Langsung ke konten utama

Cara Daftar di Etsy


Hai hai semua!
Berbekal sedikit pengalamanku selama 2 tahun coba-coba jualan di Etsy, saya pengen ajak kalian untuk belajar berjualan di etsy juga. Di blog ini saya juga mau share pengalaman jualan di etsy, suka dukanya, dan mungkin tips trik biar makin untung. Tapi tolong jangan terlalu berekspektasi tinggi ya karena saya termasuk baru belajar dan mengembangkan toko di etsy juga.

Kalau dilihat-lihat orang Indonesia yang membuka toko di Etsy baru sedikit ya. Bisa dilihat di postingan saya tentang Kenapa Harus Etsy?. Itulah kenapa saya pengen ngajak temen-temen semua, khususnya yang hobi banget berkreasi di industri kreatif untuk menuangkan karyanya dan menyulapnya jadi penghasilan yang kalau ditekuni hasilnya lumayan. Sebenernya saya juga pengen bahas e-commerce lain yang jangkauannya internasional tapi berhubung saya juga baru masuk di dunia etsy (belum berani coba yang lain haha) jadi saya share yang lumayan dikuasai aja kali ya.

Note : Bagi kalian yang baru ingin membuka Etsy atau baru saja kena masalah suspend bisa ke artikel ini ya > Alasan Akun Etsy Suspended. Untuk yang baru buka Etsy bisa dipelajari dulu agar tidak tersandung masalah yang sama serta aman dan nyaman bebas dari bayang bayang suspended.

Oke, bagi kalian yang bingung gimana sih caranya daftar di etsy, atau gimana caranya jadi penjual di etsy dan buka toko di etsy. Yuk baca langkah-langkah di bawah ini :

PERTAMA : Buka Rekening Paypal
>> UPDATE! Sekarang Etsy Seller Indonesia sudah tidak butuh Paypal lagi karena pendapatan dan tagihan langsung dikirim dan di ambil dari bank lokal Indonesia. Langsung SKIP ke tahap Daftar Etsy <<



Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa memulai berjualan di etsy adalah : punya tempat menerima uang hasil penjualan. Mungin dari kalian bingung dan terheran-heran sebab abang belum pernah kesana~ oke skip. Gimana sih cara menerima uang hasil penjualan dari online shop internasional? Mudah saja. Sebenarnya ada beberapa layanan pembayaran online internasional seperti payoneer, venmo, google wallet, dsb. Namun, Etsy hanya menerima 3 pembayaran ini untuk Indonesia : Paypal, Payment by Mail (check), Other. Selengkapnya nanti akan saya bahas di post terpisah aja ya.
Langkah detail untuk buka rekening paypal juga akan saya bahas secara terpisah. Namun secara garis besar paypal itu daftarnya 100% gratis. TAPI.. untuk bisa transfer & terima uang harus di upgrade akunnya. Nah untuk itu kita butuh kartu kredit. Bagi yang tidak punya kartu kredit bisa diakali dengan VCC (Virtual Credit Card). Untuk langkah verifikasi Etsy dengan VCC bisa ke artikel ini, Cara Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit.

KEDUA : Daftar di Etsy
Langkah kedua tentunya, main course pada bahasan kali ini. Daftar di Etsy itu gratis, cuma butuh kartu kredit lagi. Bagi yang tidak ada kartu kredit maka akali pakai cara yang sama saat daftar paypal tadi, yaitu dengan menggunakan VCC. Namun apabila kalian pakai VCC, tidak bisa lho pakai VCC yang sama dengan saat daftar paypal. Harus beli lagi VCC khusus Etsy. Yah, memang semua usaha butuh modal, meskipun online shop tetap aja harus pakai duit dulu ya temen-temen. Tidak ada yang gratis di dunia ini haha. 
Oke langsung aja step by step daftar di etsy :

Buka Etsy lewat sini => DAFTAR ETSY DISINI (https://etsy.me/3m8dain)
BETUL sekali. Kalau kalian mau daftar etsy lewat sini aja (klik daftar etsy disini) Kenapa harus        lewat situ sih? Yak teman-teman itu namanya link referral. Jujur, dulu saya MENYESAL nggak daftar lewat link referral orang lain (karena baru tau ada promo kayak gini di Etsy setelah selesai daftar). Kenapa? Karena jika kalian daftar lewat link referral (seperti yang saya kasih di atas) kalian akan dapat 40 free listing GRATIS. Fyi, untuk mau menaruh barang di Etsy itu harus bayar per listing/per barangnya 0,2$. Jadi, ibarat Etsy itu MALL, kita penjual mau jualan di mall itu kita harus bayar sewa per barang yang kita jual. Duit lagi, duit lagi. Makanya, saya mau kasih solusi, apalagi bagi kalian yang baru coba-coba mending manfaatin promo free listing ini. Kalau dihitung hitung gratis 40 listing itu senilai 8$ lho teman-teman.  Tapi keputusan kembali ke kalian sih, kalau mau daftar lewat webnya biasa ya silakan, tapi pasti nanti menyesal hahaha (masih berusaha promosi :p )
Nanti akan muncul kayak gini setelah kalian klik link yang aku kasih barusan. 
Klik Open a shop today.
Setelah itu kalian akan diminta untuk registrasi melalui email/google/facebook. Pilih salah satu yang paling mudah dan sering teman-teman buka ya. 
 Selanjutnya kalian akan masuk ke 5 langkah pendaftaran etsy. Langkah pertama yang harus diisi ialah Shop Preferences. 
  • Shop language itu untuk bahasa yang akan kita gunakan di deskripsi produk kita kedepannya. Nggak ada bahasa Indonesia ya temen-temen, jadi pilih aja English. Jadi untuk deskripsi produk nanti kalian harus ketik dengan menggunakan bahasa inggris.
  • Shop country pilih Indonesia kalau kalian dari Indonesia. Kalau kalian dari Wakanda ya.. nggak ada pilihannya, sayang sekali :(
  • Shop currency pilih United States Dollar saja yang lebih mudah dikira-kira dengan rupiah, jangkauannya juga lebih luas kalau dollar. Sebenarnya sama saja, karena nanti calon pembeli bisa memilih mata uang mereka, jadi otomatis diubah/convert ke mata uang yang mereka inginkan. 
  • Which of these best describes you, pilih saja bebas karena ini Etsy cuma kepo tentang usaha kita.
  • Klik Save and continue
Kita masuk ke langkah kedua yaitu Name your shop. Masukkan nama toko yang sudah kalian rencanakan. Sebaiknya nama toko sesuai dengan produk yang akan kalian jual ya atau boleh juga buat nama signature toko kalian. Intinya nama toko disini adalah nama brand produk yang dijual.
Pastikan nama toko kalian belum pernah didaftarkan sebelumnya, karena kalau sudah terdaftar maka kalian diminta untuk cari nama lain sampai muncul tulisan hijau Available.
Namun jangan khawatir, nama toko masih bisa diganti 1x lagi setelah toko kalian berhasil dibuka.
Lanjut klik save and continue.



