini saya Enroll cara pembayaran saya dari Paypal ke Etsy Payment. Jujur kalau suruh pilih sih nggak usah switch ke Etsy Payment, maunya pakai Paypal terus aja. Tapi sayang sekali teman-teman, mulai 4 Oktober 2020 ini seluruh seller Indonesia wajib mengubah pilihan pembayarannya ke Etsy Payment. Kalau nggak switch/enroll ke Etsy Payment gimana? Kabarnya sih Etsy akan menutup toko Indonesia yang tidak segera di enroll di waktu yang ditentukan (4 Oktober 2020). Karena ancaman inilah saya mau nggak mau harus pindah dari Paypal ke Etsy Payment. Beberapa dari kalian juga request untuk dibuatkan artikel tentang Etsy Payment ini. Berhubung saya juga baru aja enroll jadi kali ini saya tulis langkah-langkahnya dulu saja, untuk artikel tentang detail biaya-biayanya menyusul ya.

"Warning : Setelah mengaktifkan Etsy Payment ini tagihan sudah tidak bisa dibayar dengan Paypal tapi akan ditagihkan ke kartu kredit. Jadi sangat disarankan untuk membayar tagihan bulan sebelumnya dulu dengan paypal sebelum enroll ke Etsy Payment."

Oke pertama kita harus masuk ke pengaturannya dulu. Bisa melalui 2 cara, yaitu lewat email atau langung lewat dashboard Etsy.

Bagi kalian seller Indonesia pasti sudah dapat surat ancaman cinta dari Etsy untuk segera switch ke Etsy Payment. Klik Enrol now


Selain itu bisa juga masuk ke dashboard Etsy lalu di bagian Shop Advisor akan muncul 

Final notice: Switch to Etsy Payments by October 4


Klik tombol Enroll now yang ada di sebelah kanannya. 

1. Setelah kalian klik enroll nanti akan diarahkan masuk ke Payment Setting. Pilih lokasi negara tempat bank tujuan. Sekali pilih negara sudah tidak bisa diganti lagi kedepannya. Disini saya pilih Indonesia.

2. Kemudian lanjut isi rekening bank tujuan untuk menerima hasil pejualan kita. Sebagai contoh, saya disini pakai Jenius (Bank BTPN). Untuk bank lain silakan bisa googling saja ya atau tanya langsung ke CS bank yang bersangkutan.
3. Lanjut isi data diri seperti negara asal, nama pertama, nama terakhir, tanggal lahir, nomor KTP
4. Selanjutnya mengisi alamat rumah. Disini mungkin ada yang bingung untuk alamat Indonesia terutama di kampung biasanya tidak ada nama jalan & nomor rumah. Alamat rumah saya di KTP juga tidak ada jalan dan no rumah, jadi saya mengisinya 
  • Street Name : Nama dusun/kampung, RT/RW
  • Number : mengarang bebas (karena nggak punya nomor rumah, jika dikosongi tidak bisa di save)
  • Apt/Suite/Other : Nama kecamatan/kelurahan
  • City, province, postal code, phone number : kota, provinsi, kode pos, no hp
Lalu SAVE

5. Di bawah ini ada pilihan mau menerima pembayaran dengan email / lainnya. Saran saya tidak usah di-ON-kan karena biasanya repot kalau ada pembeli yang memilih pilihan pembayaran ini. Pengalaman saya ada orang yang memilih payment by mail lalu harus menunggu 1 minggu untuk mencairkan uangnya. Kalau other nanti seller dan buyer harus diskusi tentang mau bayar pakai apa, repot kan? Lebih baik tidak usah XD

6. Tahap selanjutnya kita diwajibkan untuk upload kartu identitas seperti KTP/SIM/Paspor. 
Syaratnya : tulisan harus jelas, tidak kedaluarsa, file bentuk JPG/PNG. Saya pernah membaca ada yang gagal upload KTPnya karena KTP sudah expired/kedaluarsa walaupun kebijakan pemerintah semua KTP sudah seumur hidup. Nah bagi yang expired date KTPnya sudah lewat (tidak tertulis seumur hidup) saya sarankan upload SIM atau paspor saja.



7. Lanjut ke Payment Methods pilih waktu pencairan dana kalian. Jika pilih Once per month, maka dana hasil penjualan akan cair 1x per bulan, begitu juga jika pilh every two weeks maka akan cair per 2 minggu. 
8. Ini tahap tambahan bagi kalian yang mata uang di tokonya bentuk selain rupiah saya sarankan diganti ke rupiah karena jika tidak nanti akan kena biaya 2,5% untuk mengubah mata uang asing -> rupiah.

Sebelum klik Change Shop Currency Kalian bisa pilih Round prices jika ingin harga di toko kalian otomatis dibulatkan ke atas. Pembulatan harga itu juga akan menguntungkan toko karena harga++ itu akan masuk ke pendapatan kalian juga (otomatis jika dibulatkan ke atas, harga akan bertambah mahal). 
SELESAI!
Selamat kalian sudah memindahkan pilihan pembayaran kalian ke Etsy Payment. 
Bagi yang tanya paypalnya dikemanain? Ya sudah nggak berguna lagi. Untuk Etsy Payment ini pembayaran tagihannya akan diteruskan ke CC masing-masing. 