Next, kalian masuk ke Stock your shop. Langkah terlama dari sebelum dan sesudahnya karena disini kalian akan berfikir untuk mengisi deskripsi produk, foto produk, harga, dan shipping. Untuk sementara kalau kalian nggak mau mikir dulu tidak apa-apa. Jadi diisi seadanya dulu (Isi 1 listing dulu tidak apa-apa), karena nanti setelah toko dibuka kalian bisa mengedit apa yang kalian tulis di langkah ini. Meskipun isi seadanya kalian tetap harus mengisi semua secara lengkap ya karena kalau tidak lengkap kalian tidak bisa next ke langkah selanjutnya.  Tapi, apabila kalian sudah siap dan matang untuk mengisi ini ya silakan diisi secara maksimal. Langsung klik Add a listing.
Untuk keterangan detail bagaimana cara mengisi listing ini silakan klik ke artikel sebelah Cara Buat Listing Produk di Etsy.



Selanjutnya masuk ke langkah How you'll get paid. Disini kalian diminta memilih cara penerimaan uang hasil penjualan. Berhubung Etsy Payments tidak tersedia di Indonesia (update! sudah tersedia ya sekarang), maka mau tidak mau kalian harus memilih 1 hingga 3 dari 3 sisanya (klik Other payment methods), ada Paypal, Payment by email, dan other. Untuk mengaktifkannya klik di bagian kanan tulisan paypal, payment by email, other. Kalau sudah pilih klik Save and continue.
  • Paypal, masukkan email yang kalian sudah kalian daftarkan di paypal, klik Add paypal email. Paling saya rekomendasikan karena mudah, praktis, dan instan, tidak perlu menunggu uang masuk karena begitu pembeli klik buy, uang langsung masuk ke rekening paypal.
  • Payment by email. Nanti pembeli akan mengirimkan check atau dibayar dengan kartu kredit. Kalau pembeli bayar dengan kartu kredit/check maka kalian harus menunggu beberapa hari untuk mencairkan uangnya. Maka pilihan ini tidak saya rekomendasikan untuk di turn on.
  • Other. Pilihan ini lebih membebaskan pembeli dan penjual untuk mendiskusikan akan dibayar lewat apa. Mungkin bisa western union, atau pembayaran online lainnya. Ini juga tidak saya rekomendasikan karena ribet harus diskusi dulu. 
UPDATE! Mulai 4 Oktober 2020 semua seller etsy di Indonesia diwajibkan untuk menggunakan Etsy Payments. Jadi pilihan pembayaran utk seller baru : Etsy Payments, Payment by mail, dan Other. Untuk pilihan paypal memang sudah tidak ada. Lanjut baca ke artikel Etsy Indonesia Sudah Tidak Bisa Pakai Paypal? Cara Enroll ke Etsy Payments


Langkah terakhir, Set up billing. Kalian harus persiapkan kartu kredit untuk bisa lolos di tahap ini. Seperti yang saya bilang barusan yaa kalau belum punya kartu kredit siapin aja VCC Etsy atau Virtual Credit Card yang bisa dibeli secara online. Untuk langkah-langkah gimana cara dapat VCC bisa cek ke artikel sebelah ya >> Cara Verifikasi Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit. Setelah itu isi bagian Add a credit card sesuai VCC Etsy atau kartu kredit yang kalian punya. Jangan lupa isi Billing Address dengan alamat kalian sekarang. Alamat ini untuk memperkirakan biaya kirim dari tempat kalian ke pembeli.

Setelah itu OPEN YOUR SHOP. Selesai! Selamat kalian sudah resmi menjadi penjual di Etsy.

Yang harus kalian lakukan setelah toko kalian jadi adalah melengkapi listing yang tadi semaksimal mungkin dan se-SEO friendly mungkin. Bagi kalian yang daftar lewat link referral yang saya kasih tadi SELAMAT, kalian bebas biaya listing 40 kali alias irit $8 atau Rp.112.440, dan bagi yang daftar lewat link biasa nggak lewat link referral saya tadi, selamat juga karena kalian akan bayar 0,2$ tiap listingnya hehe. Oiya jangan lupa, tiap ada penjualan juga kalian akan dikenakan biaya 0,2$ ++ (ketentuan baru dari etsy ada biaya dari shipping juga, jadi jangan cuma naikin harga barang tapi harga ongkirnya juga agak dinaikin sedikit), tapi bagi kalian yang punya 40 free listing masih tenang sampai jatah 40nya abis :)

Untuk tutorial lebih lengkap cara setting listing baru bisa lanjut ke artikel ini ya
CARA BUAT LISTING PRODUK BARU DI ETSY (STEP BY STEP)

Oke, selamat berwirausaha ya semua!
Jangan ragu untuk bertanya dengan komen di bawah.

Komentar

  1. Hai Kak, Terimakasih atas tutorialnya.. yang masih saya bingung gimana ya caranya kita ngecek ongkir dari Indonesia ke negara lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Kalau cek ongkir bisa langsung cek ke websitenya pos indonesia aja ya. Posindonesia.co.id Tapi kalau utk saya, saya menetapkan flat ongkir, jadi semua yg beli di toko saya berapapun jumlahnya kena ongkir yg sama.

      Hapus
    2. Kak, saya masih kurang ngerti, misalnya kirim produknya jauh bnget gmna ongkirnya flat kak?? Bisa kasih contoh ga kak?🙏 terima kasih

      Hapus
    3. Di bagian setting ongkir kan bisa pilih negara, kalau mau diflat ongkir pilih yg 'everywhere else' trus ditulis aja berapa ongkirnya, misal 10$. Nanti semua buyer akan bayar 10$ utk ongkir, flat ya, jadi berapapun banyak barangnya ataupun cuma beli 1 barang ya ongkirnya ttp 10$

      Hapus
  2. Hello.... terima kasih banyak atas artikelnya, very useful for me... ini toko saya www.etsy.com/shop/AGSdesignsID tengkyu buat 40 free listingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Terima kasih juga sudah mampir, senang bisa bantu :) Selamat ya udah berhasil buka etsy, desainnya keren-keren. Semoga segera dapat sales. Semangatt

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. hai kak, salam kenal
    saya sudah membuka toko di etsy, ini listing pertama saya
    untuk biaya listing itu, ditagihnya 1 bulan setelah kita post ya?
    untuk fee listing sendiri, apakah kita yang transfer manual lewat paypal atau etsy otomatis menarik biaya dari kartu kredit kita?
    terima kasih kak sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga Aul! Kalau pembayaran listing pertama aku agak lupa ya, dibayarnya kapan. Coba cek di bagian shop manager > finances > payment account. Disitu ada nominal tagihan & diatasnya ada icon (?) Diklik nanti keluar tulisan harus dibayar maksimal kapan. Tapi kalo per listing itu sekali bayar untuk 4 bulan. Tapi untuk tagihannya tergantung penjualan kita juga (karena ada fee sales). Untuk bayarnya nanti ada pemberitahuan email dari etsy suruh bayar & dikasih link menuju pembayaran (klo lewat paypal ya nanti diarahin ke paypal langsung).

      Hapus
  5. Hai kak, aku april. Salam kenal. Sebelumnya trimakasih buat tulisannya yg bermanfaat banget. Mau tanya dong, kalau untuk bikin akun paypal kita pakai Cc atas nama orang lain bisa ga ya?

    BalasHapus
  6. Hai kak, aku april. Salam kenal. Sebelumnya trimakasih buat tulisannya yg bermanfaat banget. Mau tanya dong, kalau untuk bikin akun paypal kita pakai Cc atas nama orang lain bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo april! Hmm.. aku belum pernah sih pakai CC orang lain. Tapi aku pernah baca ada org yg nyoba pake CC dg nama yg beda itu ditolak. Menurut aku mending pakai nama sendiri sih amannya, karena nanti kalau mereka butuh verifikasi lebih lanjut (misal minta berkas) trus lihat nama CCnya beda malah jadi ribet jelasinnya kan. Gitu sih sepahamku. CMIIW

      Hapus
    2. Trimakasih banyak kak. april sudah bikin akun paypal, setelah ini daftar etsy, ga sabar :D Kalau untuk penetapan flat ongkir, itu untuk jumlah barang saja atau untuk semua tujuan negara juga flat ongkir kak? ada tulisan khusus untuk penetapan ongkir etsy kak?

      Hapus
    3. Karena aku orangnya gasuka ribet ribet yah (dan emang barang yang aku jual flat dan gak berat) aku tetapin flat ongkir utk semua negara haha. Tapi saranku mungkin makin jauh dibuat makin mahal kali ya biar nggak rugi di ongkir. Tp jangan kemahalan juga yaa, takut pembeli gajadi beli gara gara liat ongkirnya kemahalan

      Hapus
  7. haii kaa. saya udh 3x buka toko di Etsy tapi dinonaktifkan oleh Etsy. kasih trick dong kaa ? biar berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo. Boleh tau alasan Etsy nonaktifin akunnya?

      Hapus
  8. Haloo ka, ko saat saya mau daftar tidak bisa ya ka? setelah masukin email, terus pas mau register ga bisa, kenapa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, gak bisanya gimana ya? Gak bisa diklik atau gimana? Cobanya lewat hp atau laptop/pc?

      Hapus
    2. Setelah diklik register itu ngestack disitu aja ka, udah nyoba make laptop/hp tetep aja ga bisa ka

      Hapus
    3. Barusan aku cek pakai hp tapi pake tampilan desktop (trus pake mode samaran di chrome, krn browser udh auto login) aku masukin email baru utk coba regis bisaa. Coba di clear cache deh atau coba browser lain

      Hapus
  9. Ka boleh minta nmr nya ,,saya kesulitan daftar neh,,gagal terus gagal terus..klo berkenan ka

    BalasHapus
  10. Halo kak, sebelumnya makasih untuk artikelnya berguna banget.
    Saya stuck di bagian "How you'll get paid"
    Sekarang Etsy udah update ya? disitu nggak nerima pendaftaran payment via paypal, mesti make bank lokal di negara yg diterima, ada solusi nggak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo terima kasih juga sudah mampir. Oiyaa? Pilihannya apa aja? Maksudnya bank lokal negara yg diterima itu gimana? Ada bank indonesia juga kah? Coba pilih sebisanya deh. Soalnya nanti masih bisa diganti lagi kok klo shopnya udh jadi

      Hapus
    2. Saya juga stuck di bagian "How you'll get paid"
      ada cara lain kah ??
      soalnya bank lokal di negara yang di terima gak ada indonesianya

      Hapus
    3. Pilihannya cuma 1 itu aja? Pake bank lokal?

      Hapus
    4. Itu karena pada awal pilihan "shop country" harus pilih indonesia, jangan negara lain, nanti di bagian "how you'll get paid" ada tulisan "other payment methods" diklik lalu pilih paypal

      Hapus
  11. Wah, keren tulisannya. Ternyata stay itu olshop mehong ya.. apa2 bayar. Hehehe. Tp aku JD tertarik setelah baca tulisan kamu. Tp masih ragu, btw boleh tau income terbesar kamu selama di etsy? Hitung2 nambah semangat pemula. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh klo income terbesar aku gak terlalu ngitung ya, karena uangnya aku diemin di paypal, cairinnya kalo butuh aja. Tp klo diliat dari stats di etsy bisa lebih dari umr jawa sih sebulan, karena aku cuma jual printilan 1-5 dollar-an disana, gimana yang jual 10-30 dollar per item pasti lebih banyaakk incomenya.

      Hapus
  12. Mau nanya, saya baru buat akun etsy trus dipake belanja. Setelah transaksi tiba2 dibatalin trus tiba2 akun saya disuspend. Masalahnya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akun yang buat belanja juga kedaftar untuk toko atau enggak? Agak bingung juga sih karena biasanya yg kesuspend itu seller, jarang banget kalau buyer. Nggak ada email pemberitahuan dari etsy juga?

      Hapus
    2. Saya sengaja bikin etsy cm buat belanja, awalnya jg gagal terus daftar. Begitu bisa daftar langsung saya pakai untuk belanja sampai dengan pembayaran lancar, tapi ada yg aneh, status belanja not paid padahal ada notif cc sudah terbayar sampai akhirnya tiba2 ada notif cc dana dikembalikan ga lama kemudian dpt email belanja tidak dpt dilanjutkan. Saya coba belanja lagi dan ga bisa checkout krn account suspended dan ga ada email dr etsy mengenai penjelasan akun disuspend. Cari2 info katanya etsy blokir ip indonesia, jd makin bingung. Mana sellernya cm jualan di etsy😔

      Hapus
    3. Saya pernah cari di forum, ada buyer yg kena suspend tp ternyata masalahnya di cc-nya. Kalau dibilang ip indo kena blokir ya nggak bisa juga karena seller dari indonesia juga masih ada banyak (termasuk saya). Udah coba tanya ke cs etsy? Via emailnya mungkin tanya kenapa disuspend. Saya sendiri nggak paham juga klo buyer di suspend itu karena apaa

      Hapus
  13. Halo kak, makasih banyak tulisannya membantu banget, aku mau tanya nih ka, kan di etsy itu juga bisa jual drawing & illustration, pas aku lihat2 dari penjual disana ada yang jual custom illustration, tapi yang dia jual hanya file nya aja, bukan hasil yang udah di cetak,
    Nah aku juga ada rencana mau jual custom illustration begitu, tapi masih kurang tau kira2 alur penjualan nya gimana yh ka, misalkan pembayaran nya gimana,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii, kalau sepahamku misal custom illustration bikin aja listing kayak biasa (bukan digital download ya, klo settingnya digital download harus ready filenya siap download saat itu juga klo gasalah) dengan shipping di setting gratis, dan waktu pengerjaan sesuai proses pengerjaanmu berapa lama. Nah di description ditulis intinya, setelah anda membeli listing ini harap kirimkan etsy convo detail ilustrasi yg diinginkan, dan jgn lupa kasih keterangan hanya diberikan softfile, tidak dikirimkan scr fisik.