UPDATE
Saya sudah mencoba mencairkan uang dari Etsy Payment ke rekening bank dan sejak kalian dapat email 'Your funds are on the way' uang akan cair dalam 3 hari.

Bagi teman-teman yang baru akan mendaftar Etsy, silakan mendaftar lewat SINI agar bebas biaya listing 40x.

Komentar

  1. Siang...nyaru2 artikel tentang ini susah banget,akhir nya ketemu juga disini,saya bingung ni pilih akun bank bri syariah karena gak tau branch kode nya berapa dan saya tidak punya nama belakang,kartu kredit juga gak punya,selama hampir 2 tahun dietsy saya pake vcc.apakah saya bisa pake jenius untuk cc nya?makasih n sukses trs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Branch kodenya coba googling atau tanya ke cs lewat sosmed bank yg bersangkutan biasanya lbh cepat direspon. Saya juga ngga ada cc, selama ini juga pakai vcc beli tp setelah sdh punya jenius akhirnya pakai jenius. Ccnya pakai vcc jenius (klo di aplikasi namanya e-card). Utk bayar tagihan etsy tinggal 1x klik aja

      Hapus
    2. Makasih atas tanggapannya

      Hapus
    3. Bisakah pake BRI e-CARD
      Utk etsy payment mbk

      Hapus
  2. Branch code btpn jenius apakah sama semua?apakah 0101?bagaimana cara lihat brach code nya,saya mau buat akun jenius aja biar akun gak dibanned.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai 0101, tapi ada juga yg gak bisa, klo gagal coba pakai 4 digit pertama norek

      Hapus
  3. Saya masukkan 0101 juga untuk branch kode nya...apakah sudah benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau nanya lagi dong klo gak punya nama belakang opsi nya isi nama depan lagi ya,contoh nama saya fauzi jadinya fauzi fauzi..and format no rekeningnya gimana?apakah 4 digit no depan rekening perlu diketik atau gak karena no depan rek udah buat branch code.terimakasih

      Hapus
    2. Di grup facebook ada yg bilang didobel namanya gitu gabisa cair ke rekening. Ada yg bilang juga pakai koma di nama kedua lancar bisa cair. Mungkin boleh dicoba, fauzi ,

      Hapus
    3. Norek tetap saya tulis lengkap

      Hapus
  4. untuk pembayaran etsynya bagaimana ya.?

    makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembayaran etsy maksudnya tagihan? Saya pakai e-cardnya jenius

      Hapus
    2. Ken enggak bisa sekarang pakai paypal.
      Bagaimana bayar seperti billing itu?
      Kalau account credit card ken enggak isi saldo ya.

      Hapus
    3. Saya credit cardnya pakai e-card jenius. Itu semacam VCC dan bisa ditopup saldo. Jadi klo bayar tagihan nanti dipotong saldo di e-card itu

      Hapus
    4. dipotongnya bulanan gitu atau bagaimana ya?

      Hapus
    5. Kalau etsy misal di akunnya sudah ada penjualan otomatis akan kepotong dari hasil pendapatannya. Jadi yg kita terima itu sdh bersih (dah kepotong biaya etsy). Klo memang di akunnya blm ada penjualan jadi harus bayar biaya listing dan biaya iklan (kalo pakai), nah nanti etsy bakal nagih ke akun cc (dalam hal ini e-card jenius). Krn akun etsy udh nyambung ke e-card, jadi auto kepotong saldo e-cardnya. Jadi memang hrs ada saldo di e-card.

      Hapus
    6. Kak saya di email katanya ada kesalahan saat melakukan pembayaran trs gimana yg di masukin ke billing itu no rekening atau no kartu jenius
      Terus apa kesalahannya di saldo ya harus aktifin saldo usd

      Hapus
  5. wow, penjelasannya sangat lengkap.
    Salut karena telah berbagi informasi!.

    BalasHapus
  6. Kak saya kebetulan baru membuat akun etsy, tapi waktu step terakhir (ada 5 step saat ingin posting produk) yang memasukkan data kartu kredit malah tidak bisa tersimpan, padahal saya sudah mengisi lengkap dan benar. Tapi tulisan dibawahnya bukan save tetapi open your shop , waktu saya klik tidak terjadi apa-apa, dan data yang saya isi akan hilang jika di refresh. Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti stuck disitu ya nggak bisa lanjut? Mungkin bisa diulang pakai browser lain?

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Bank apa saja yang bisa connect ke etsy payment ya? Permata, CIMB, atau BCA bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bank utk rekening pencairan dana sih sepertinya semuanya bisa.

      Hapus
  9. untuk rekening pencairan dana kalau menggunakan nama lain, misalnya rekening milik kakak, bisa ndak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. "The full name you enter must match your shop’s bank account information, but this can be different from your seller or shop manager’s name"

      Untuk enroll ke etsy payment isian utk data diri & nama di rekening. 2 nama disitu harus sama. Yang penting itu. Klo beda dari nama seller di etsy gamasalah

      Hapus
  10. Selamat siang...
    Saya mau tanya,saya punya masalah di Enroll Etsy Payments.