      Hapus
  14. Hello,
    Kenapa link Refferalnya gak bisa diklik ya?
    Saya coba copy paste https://etsy.me/2sr51cX), tp Tombol 'Open a shop Today'nya gak aktif alias gak bs di klik juga.
    Boleh bantu ga sist, mslhnya dimana, ty🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pake link ini https://etsy.me/2R9F3Dy

      Hapus
    2. Kalau masih blm bisa coba pakai VPN

      Hapus
    3. Link refferal gak bs dibuka

      Hapus
    4. Silakan dicoba klik lagi salah satu link reff di artikel ya. Barusan saya cek bisa kok linknya

      Hapus
  15. Bagaimana cara beli barang?? Susah sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susahnya gimana yaa? Saya belum pernah beli sih tp siapa tau saya bisa bantu

      Hapus
  16. Untuk ongkir nih mbak.. kan mbak dibuat flat, boleh tau nilainya berapa?
    takutnya malah besaran ongkir daripada produknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flat ongkir 3,5$, karena barang yg saya jual paling 1-5 dollar aja

      Hapus
    2. izin nimbrung ya, jadi flat ongkir ini kan ke seluruh negara, gmn cara ngitungnya supaya bisa dapet 3,5$ ? krn bagi saya memang bingung masukin tarif shipping ini.

      Hapus
    3. Saya pakai prangko, bisa diliat disini cara hitungnya : https://jualandietsy.blogspot.com/2020/04/cara-mengirim-paketsurat-ke-luar-negeri.html?m=1 Kenapa bs 3,5$ karena saya masukin untung rugi ke ongkir. Klo ada paket yg berat dan biayanya lebih dari 3,5$ bisa ketutup kerugiannya dari ongkir pesanan lain yg ongkirnya di bawah 3,5$.

      Hapus
  17. Akun ku ter DEACTIVATED.. sudah coba buat baru, malah baru mau posting sudah muncul deactivated lagi.. bukan SUSPEND ya.. Ga ada keterangan atau notif dari Etsy nya. Tiba-tiba aja gitu
    kira2 apa yang salah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tanya apa yg salah mungkin bisa dibaca disini https://jualandietsy.blogspot.com/2019/12/alasan-akun-etsy-suspended-dan-tidak.html?m=1 Disitu saya tulis beberapa kemungkinan alasan akun kena suspend

      Hapus
  18. Hi, thank you for taking the time to make these poust that helps us who are starting in the world of etsy, and tried twice to create an etsy account with vcc and paypal, but I have barely published 2 ads and I close the account without any explanation, it should be mentioned that in both attempts I made them on different computers and different internet connection. I don't know if at the moment you are not letting create new accounts, if you know something about this subject; Or do you have any other trick I would greatly appreciate it!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello! I'm not etsy staff, so I don't know why but I made new article how to prevent/solve this problem as alternative. I hope this helps https://jualandietsy.blogspot.com/2020/02/cara-mengatasi-dan-mencegah-akun-etsy.html?m=1

      Hapus
  19. Pagi kak, mw ty kmaren sy iseng2 buka toko di etsy, stelah dftar sy dpt email dr etsy, akun sdah terverivikasi. Stelah sy buka langsung aja deh sy posting produk stelah kelar posting eh sy lupa password etsy, duh ini gmna ya kak? Rencana mw sy tutup aja toko sy krna g bsa login k toko, gara2 klupaan password. Ini dpt email pmbayaran listing, trus apa klo tdk sy bayar apa otomatis toko sy d tutup kak? Mhon pncerhannya ya kak,... Mkasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalau lupa pass bukannya bisa klik forgot password ya? Nanti diarahkan ke email utk ganti pass yg baru. Sayang klo udh buat akun tp ditutup krn buat akun etsy itu skrg susah. Apalagi pakai email yg terhubung paypal. Kalau tidak dibayar nanti akhirnya listing tsb tidak akan muncul dipencarian/ nonaktif.

      Hapus
  20. Trimakasih kak pncerahannya, ini klo msal sy buat akun lagi lwat tautannya kakak apa langsung bsa free listingnya kak? Atau apa ada syarat khusus misal hrus share dlu link ini k org buat promosiin nich tautan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kak, akun baru klik link itu langsung dpt 40 free listing tanpa syarat. Ngga perlu promosi apapunn

      Hapus
  21. kalau sudah bikin trs saya delete toko nya trs daftar lg apa musti pake email yang baru nih? dan yg link gratisan nya masih ada ga. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa delete akun trus bikin ulang pakai email yg sama setauku, harus pakai email yang baru. Klo pake email baru bisa dpt link gratis 40listingnya

      Hapus
    2. trs klo dpt free 40 listing nya apakah nanti ada iuran perbulan nya di etsy ?
      soal nya saya lihat di youtube ada iuran yang musti di bayar perbulan nya . distunggu balasan nya . thanks lusia

      Hapus
    3. Ngga ada kok. Dulu awal awal buka aku ngga ada iuran selain bayar 0,2$/listing/bulan. Kecuali kalau kamu ada orderan, nah disitu ada biaya lagi, kyk persenan buat etsynya.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. oh berarti kalau 40 listing berarti saya nnati harus bayar 40 x 0,2$ jd 8$ ya terus nanti bayar nya ke etsy pake apa ? apa bisa pake paypal ? thanks lusia

      Hapus
    6. Nanti masuk ke tagihan/billing di akun etsymu. Bayarnya pakai paypal/kartu kredit. Kalau saya langsung hubungkan ke paypal saat pembayaran. Iya klo gaada free listing ya kamu harus bayar per listing 0,2$, bayarnya tergantung jumlah listingmu di etsy. Klo kamu posting 10 listing ya bayarnya 2$/bulan

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  22. Thankyou so much ka buat blog nya, bikin ada gambaran cara buka toko di Etsy. Saya cuma mau nanya, saat pertama kaka post barang jualan kakak, didiemin aja ya? Nanti orang orang lihat sendiri secara random? Dan boleh tau gak berapa lama kaka nunggu sampe dapet first orderan? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama samaa. Aku diemin aja sih, sambil buka akun instagram khusus jualan. Sambil nambah nambah listing baru. Aduh berapa lama yaa, udah sejak 2017 jadi lupa. Mungkin nunggu sekitar 1-2 bulan kali yaa.. sabar aja :')

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. oh jadi kita ga harus promosi in link kita ya kalau bisa anda buat aja tutorial nya di youtube

      Hapus
    4. Iya, ngga usah. Begitu klik linknya lgsg dpt 40 free listing. Oke terima kasih yaa sarannya, semoga ada kesempatan buat video

      Hapus
  23. mau tnya soal ongkir kak, biasanya pake jasa pengiriman apa yang murah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emg klo cm $3.5 ga rugi kah? sementara di cek d ems dari jkt ke usa aja $15 klo ga salah

      Hapus
    2. Rugii kalau pakai layanan pos yang bisa dilacak. Ini aku pakai prangko karena barang yg kujual kurang dari 100 gram, makannya bisa pakai prangko. Barang yg saya jual juga murah jadi nggak terlalu takut risiko hilang. Utk brg yg berat saya sarankan konsultasi/tanya tanya dulu ttg harga dan lain lain ke kantor pos terdekat

      Hapus
    3. bisa di perjelas ga mba? hehe
      jadi pake prangko itu sama kayak kirim surat gtu? di masukin d amplop? barang yang rencana saya jual juga dibawah 100gram, bentuknya kertas juga.
      atau ada saran referensi yang bisa di baca hehe

      Hapus
    4. kalau boleh mau liat hasil packaging nya juga mba :D

      Hapus
    5. Sudah saya buatkan artikel baru ya, bisa dicek disini https://jualandietsy.blogspot.com/2020/04/cara-mengirim-paketsurat-ke-luar-negeri.html?m=1

      Hapus
    6. waaah terima kasih sekali mba, semoga usahanya lancar ya

      Hapus
  24. Salam kenal.
    Kalau di etsy di perbolehkan tidak jual desain hasil tracing (menggaambar ulang dari photo ke vector) desain yg sudah ada?.

    Saya rencana jual produk digital nya di etsy.

    Takut nya pas saya jual ada yg nge claim/report, ujung2nya suspend!.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar ga di suspend cari foto yg free license klo yg ada license jelas ga boleh gan. itu yang saya tau .

      Hapus
    2. Betul, pokoknya main aman foto yang ditracing cari yang bebas/free license

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. pas aku ditahapan How you'll get paid keluar error Etsy can only offer payment services in certain countries at this time.

    We are continually working to support additional countries.

    atau ada yang salah ditahapan saya yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena pada waktu anda daftar anda tidak pilih indonesia jd ulangin lagi aja langkah dari awal nya tersu pilih indonesia nanti akan keluar other payment method sesuai dengan di atas

      Hapus
    2. @dehart ok akan saya coba daftar ulang pakai indonesia

      Hapus
    3. udah dimasukin indonesia tetap aja gak bisa nih

      Hapus
    4. di langkah ke dua nya yang di ganti pilih indonesia sesudah name shop

      Hapus
    5. halo dehart. Iya betul ternyata harus masukin lokasi shopnya di Indonesia (step ke-1) terus nanti di step ke-3 yang pilih pembayaran baru muncul pilihan paypalnya

      Hapus
  27. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Hey, creative friends: Get started selling on Etsy with 40 free listings. https://etsy.me/2Yckr1Y lewat @Etsy

      Coba pake ini kak.. Saya juga masih baru di etsy

      Hapus
    3. Halo maaf baru balas, coba ini bisa ndak ya : https://etsy.me/3degXAn

      Hapus
    4. Kalau belum bisa coba clear cache atau coba pake incognito window di laptop. Misal mentok nggabisa coba pake VPN

      Hapus
  28. Kak caranya pake flat ongkir itu gimana ya? Lalu kakak pake pengiriman apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf baru balas, di bagian shipping profile itu ada fixed shipping prices trus pilih aja 'Everywhere Else', what you'll charge pilih fixed price

      Hapus
  29. Halo kak aku mau daftar Etsy tapi pas udah masukin email, first name sama password nya gabisa next page dan ada tulisan "Please contact support@etsy.com if you are having trouble signing up". Udah coba pake email lain (gmail dan outlook), pake apple id, tapi tetep gabisa huhu please help yang lain kalo tau juga please answer:') thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai laptop lain nggak bisa juga? Mentok mentok coba daftar pake VPN.
      Atau kalau temen-temen ada yang bisa jawab tolong ka Risma yaa

      Hapus
  30. Hi kak, mau tanya. Kalau waktu verifikasi paypal pakai cc yg sama dengan cc yg dipakai untuk etsy. Boleh gag ya ? . Atau verifikasi paypal pakai vcc dan cc fisik dipakai untuk etsy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu awal saya daftar etsy itu saya paypal & etsy semuanya pakai VCC tapi saya beli 2 VCC berbeda, 1 VCC paypal & 1 VCC etsy. Tapi begitu yang kedua VCC itu kedaluwarsa saya disuruh pake VCC paypal aja untuk masukin ke etsynya. Coba waktu beli VCC tanya ke adminnya, kalau untuk etsy bisa VCC bareng paypal atau harus khusus beli VCC etsy.

      Kalau punya CC fisik ya pakai itu aja untuk keduanya. VCC itu hanya untuk yang nggak punya CC fisik/asli

      Hapus
  31. Tanya kak, kalau Degital print, pakai ongkir tidak? Kalau orang US beli dari saya kena ongkir tidak? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jual produk digital nggausah pakai ongkir. Karena begitu buyer beli lgsg bisa download

      Hapus
  32. Halo kak, saya pembaca baru blog kakak nih, salam kenal ya. Gara-gara baca blog kakak, saya yang awalnya ragu mau jualan di etsy langsung yakin dan jadinya buka toko disana hehe. Saya mau tanya beberapa hal boleh kak? Karena mau jualan, kemarin saya mau cek tarif kan di Pos Indonesia, ternyata pengiriman menggunakan prangko dan rln sudah lama belum bisa ke banyak negara, hanya negara tertentu yang bisa. Bagaimana kakak mengakalinya ya? Terima kasih sebelumnya kak, saya masih perlu bimbingan dari kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo. Kk tanya ke kantor pos besar (pusat) atau kecil (cabang)? Pengalaman saya wkt ke kantor pos kecil beberapa bahkan gapaham sistemnya prangko. Sampai sekarang saya masih pakai prangko utk kirim pesanan ke US, Eropa, beberapa negara asia. Sebagian besar pembeli saya dari sana, saya kurang tau sih klo negara kecil. Tapi setau saja, selama masih ada prangko, ya berarti masih bisa. Klo negara tertentu mungkin dicaritau dulu di google, mereka masih keluarin prangko utk pengiriman atau engga. Untuk RLN setau saya masih bisa sih. Tp udh lama sy ngga pakai RLN krn buyer sy pd milih yg murah

      Hapus
    2. Saya belum tanya ke kantor pos nya langsung sih, saya hanya baca melalui beberapa situs dan bertanya kepada cs pos Indonesia. Katanya selama pandemi, pengiriman RLN hanya bisa ke negara tertentu. Saya cek tarif di web resmi juga hanya muncul harga untuk pengiriman EMS. Atau memang pengiriman menggunakan prangko langsung tanyakan ke kantor pos kak? Kalau boleh tahu kak, kakak saat masa pandemi apa pernah mengirim paket ke luar negeri? Makasih ya kak sudah dijawab.