    Pada bagian Branch code,yang kita pakai branch code kantor pusat atau branch code Denpasar?
    Saya tinggal di Denpasar.

    Mohon infonya,Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepaham saya branch code tempat membuka rekening banknya.

      Hapus
  11. Halo. Pembayaran Etsy dan Permata Bank tidak bisa dilakukan, benarkah? Atau apakah saya satu-satunya? Tolong bantu. Mengikat Pembayaran Etsy tetapi bank mengirimkan uangnya kembali. tolong bantu aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lihat di grup facebook etsy sellers indonesia juga banyak yg terkenala di bank permata. Saya kurang tau cara ngatasinnya. Saran saya ganti bank saja yg lebih mudah

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Bank mana yang Anda rekomendasikan? Saya memerlukan kartu Debit biasa. Terima kasih banyak.

      Hapus
    4. Klo utk cairin uangnya setau saya bisa debit apa aja. Tp saya sendiri pakai jenius (bank btpn)

      Hapus
    5. Hi again... its been complicated. Permata refuse to recieve the money....

      Have you recieved the money from your card? Thnx

      Hapus
    6. All banks should be able to withdraw. But after I saw on the Facebook group, I found many members who had difficulty enrolling with Permata Bank. I recommend you to use Jenius from Bank BTPN. I have been using Jenius since last oct and it is working very well especially for withdraw the money.

      Hapus
    7. Thank you so much for this information. You really helped many people. Millions of thanks. Let happiness and abundance be always with you.

      I just downloaded the application, and want to ask what kind of debit do you use?What kind of tariff? The simple one or for the buisenes? What options do you recommend to choose?
      I also heard about Cimb, some artists use it and have a positive case. Just letting know who is stil thinking what bank to use. Anyways I hope etsy payments will work in Indonesia without difficulties.
      Let all be happy and pass this energy around.

      Ps: if someone have any information to share or ask. This is the best place.

      Great post, thanks Lucia, to make it. Terima kasih banyak🙏

      Hapus
    8. Thank you! I created this blog is to help people who are just starting their business in etsy based on my experience. I am also still learning from friends here & in facebook group too.

      I haven't signed up for business mode in Jenius. I think business mode is only for separating personal & business income. I use Jenius for both, debit for withdrawal & credit for paying bills. With Jenius you can make several cards, you can use the 'e-card' as credit card (for paying bills in etsy).

      Sorry I don't know about Cimb. Banks that are often used by etsy sellers Indonesia for withdrawal (and works well) are Bank Mandiri, BNI, BCA, & BTPN (Jenius).

      Terima kasih juga sudah mampir. Semoga membantu!

      Hapus
  12. halo, saya baru join di esty , dan ingin mencoba mencairkan dana dari esty ke rekening , kok ga dikirim2 ya dan belum ada email nya , apa ada batas minimum untuk pencairan dana / gmna ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nggak salah minimal 28k yg ada dideposit. Uangnya disetting cair ke rekening per apa? Hari/minggu/bulan? Saldo di deposit sudah 0 atau masih ada saldonya? Klo sudah 0 berarti lg proses kirim

      Hapus
    2. di set ke rekening jenius ka , mingguan , saldo yg di "current banlance" udah lewat dari minimun ny ka , tapi belum pindah2 ke saldo "deposit" udah setting2 juga , masih bingung gimana proses mindahin current balance ke saldo deposit

      Hapus
    3. Saldo di current balance pindah deposit biasanya 1-2 hari, tapi untuk pertama kali mungkin sampai 3 hari coba ditunggu dulu. Klo sudah pindah ke deposit baru bisa cair ke rekening (Sesuai waktu yg disetting) dan akan sampai di rekening 3-5 hari.

      Hapus
  13. makasih bange, saya cari2 ini artikel akhirnya nemu juga, dasar saya yang pemula, saya kira enakan pake paypal wkwkw, pantesan gak bisa wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg udah gabisa paypal, tp klo dipikir enakan etsy payments memang, bs lgsg masuk ke rekening. Terima kasih ya sudah mampir :)

      Hapus
  14. Halo kak , aku mau tanya, aku dapat first selling di etsy nah ini sudah 2 minggu lebih tapi uang nya ga masuk” ke deposit atau ke bank akun. Aku pake bni awal nya tp sudah aku pindah 3 hari lalu pake jenis btpn tp belum masuk juga, itu gimana ya ?? Deposit aku ambil yg daily

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laporan di finance juga tulisannya sudah terkirim ke bank? 2 minggu itu sejak dapat email 'your funds are on the way'? Biasanya klo gasampai uangnya bakal balik lagi ke deposit. Trus kalau misal ganti rekening kayaknya bakal proses lagi (klo gasalah 5 hari).

      Hapus
    2. Ia 2 minggu dari dpt email katanya uang bakal di kirim ke rek dalam 3-5 hari taoi sampe skrng aku cek di bank akun ga masuk”. Deposit di etsy nya ttp 0 tapi ada tulisan di bawah nya “ you must have minimum of rp 28.000 available to recieve deposit.. gimana menurut kk ?

      Hapus
    3. Klo tulisan minimum 28k memang ada disitu, cuma utk kasih tau klo minimal bisa dicarikan ke rekening itu 28k. Sudah coba email ke etsynya? Ada beberapa kasus yg nyangkut gitu trus hubungi etsy utk tanya kenapa kok blm sampai uangnya

      Hapus
  15. I normally dikirim ke BCA juga, sejak september and october is ok. But this november, 2 kali funds returned. Tidak tahu dan tidak jelas kenapa. Ada beberapa juta di sana dan stress saya karena BCA bilang no problem, dan etsy bilang no problem from their side. padahal saat saya baca forum, generally glitch nya dari mereka. so stressed out right now. lagi mikir utk buka bank account baru aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh ikut sedih bacanya. Malah jadi lempar lemparan gitu ya, uangnya nyasar entah kemana :( Semoga segera selesai masalahnya ya & kalau kemungkinan terburuk memang nggak bisa sampai uangnya, semoga diganti rejekinya di kemudian hari amin

      Hapus
    2. Same with Permata bank, they refused to proceed transfer the money for several times. They just do not understand new Etsy Payments system and afraid of fraud I guess, but it's really frustrating I'm waiting for the money for 2 mouths almost. There are several millions, orders have to be send, I pay from my family wallet and have no income. There are almost 5jt there, today made new debit card, but i cant add it to billing information. Sick
      I hope all will work, because I'm very tired of waiting money, while sending the orders.
      Will keep you updated if you want. Be well. 🙏
      😔

      Hapus
  16. Hallo kak, artikelmya sangat membabtu banget kak,
    Kak mau nanya nih, saya kan udh sampe tahap 4 utk buka toko di etsy shop. Nah di "How you'll get paid" itu saya masukin bank saya yg debit BRI kak, sedangkan saya baru baca artikel kakak utk set up billing bisa pakek kartu jenius btpn kak,
    Mau nanya utu bermasalah nggak kak?
    Utk deposit pembayaran BRI tapi set up billingnya rencana mau makai Jenius BTPN?
    Mohon jawabanya kak🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, saya 2-2nya (debit dan kredit) semuanya jenius, tp kalau mau dibedakan juga nggak masalah

      Hapus
  17. baru mau mulaii... eh ternyata paypal gabisa.. kalau pake etsy payment gini jadi ketat banget soalnya aku juga masih dibawah umur jadi bikin akun paypal aja udh ribet banget harus ngomong ke ortu segala macem :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya punya paypal juga harus cukup umur, ada kasus yg nekat buka paypal blm cukup umur trs kena suspend. Kalau etsy payment sekarang juga harus cukup umur tp tinggal pinjem ada cc & rekening bank dari ortu (sama aja ribetnya kyk paypal), justru nnt klo uangnya sdh masuk enak lgsg masuk ke rekening, tinggal minta cairin aja ke ortu

      Hapus
  18. hai kak mau tanya
    saya baru banget ni di etsy,
    baru bulan ini bikin toko, tp Alhamdulilah udah ada penjualan.
    mau tanya kak, proses pembayaran etsy masuk kerekening kita butuh berapa hari ya?
    soalnya udah 4hari blm masuk juga ni
    ntw saya pke BRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah selamat yaa, hebat juga sebulan udah dpt sale. Saya kemarin withdraw tgl 7, sampai rekening tgl 10. Umumnya 3-5 hari kerja. Tp mungkin utk pencairan pertama bisa lebih lama, ada yg pengalaman cair pertama sampai seminggu lebih.

      Hapus
    2. Sudah bisa masuk ke BRI mbak?
      Sepertinya saya juga mengalami masalah yang sama

      Hapus
    3. Iya ya deg degan juga aku ngalamin hal yg sama deposit ku belom masuk ke rek BRI sudah masuk hari ke 5 padahal.

      Hapus
  19. Selamat siang, saya ingin bertanya saya sudah isi jenius dengan $10, sudah isi2 juga di etsy paymentnya tapi kenapa tulisannya masih availabe deposit rp 0 ya? Bagaimana caranya saldo jenius saya connect untuk jadi depositnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, available deposit itu yg di etsy ya? Nominal 'available deposit' itu utk hasil penjualan yang sudah siap dicairkan ke rekening. Ini mau connect utk pencairan (debit) atau penagihan (kredit)? Klo utk kredit tinggal masukkan saja info kartu kredit di bagian billing etsy. Finances > payment account > update billing setting. Otomatis connect klo data yg diisi sudah benar.