      Hapus
    3. Memang saat pandemi kemarin beberapa negara menutup akses masuknya paket dr luar negeri. Tapi saya barusan cek di ig pos indonesia, memang ada pemberitahuan tdk bs kirim ke negara tertentu, namun itu bbrp bln yg lalu saat msh awal covid. Di post ig bulan april sdh mulai dibuka pengirimannya. Saya belum pernah tutup toko selama pandemi, jadi selama itu jg saya msh kirim paket kr luar negeri. Klo tanya seputar pengiriman luar negeri baiknya ke kantor pos langsung, dan kantor pos pusat yg lebih berpengalaman

      Hapus
  33. Berarti kakak masih ada kirim ke luar negeri menggunakan prangko ya? Tadi saya tanya di ig Pos Indonesia katanya juga masih hanya bisa EMS :'D Mungkin memang sebaiknya langsung tanya ke kantor pos ya kak? Kalau misalnya kirim paket pakai prangko kak, data apa saja ya yang harus ada untuk mengirim paket tersebut? Maaf banyak tanya kak, baru pertama kali mau kirim ke luar negeri hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sebaiknya tanya langsung. Karena tanya langsung pun tiap kantor pos bs bedabeda jawabannya. Klo misal mau kirim yg ada tracking numbernya saya selalu tanya ke kantor pos harga pengirimaan paling murah, krn EMS mahal sekaliii. Klo pake prangko ya seperti biasa, nama + alamat tujuan dan pengirim.

      Hapus
    2. Loh apa tiap kantor pos tarifnya bisa beda kak? Ada ketentuan kakak menulis di sebelah mananya nggak kak? Terus alamat kita sebagai pengirim apa harus dicantumkan juga? Makasih kak.

      Hapus
    3. Bukan tarifnya yg berbeda. Tp jawaban klo ditanya soal prangko atau pengiriman ke luar negeri. Paling valid tanya ke kantor pos pusat. Alamat penerima di depan, alamat pengirim di belakang

      Hapus
  34. Tadi saya baru tanya ke kantor pos, katanya pengiriman menggunakan prangko cuma bisa kartu pos saja kak. Waktu kakak mengirimkan barang menggunakan prangko, jika ditanya petugas mengirimkan apa, kakak jawab apa ya?? Makasih atas informasinya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanyanya ke kantor pos pusat bukan? Krn spt sy blg kmrn, nggak semua kantor pos paham pengiriman prangko. Coba search di instagram #penpalsindonesia #snailmailindonesia (sahabat pena). Masih ada komunitas penpal/sapen internasional. Mereka nggak cuma pakai kartu pos/postcrossing aja tp kirim surat jg dalam amplop. Kadang mrk jg bertukar barang/alat tulis dgn sapennya. Selama ini sy jg masih kirim pakai prangko ke luar negeri. Saya bilang stiker krn sy mmg jual stiker. Sy pernah kirim barang >100gram pakai prangko ke US. Kuncinya gak usah nunggu ditanyain, bilang aja titip ya pak sudah saya tempel prangko wkwk tp jgn sampe kurang ya prangkonya

      Hapus
    2. Halo elice mau menginfokan, saya kemarin cari cari tau tentang pengiriman dgn pos indonesia memang yg tracking hanya EMS yg buka, klo RLN masih tutup. Sementara prangko saya belum tau nasibnya (pdhl toko sy msh pake prangko sampai skrg 😂). Sepaham saya klo pake prangko sepertinya tertahan lebih lama entah di kantor pos indo atau negara tujuan. Tp amannya ya pke EMS. Ini saya sedang mau coba jasa ekspedisi alternatif selain pos indonesia. Nanti saya akan share di blog klo recommended

      Hapus
    3. Halo kak. Makasih ya infonya hehe tadi saya sudah coba kirim pakai prangko, kebetulan dapat satu order, semoga sampai pada tujuan :'D nanti kalau kakak dapat alternatif mohon di sharing ya kak, blog kakak membantu banget untuk yang mau sambilan jualan :') Oh iya kak mau tanya. Kalau misalnya kita mengirim memakai prangko, kan tidak ada tracking numbernya, tidak dapat tanda terima juga. Itu bagaimana update di etsy nya ya kalau kita sudah kirim? Terima kasih kak.

      Hapus
    4. Haiii wah ikut seneng akhirnya dpt orderan pertama. Selamat yaaa. Saya udah ada alternatif sih sebenernya tp ke US 0-100 gram itu 6,9$, lg kucoba jg ini semoga aja nyampe. Coba deh ke grup facebook : etsy seller indonesia. Saya nemunya disitu ada yg nawar nawarin jasa pengiriman gt di komen. Blm berani rekomendasiin krn blm liat sendiri paketku nyampe. Nah klo pake prangko klo udah dikirim klik aja order terkirim tanpa ngisi tracking numbernya, pilihan pengiriman dipilih 'other'. Klo aku biar buyer makin yakin, kuselipin link foto paketnya dia. Klo aku jg nekanin estimasi tiba 30-90 hari. Semoga selamat yaa paketnyaa

      Hapus
    5. Makasih ya info-infonya kak, membantu banget untuk seller pemula kayak saya hehe kemarin sudah singgah tapi belum diterima masuk sama adminnya huhu. Itu 6,9$ ada trackingnya kah kak? Atau nggak ada? Kemarin pas aku kirim dari kantor pos kenanya cuma 20k kak, apakah wajar? Semoga sampai ke tujuan yaa ketar ketir juga nih kak :'D

      Hapus
    6. Kalau pakai prangko emang murah bangettt. Tapi ya itu nyampenya lama. Mulai kmrn aja ada yg minta dikirim pake prangko tetep kudesak terus biar mau upgrade shipping ke tracked. Parno juga nih, pdhl kmrn aku jg ada kirim pke prangko :( Iya itu 6,9$ ada trackingnya kok

      Hapus
  35. mau nanya lagi mbak, setiap ada penjualan di kenakan biaya 0,2$ ya, nah itu di potong dari penjualan kita atau kita yg harus transfer ke etsy nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya tagihan terpisah dari hasil penjualan. Jadi nanti kan numpuk di tagihan, nah tagihan itu harus dibayar per bulan dengan paypal atau kartu kredit ke etsynya

      Hapus
  36. Wah makasii ya kak, berarti kalau jual digital art yg tinggal cetak kita cuma perlu nunggu gitu kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa betul, enaknya jual produk digital itu ngga perlu repot mikirin pengiriman.

      Hapus
  37. @Lusia Yotista sebaiknya post Ny. SISKA WIBOWO di DELETE karena isi komennya sangat SCAM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya tandai sebagai spam. Terima kasih info & warningnya :)

      Hapus
  38. hallo, saya membaca cukup dalam dari atas artikel sampai ujung komentar, tapi mbak boleh bertanya, ada banyak website Print On Demand dengan produksi ditanggung oleh pihak tersebut, seperti kaos dll. kita cuma desain aja, tapi permasalahnya cara daftarnya berbeda atau sama ya dengan yang punya produk sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya etsy kurang support klo jualan yg macem printify. Saya kurang paham klo gitu. Kayaknya sih sama aja, tp set location tokonya di negara tempat cetaknya. Dan nanti di bagian listing sepertinya ditambah production partner.