      Hapus
    2. Makasih mbak :), saya kira utk toko baru wajib ada minimum 25rb nya ternyata itu deposit pemasukan ya. Ohya mbak kira2 bakal mau bahas tentang iklan di etsy gak ya?? Saya baru buka toko nih soalnya, masij bingung tentang iklan :)

      Hapus
  20. Halo kak, makasih artikelnya sangat membantu aya yang mau berjualan produk digital di etsy. saya ada sedikit kendala di set up billing, bisa ga ya pake debit online bni ? soalnya dulu buat verifikasi paypal saya bisa pake debit online bni, ga perlu VCC.
    makasih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah dengar sih yang pakai debit online bni. Memang dulu ada beberapa bank bentuk debit bisa utk verifikasi paypal, tp saya kurang yakin klo utk etsy bisa atau enggak. Mungkin bisa dicoba dulu, klo gagal nanti dikasih pemberitahuan via email kok sama etsy

      Hapus
  21. Halo mau tanya, ketikaa saya sampai di bagian verifikasi ID sayaa sudah masukin negara Indonesian dan dokumen identity card alias KTP dan foto KTP saya sudah jelas format PNG. Namun saat di procced save and continue malah ke reload ke page itu lagi dan gak lanjut ke step selanjutnya dan gak ada notifikasi atau apapun tentang kenapa gak bisa ke procced ke next step gitu, apakah ada solusi atau ada yang salah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, saya pernah baca masalah yg sama juga terjadi ke beberapa seller indonesia (dari grup facebook). Saya lihat belum ada yg lapor akhirnya bisa atau enggak. Jadi saya juga bingung kasih saran yang bener gimana. Tapi apa sudah coba ktpnya diganti format jpeg? Coba clear cache & cookies juga dan ganti browser mungkin.

      Hapus
  22. Postingannya sangat membnatu tp ada satu hal yang ingin saya tanyakan, kebetulan saya juga menggunakan bank btpn, tapi saya nggak tau branch address saya, jadi untuk mengetahuinya gimana y? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masukkan KCP Mal Kota Kasablanka (karena saya daftar online, tidak ada cabang jenius di kota saya)

      Hapus
    2. Ouh iya kak terimaksih, kemudian untuk pengisian account number menggunakan ecard atau mcard?

      Hapus
    3. Account number saya isi nomor rekening biasa yg utk transfer

      Hapus
    4. Ok Terimaksih kak, terus di etsy itu apakah 1 akun hanya bisa menggunakan 1 alamat ip? Soalnya laptop saya kan lg rusak terus ini mau dftar pake laptop kakak, apakah seterusnya saya harus pakai laptop kakak saya?

      Hapus
    5. Nggak masalah kok ganti device atau ip. Yang penting dalam 1 ip itu kalau bisa utk 1 toko etsy saja. Misal pakai laptop kakak ya diusahakan jgn ada toko lain yg login disitu juga. Soalnya misal login 2 akun dalam 1 ip dan suatu saat ada 1 akun yg kena masalah/suspend, akun lainnya bisa kena juga. Klo dari kabarnya sih gitu. Etsy bisa lacak ip. Itu dari pengalaman orang" yaa.

      Hapus
  23. Hallo kak saya mau tanya ttg set up billing.. itu isi nya gmn ya kak? Secara saya ga ada CC.. mohon dibls kak.. krn stuck disitu.. makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga nggak ada CC jadi saya pakai e-cardnya jenius. Itu bukan cc tp fungsinya mirip cc jadi bisa dipakai utk daftar etsy. Mau gamau memang harus daftar jenius (bank btpn) atau buat cc dari bank yg diinginkan

      Hapus
    2. Daftarnya bisa lewat aplikasi jenius kak? Atau hrs ke bank btpn?

      Hapus
    3. Saya daftarnya full online, siapkan KTP. Nanti verifnya via vidcall. Tp beberapa ada yang bilang harus siapkan NPWP juga. Klo di kotanya ada bank btpn boleh langsung ke banknya saja supaya lebih cepat

      Hapus
    4. Kak dftr jenius hrs ada npwp nya ya? Saya kok mau dftr hrs input npwp ya?

      Hapus
    5. Saya waktu itu masih bisa skip tahap isi npwp dan wkt verif lewat vidcall jg nggak ditanyain npwp. Sepertinya skrg sudah wajib yaa. Tp kyknya msh bs tanpa npwp deh tapii hrs ke banknya langsung. Atau klo ketemu agen jenius di mall yg lagi promisi itu daftar aja lewat situ

      Hapus
  24. halo,, sebelumnya mau ngucapin makasih banyak untuk semua penjelasan yang ada di blog ini, sangat sangat sangat membantu buat saya yg baru terjun di etsy.. mngkin saya ada sedikit kendala utk set up billing sprti komentar teman2 di atas.. terkendala di kartu kredit,, tapi utk skrg ini bank BCA jg udah support debit online, kira2 bisa gak ya dipakai untuk set billingnya?
    owh iya dulu awal2 sya daftar di etsy sebelum bulan oktober, dan sya langsung daftarkan di paypal pakai debit online bni, dan waktu itu terverifikasi, nah kira2 apa debit online BNI juga bisa dipakai?? mau nyoba2 takut ke suspend pula.. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah baca ada yang berhasil pakai debit BCA, sepertinya bisa. Tp kalau BNI debit saya kurang tau. Krn klo paypal kmrn memang ada beberapa bank yang bisa utk verif tp dicoba utk etsy tidak bisa. Nggak suspend kok kecuali klo ada tagihan, gagal ditagihkan ke kartu, lalu tidak bayar selama waktu yg ditentukan. Nanti klo memang tdk bisa utk bayar tagihan bakal ada email dr etsy, gagal penagihan dan disuruh ganti kartu billingnya.

      Hapus
    2. oke, akan dicoba.. mkasih kak..

      Hapus
  25. Selamat pagi, saya mau tanya untuk verifikasi ktp kok ballikw terus ya? apa ada jam operasionalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah benar file ktpnya? Jpg dan size filenya tidak terlalu besar? Koneksi internet sudah stabil? Kalau sudah semua dicoba mungkin ganti browser atau clear cache browser

      Hapus
    2. file dibawah 100kb jpg inet kenceng sudah beberapakali hapus cache tp sama saja huhuh

      Hapus
    3. Saya sering nemu masalah yg sama di grup fb, tp sejauh ini blm nemu yg share solved jadi maaff bisa kasih saran. Bsk klo saya sdh nemu caranya pasti kushare disini ya

      Hapus
  26. halo kak, kode referreal buat signup etsy mau klik open shop gak bisa. ada solusi kah?

    BalasHapus
  27. buat daftar akun baru di etsy pake email lain juga gak bisa, gagal terus karena sebelumnya udh pernah daftar tapi bukan dari kode referral jadi gk dapet free listing, huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiyaa klo udh pernah dipakai emailnya utk daftar etsy memang nggak bisa referralnya. Coba ganti device/browser/clear cache cookies trus pakai email lain sudah? Selama belum jauh pendaftaran email yg pertama setau saya masih bisa.

      Hapus
    2. Yang akun etsy pertama ditinggal saja selama belum jauh

      Hapus
  28. Hall, mau tanya, apa isian alamat harus sama dengan KTP?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sama. Tp sepertinya beda nggakpapa deh, nanti saat ngisi bisa ketik notes di bawah jelaskan aja kenapa bisa beda

      Hapus
  29. Berarti beli sesuatu di Etsy pakai Paypal sudah tidak bisa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa beli/belanja di etsy pakai paypal. Kalau ngga muncul pilihan pembayaran dgn paypal coba mata uangnya diubah dulu ke usd

      Hapus
  30. Wah terimakasih sekali kak, tulisannya sungguh membantu saya newbie di Etsy :)
    Btw kak, saya penasaran 1 hal. Jika mau mendaftarkan akun lagi (multiple account), apakah tidak masalah jika nomor HP yg didaftarkan sama seperti sebelumnya?
    Terimakasih :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama saya juga masih belajar ini :) mau buat akun dobel gitu yaa. Saya kurang tau klo itu. Yang penting akun pertama aman & nggak melanggar rules yg bisa menyebabkan suspend. Soalnya klo akunnya saling terkait gitu misal 1nya kena suspend, akun lain juga ikt suspend

      Hapus
  31. Kak nomor cc di e-card jenius itu yg mana ya? Soalnya aq masukin nmr yg ada di kartunya kok gak bisa ya? 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau isi account number? Pakai nomor rekening. E-card saya pakai utk isi di bagian billing/kartu kredit utk penagihan

      Hapus
  32. kak kalau pakai etsy payment sekarang di akun jenius harus di converse ke USD kayak dulu atau pakai IDR aja gapapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai idr saja nggakpapa, karena nanti tagihan/penghasilan juga masuknya bentuk idr

      Hapus
  33. Mau isi bagian billing kak, card number nya aq bingung diisi nmr rekening atau nmr kartu yg tertera di e-card,soalnya nyoba isi nmr kartu yg di e-card nya gak bisa terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yg di bagian billing masukkinnya nomor e-card/m-card yg di aplikasi. Klo e-card nggak bisa coba m-card siapa tau bisa

      Hapus
  34. kapan uang dari etsy masuk ke rekening penjual ya.?
    makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung settingannya, bisa diatur cair tiap hari/minggu/bulan. Klo sdh proses cair (dpt email dr etsy klo uangnya lagi otw ke rek) kira kira 3-4 hari sampai

      Hapus
  35. kenapa setelah upload ktp save and continue tidak aktif ya?
    mohon klo ada yang tahu bisa berbagi triknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ini saya kurang tau, krn ada beberapa yg kena masalah ini jg & blm tau penyelesaiannya gimana :( ada yg saranin clear cache, ganti browser, ganti device, sampe pakai VPN

      Hapus
  36. Sangat membantu sekali artikelnya. O ya saya mau tanya apakah kita bisa buat 2 akun etsy dengan rekening yang sma? Dan apakah dalam 1 toko bisa campur produk???maksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaa, pakai email yang berbeda.
      Bisa dicek disini ya :
      https://help.etsy.com/hc/en-us/articles/360017604474-How-Do-I-Open-a-Second-Etsy-Shop-

      Campur aduk boleh kok. Tapi tidak disarankan karena nanti buyernya bingung. Kalau bisa 1 toko fokus ke hal yang sama

      Hapus
    2. Which bank's credit card debit is now supported

      Hapus
  37. Soalnya saya baru mau buka toko di etsy. Apakah saat kita listing produk langsung dibayar potongannya. Atau bagaimana??? Trus dalam rekening brapa minimal saldo yang harus disimpan. Jaga jaga misalnya produk ngga laku, jadi bisa langsung di potong sndri di rekening. Mkasi kak
    Maaf banyak tanya. Newbie banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kalau daftarnya lewat link yang saya berikan di setiap postingan blog ini nanti dapat 40 listing gratis. Jadi di awal pembuatan nggak langsung suruh bayar karena sudah punya slot gratisan. Tapi kalau sudah terlanjur memang harus membayar 0,2$ per listing. Biasanya di tagih di tengah bulan awal. Nah setelah di bayar nanti akan ditagih lagi per 4 bulan. Di dalam rekening cc/debit onlinenya saya biasanya siapin 100rb supaya nanti klo kepotong utk bayar listing tetep cukup.