      Hapus
  39. Makasih banget ya ka artikelnya ngebantu
    Banget buat mulai susun plan persiapan buat buka toko di etsy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama. Kalau ada facebook bisa gabung ke grup etsy sellers indonesia. Disana bisa tanya ke suhu suhu yg lebih expert

      Hapus
  40. Kak, kalau jual produk digital ga perlu ribet mikir ongkir dan pengiriman barang kan? Tinggal tunggu aja, kalau ada yg beli uangnya langsung masuk ke Paypal ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, tinggal nunggu pembeli & terima uang aja

      Hapus
  41. Halo kak, aku mau nanya, aku udah masukin listing, total aktif udah ada 3. Kan ada fee perlisting 0.2$ kan yah, pas aku cek d rek kok g berkurang ya saldo ku ? Kan seharunya berkurang 0.6$ kalo listing Uda aktif ? Ini punya ku malah g Ada pengurangan setelah aktif 3 listing.

    Nah, intinya emang etsy baru nagih fee ketika listing habis ato d awal bikin sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti ditagihnya bulan depan biasanya. Coba cek di bagian bills, disitu ada jumlah tagihan yg hrs dibayar bulan depan

      Hapus
  42. kak makasih banyakkkkkkkk utk 40 free listing GRATIS, tapi ini ada maximal waktunya ga ya? misal berlaku 3 bulan semenjak daftar....semoga jualan kakak laris terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama samaa. Enggak ada, bebas kapanpun 40 freelisting tanpa ada kedaluwarsa. Amin kamu juga semoga lariss

      Hapus
  43. Thanks banget penjelasan dan link nya, kak. Saya udah berhasil open shop, tapi bingung masukin shipping costnya. Kalau produknya ringan tapi berdimensi (lionton kalung) apa bisa via perangko kirimnya? Sebaiknya fixed shipping pricenya berapa ya?
    thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh jangan deh klo liontin, barang mahal kan ya itu. Mending pake tracking aja. Mahal gapapa yang penting jelas bisa ditrack. Coba ke grup facebook etsy sellers indonesia. Kepoin disana ada yg nawarin shipping murah

      Hapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Halo kak apa kakak tau kalau sedang pandemi spt ini apa bisa kirim dengan perangko?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, layanan kirim kantor pos sejauh ini paling aman pakai EMS karena prangko & RLN ditutup sementara. (Ada beberapa negara asia yg masih dilayani pake RLN sih tp sangat sedikit). Jadi saya sarankan pakai EMS atau jasa kirim selain dari kantor pos

      Hapus
  46. Hai mau tanya. Saya sudah daftar etsy sampai bagian informasi diri. Misal nama kita cuma berupa first name misal ‘sumiyati’ gitu gimana ya? Padahal last name harus diisi. Mungkin ada yang punya info tentang ini, makasih. Btw artikel nya sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya nama di etsy nggak begitu penting sih, kecuali paypal. Coba nama akhirnya pake nama toko atau double sumiyati sumiyati?

      Hapus
  47. halo ka, tadi saya coba sign in etsy lewat laptop trus pas udh masukin email dan password ko ada tulisan "email address is invalid" padahal saya nulis emailnya udah bener:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhh, pdhl akunnya udah terdaftar sejak kapan itu? Udah coba pakai vpn?

      Hapus
  48. Maaf kak mau nanya pas saya buka toko pertama kali kok pas di stok you shop saya sudah ngisi semuanya sesuai panduan kakak lalu setelah mau saya save ada peringatan "fill out all of the required fieldscorrectly in orderto preview or save" kenapa ya kak kok begitu tolong kak diberi masukan ke saya. Terina kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ada di tahap yang mana? Sudah dicek nggak ada kolom yang kosong?

      Hapus
  49. Hai ka! Salam kenal:)
    Sebelumnya makasih bgt infonya sangat bermanfaat.
    Saya dapat email dr etsy tntg kebijakan Diperlukan Tindakan: Mendaftar di Pembayaran Etsy. Nah pas di klik, hr dftarin kartu kredit di etsy. Smentara aku ga pake kartu kredit
    Mau tanya, klo dftar di pembayaran di etsy tuh wajib ga? Kalo gak daftar gpp?
    Sebelumnya aku byar fee 4bulan yg $0.2 dr paypal.

    Terima kasih sebelumnya k :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo terima kasih juga yaa sudah mampir kesini. Iya sekarang etsy sudah mewajibkan seller utk switch ke etsy payment, jadi sudah nggak bisa pake paypal lagi. Mau gamau harus masukin nomor kartu kredit. Aku juga ngga ada kartu kredit, tapi bisa pakai jenius kok dari bank btpn.

      Hapus
    2. Kartu Debit Jenius Bank BTPN bisa switch ke etsy payment ka?

      Makasih banyak ya sebelumnya buat infonya 🙏

      Hapus
    3. Bisa. Kalau di jenius namanya e-card itu kayak VCCnya. Jadi yg dimasukkin itu nomor kartu yg e-cardnya. Tp katanya ada juga yg pakai no m-card/kartu debit jeniusnya langsung

      Hapus
    4. Hi Lusia, mau tanya. Trus nanti uang hasil penjualan produk kita masuknya tetap ke Paypal kah? Makasih sebelumnya ya :)

      Hapus
    5. Halo Sanita, karena skrg etsy seller indonesia sudah nggak bisa lagi pakai paypal jadi mau gak mau aktifin etsy payment. Otomatis uangnya akan cair ke rekening bank kita

      Hapus
    6. Makasih Kak Banyak Kak Lusia 🙏
      Aku boleh tanya sekali lagi hehe
      Klo Kode cabang pas datfar payment etsy maksudnya gmn ya ka?
      Contohnya gmn?
      Hehehe 😁

      Hapus
    7. Kode cabang bisa cek di google ya sesuai cabang tempat membuka membu

      Hapus
    8. *tempat membuka rekening bank. Atau bisa tanya ke cs banknya langsung biar lebih mantep.

      Hapus
    9. Oh iya ka hehehe
      Makasih banyak yah info nya
      Bermanfaat banget buat aku.
      Sukses terus ya ka 🙏

      Hapus
    10. Amin.. senang juga bisa bantu. Sukses juga ya :)

      Hapus
  50. Kak minta masukannya sekrang kok susah banget ya buat toko di etsy gmna caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susahnya gimana? Kena suspend kah? Sblmnya sudah pernah bikin akun trus suspend?

      Hapus
  51. Maksudnya daftar Etsy bisa pake rek jenius kak skrg? Ga perlu PP lg?
    Oya btw toko Kk di Etsy msi aktifkah berjualan ampe skrg?
    Sy baca comment yg mulai dr 2019 soalnya mpe paling bawah ni..dah ikutan gabung etsy seller FB jg tp blum di approve..
    Sy mu coba ikutan peruntungan dunia ekspor kecil2an :()

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa seller indonesia mulai 4 oktober udh gabisa pakai pilihan pembayaran paypal, otomatis udh gaguna paypalnya. Jadi yg dibutuhkan skrg cuma CC aja utk bayar fee & rekening bank utk terima profit hasil jualan. Puji Tuhan masih aktif tapi mmg sejak pandemi nggak seramai sblmnya, jadi rada slow ini jualannya. Oiya grup fb barusan bgt di private krn kecolongan ada member yg ngelanggar rules. Krg tau msh terima member atau stop dulu. Silakan coba daftar saja, lumayan kok etsy utk ekspor kecil kecilan

      Hapus
  52. Halo mbak. Saya mau tanyak cara ngisi formulir etsy payment gmana ya? Dsitu diminta Bank Code, Branch Code. Sblum nya saya pake paypal yg link ke bank BCA, tpi pas verifikasi dulu saya pake VCC dari BNI. Selama ini aman2 aja narik duit hasil etsy ke BCA. Nah skarang saya ngisi formulir etsy payment ini pake BCA/BNI ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak untuk narik duitnya otomatis masuk ke rekening kita tanggal berapa ya?