      Klo benar-benar blm bikin akun bisa lewat link ini daftarnya supaya tenang nggak perlu bayar listing di awal : https://etsy.me/2PzIRkf

      Hapus
  38. Kak mau tanya, kakak pake kartu jenius jenis apa yah? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya daftar kartu jenius biasa lewat aplikasi jenius. Kalau untuk kartu penagihannya (berperan sebagai kartu kredit) saya pakai e-card. Tapi pakai m-card juga bisa kok.

      Hapus
  39. tanya dong kak, vc jenius di pake di 2 akun etsy ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan sumber dari : https://help.etsy.com/hc/en-us/articles/360017604474-How-Do-I-Open-a-Second-Etsy-Shop-?segment=selling

      Bisa pakai kartu yang sama di 2 akun

      Hapus
  40. kenapa ya tidak bisa register, udah ganti email berbeda tapi masih keluar komentar begini "Sorry! There was a problem on our end. Please try registering again or email support@etsy.com for assistance", koneksi internet menggunakan indihome, ada yg bisa kasih tau solusinya?

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. halo, kak.
    mau tanya, saya kn juga pakai Jenius.
    Tp saya nulis nama banknya bukan PT Bank BTPN Tbk tapi Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).
    Untuk branch code ny sih karena via online jadi saya pakai yg KCP Mal Kota Kasablanka.
    Menurut kakak, kalau nama banknya beda tp account number ny sudah benar masih bisa ketransfer gak ya?
    Thx, kak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf baru balas, setau saya masih tetap bisa deh. Beneran bisa atau enggak? Sudah coba cairkan?

      Hapus
  43. Halo kak, saya mau nanya, saya bukan pemilik toko di etsy tapi kalau mau check out barang dari etsy pakai debit bca bisa tidak ya? thank you kakk! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf baru balas. Jujur saya kurang tau :( untuk jawaban lebih terpercaya bisa langsung tanya ke cs BCA aja yaa. Coba ke sosmednya bca fast respon kok csnya. Tanya bisa utk pembayaran marketplace internasional atau tidak

      Hapus
    2. Ngga bisa, kartu debit BCA mastercard ada fitur 3D secure dan situs luar pada ngga support, cuma situs/app lokal yang bisa.

      Hapus
  44. Kak, kalo misalnya hari ini baru complete order dan balance sudah pindah ke menu deposit, lalu kapan cair ke bank lokal? Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar 2-4 hari cair. Mungkin kalau awal awal bisa lebih lama. Tp saya sudah mulai cepat cuma 2/3 hari aja cair

      Hapus
  45. Halo, saya mau tanya kenapa di etsy payment saya tulisanya UNABLE TO CHARGE THE CARD ENDING IN **** ya? saya sampai 3x update bank info dengan benar sesuai yang ada di kartu bank saya. Ada yang tau solusinya tidak ya?

    BalasHapus
  46. Kak mau nanya, gmn cara supaya current balance nya naik ke available for deposit. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisaa, itu memang harus ditunggu, nggak bisa kita atur pindahnya kapan

      Hapus
  47. Kak mau tanya ,saya baru di etsy ,nah saya jualan seperti biasa ,tidak Ada masalah apa pun ,tiba"Ada orang membeli produk saya tetapi payment processing ,saya diam kan Saha ,tapi setelah 2 Hari toko saya terkena suspend ,saya tidak Tau harus bagaimana ,tetapi di toko saya itu Ada saldo nya ,tapi sampai skrng belom ketarik"pertanyaan saya adalah apakah bisa ? Saldo itu masuk ke rekening saya saat akun penjualan saya di etsy terkena suspend ,terima kasih semoga di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi uangnya sudah masuk ke rekening bank? Sudah coba hubungi ke cs etsy? Kalau sudah masuk ke rekening berarti harus kirim barangnya. Jadi kabari saya ke buyer lewat email (email buyer bisa didapat dari email order dari etsy) kalau toko etsynya kena suspend tp akan tetap dikirim. Jadi buyernya nggak nunggu nunggu update resi lewat etsy

      Hapus
  48. kak boleh nanya wd pembayaran etsy itu wire dari luar negri?
    atau mengunakan perantara akun lokal kalo payoneer kan wd ke bank lokal kadang yg ngirim PT Nusa Satu Inti Artha begitu.
    yg ngirim atas nama perusahaan nya etsy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya saya waktu u cairin uang dari etsy uangnnya dari Citibank europe public. Jadi kayaknya langsung dari etsynya, soalnya mereka juga ada biaya deposit juga wkt nyairin

      Hapus
    2. halo selamat sore. saya pake bank bca sebagai alat pembayaran atau deposit di Etsy. namun ketika akan melakukan pembayaran untuk listing tidak terdebet. akibatnya accountnya di suspend. Bagaimana caranya ya, supaya terdebet supaya bisa restore account lagi. Terimakasih

      Hapus
  49. bisa apa ga kalo ga pake CC? soalnya ga punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, skrg debit bank bank lokal sudah banyak yg bisa utk pembayaran, salah satunya jenius

      Hapus
    2. Selain jenius apa aja kak?

      Hapus
    3. Kartu debit lokal yang bisa dipakai transaksi di luar negeri yang berlogo visa atau mastercard, yang TANPA 3D secure. Sederhananya 3D secure ini harus konfirmasi OTP setiap transaksi. Karena marketplace di luar banyak yang ngga support 3D secure.

      Contoh kartu debit yang ada fitur 3D secure adalah BCA, walau ada logo mastercardnya tetap tidak bisa dipakai untuk transaksi online di situs luar.

      Kartu debit yang sudah pasti bisa adalah Jenius. Selain itu yang ngeluarin VCC ada BNI dan Permata. Untuk bank Permata, harus konfirmasi lagi ke pihak bank soalnya saya sudah jarang dengar ada freelancer yang membicarakannya.

      Jenius paling simple sih, buat akun lalu verifikasi data dengan video call, isi saldo dan langsung dapat nomor kartunya, langsung bisa dipakai. Totalnya paling hanya 10 menit langsung bisa dipakai.

      Hapus
  50. Saya udah buat jenius e-card.
    Kok enggak bisa bayar billing di etsy ya.?
    Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai mcard apa ecardnya? Kalau pakai ecard mungkin coba diubah jadi yg mcard, begitu juga sebaliknya

      Hapus
  51. Artikel sangat membantu.... knp ya saya gak bisa ganti akun penerima dana masuk... cz awalnya pakai BRI buat menerima dana kalau asa penjualan... trus tagihan pakai jenius... kok pas mau ganti bank gak bisa juga ya... rebet bgt klo gak pakai paypal ya... dan dana jg gak masuk" juga... padahal udh ada bberapa penjualan dan masih ngendap dananya...😁😁

    BalasHapus
  52. Sudah ikutin cara di atas juga... dan ada notif bank yg anda masukan tidak sesuai dengan bank anda... padahal sama nomernya... tp gagal terus...

    BalasHapus
  53. Kalau aku pakai Jenius BTPN e-card untuk CC-nya, gak perlu pakai m-card kan? Kalau udah punya e-card, wajib harus ada m-card juga gak sih? Untuk Etsy, e-card saja sudah cukup kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. M-card ngga wajib, itu cuma kartu fisik doang untuk ambil uang di ATM atau transaksi offline.

      Hapus
  54. Hai kak. Makasih banyak buat tulisannnya. Bermanfaat banget.

    Oh iya ka aku mau tanya, klo ada penjualan, saldo nya kan masuk ke Etsy Payment, nah apakah ada jangka waktu ato minimal saldo utk bisa masuk ke rekening kita saldonya?
    Aku baru penjualan pertama soalnya hehe
    Udh 8 hr setelah penjualan tp blm masuk ke rekening jenius.

    Makasih banyak ya sebelumnya :)
    Have a great day!

    BalasHapus
  55. Halo kak, mau tnya. Klo d liat tokonya udah sedikit stok nya. Sudah ga jualan d etsy lg kah atau gmn?
    Klo udah ga jualan lg alasan kenapa ya?

    BalasHapus
  56. Selamat pagi kak, bisakah tolong saya, saya baru buat toko etsy.
    Semua yang diminta sudah saya laksanakan, dan itu
    Ada update baru.
    Dimintai code nomor saya.
    Tetapi nomor warga Indonesia tidak ada.
    Bisakah meminta tolong

    BalasHapus
  57. Halo mba lusia, terimakasih banyak ya sudah menulis artikel yg bermanfaat ini. Saya pengguna baru etsy sekaligus jenius. Saya sudah aktivasi jenius menjadi e-card. Kemudian, karena sebelumnya saya menggunakan paypal dan memasukkan Bank Bsi ke paypal kemudian saya sudah enroll etsy payments, ternyata etsy meminta saya mengubahnya di bank details, waktu saya klik etsy meminta routing number & acc number. Utk routing number sendiri saya gatau yang mana. Lalu saya langsung mengubah billing ke nomor visa jenius yg baru saya buat. Kemudian masih ada keterangan di payment account "we couldn't deposit your funds" update your bank info. Kemudian ketika update masih diminta routing number. Lalu routing number jenius itu sendiri dimana ya ? Apakah harus jadi m-card dulu utk mendapatkannya ?

    BalasHapus
  58. Hallo kak, aku mau tanya. Aku dah lama daftar di etsy sekitar tahun 2019, aku dah listing 10 design saat itu. Tapi karna kesibukan lain aku jd ga pernah buka etsy lagi. Hari ini aku buka etsy lagi dan ternyata akun ku disuspend, dengan note agar pindah ke etsy payment. Aku langsung pindah ke etsy payment dan berhasil, namun akun ku tetep dengan status disuspend. Apa ada solusi kk untuk kasus seperti ini, aku ga pernah dapat email mengenai alasan disuspendnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m