      Soalnya saya narik uang udah 3 kali kug belum cair" ya di rekening bank bca saya

      Hapus
    2. Saat formulir etsy payment yg dimasukkan itu rekening bank tujuan utk menerima uang, berarti BCAnya. Klo VCC BNI utk bayar tagihan aja, settingannya beda

      Hapus
    3. Saya pencairan pertama 3 hari sudah mendarat ke rekening. Tp ada kasus juga yg pencairan pertamanya sampai 2 minggu, tp setelah itu lancar cuma 2-3 hari aja. Coba ditunggu dulu klo mmg sdh terlalu lama cb kontak etsy

      Hapus
    4. haloo kak, salam kenal aku Putri. Aku kalo pengiriman dana ke rekening kita lebih dari 3 hari cara mengontak etsy bagaimana ya? Terimakasih kak

      Hapus
    5. Halo putri lebih dari 3 hari tepatnya sdh berapa hari blm cair? Soalnya beberapa teman juga dpt masalah yg sama, dana blm cair (cairin di akhir tahun kemarin). Sepertinya memang ada delay/pending karena kepentok libur akhir tahun. Kalau mau hubungi etsy bisa cek di postingan terbaru blog ini ya. Disana ada juga cara menghubungi etsy.

      Hapus
  53. Hai Lusia, makasih banyak untuk sharing ilmunya ya..
    Mau tanya, komisi 5% dr total transaksi dan 4,5%+7rb utk payment processing itu total transaksi apakah harga produk + ongkir? Makasih sebelumnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transaction fee : 5% dari total harga barang termasuk biaya bungkus (klo ada)
      Shipping charges : 5% dari ongkir
      Processing fee : 4,5% dari total yg dibayar buyer (termasuk ongkir+tax) + 7000 rupiah

      Banyak ya.. jadi sedih

      Hapus
  54. hi ka.. saya mau nanya dong.. sya baru buka toko di etsy nih tapi saya bingung knapa shipping nya o yah? padahal saya udah tulis harga nya di sana? apakah ada yg salah dlm input data? terimakasih sebelum nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negaranya disetting spesifik nama negara atau 'everywhere else'?

      Hapus
  55. Kak saya mau tanya, saya lihat banyak komentar di kaskus kalau penggunaan vcc selalu suspend. Seperti di nonaktifkan gitu tokonya kak. Lalu bagaimana saran untuk yang tidak punya kartu kredit tapi ingin berjualan di etsy.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan ke artikel sebelah ya https://jualandietsy.blogspot.com/2020/07/cara-verifikasidaftar-paypal-etsy.html?m=1 disitu saya jelaskan kalau pakai selain vcc beli gimana.

      Hapus
  56. halo kak, mau tanya bisa jualan rokok gak di etsy ? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kutip dari sini : https://help.etsy.com/hc/en-us/articles/360024112614-What-Can-I-Sell-on-Etsy-?segment=selling

      Several types of items are prohibited from being sold on Etsy, including:
      -Alcohol, tobacco, drugs, drug paraphernalia, and medical drugs
      -Certain animal products and human remains
      -Dangerous items, including hazardous materials, recalled items, and weapons
      -Hate items, including items that promote, support, or glorify hatred

      Jadi saya simpulkan, jawabannya tidak boleh.

      Hapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Halo ka, saya baru gabung di etsy beberapa hari yang lalu dan sudah aktif.

    Nah kalau boleh tau

    1. Cara membayar biaya per listing 0,2 itu dimana ya? apa nanti di kasih link sama etsy setelah setiap 4 bulan sekali?

    Makasih ka, artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti masuknya di tagihan (Finances -> payment account). Jumlahnya nanti muncul di 'amount due (bulan)'. Nanti etsy bakal kasih email tagihan kok kalau misal hasil penjualan gabisa nutup biaya listing & biaya lainnya. Krn biaya listing langsung dipotong dari hasil penjualan.

      Hapus
    2. Satu lagi ya ka, barangkali tau..untuk bulan Oktober ini apa kantor pos sudah melayani pengiriman pakai RLN
      atau biaya yang agak murah selain pakai EMS?

      thanks

      Hapus
    3. Setau saya belum. Updatenya bisa dicek disini https://cds.posindonesia.co.id/posint/ atau ikuti instagramnya pos indonesia, biasanya klo ada pembukaan layanan akan diupdate disana juga.

      Hapus
  59. hallo, terimakasih atas bantuan blognya. saya sangat terbantu. saya ada beberapa pertanyaan dan sudah saya coba tanyakan lewat email. bisa tolong bantu saya, terimakasih

    BalasHapus
  60. Kak kalau pembeli minta uangnya dikembalikan gimana caranya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah buatkan artikelnya silakan kesini https://jualandietsy.blogspot.com/2020/10/cara-pengembalian-dana-refund-di-paypal.html

      Hapus
  61. Hay kak , makasi untuk blog nya sangat banyak membantu
    Btw apakah di etsy bisa pake sistem preorder atau cuma redy stock yang di jual ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo bisa banget dong. Di etsy memang spesial utk barang handmade jd sebagian besar seller harus buat dulu sebelum kirim (preorder). Di bagian setting shipping ada 'processing time' diisi saja sesuai lama proses pembuatannya berapa hari.

      Hapus
  62. Halo kak terimakasih pencerahannya..
    Saya mau tny utk yg ongkir flat itu apa tidak rugi kalau mislkan ternyata ongkirnya melebihi dr tarif yg sdh kita tetapkan?

    Trus 1 listing maksudnya kayak 1 link lapak jualan gt ya?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flat ongkir disarankan hanya utk barang ringan saja, kalau berat saya sarankan tetap setting tambah biaya ongkir/item tambahan. Flat ongkir juga kalau bisa diambil batas atas biaya ongkirnya. Misal buyer saya biasanya beli antara 20-200 gram. Ongkir dari ekspedisi kan dibedakan, 1-100 xx rupiah, 101-200 xx rupiah. Nah ambil aja yg ongkir 101-200. Kalau ongkir terlalu mahal saya sarankan sebagian ongkir dimasukkan ke harga produk.

      Iya betul, 1 listing = 1 judul/lapak jualan

      Hapus
  63. Malem kak.... Saya rencana mo buka shop di etsy, jujur nih masih bingung hehehe bole g minta no WAnya?? Buat kosul. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tanya tanya saya sarankan gabung ke grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Saya juga pernah tanya disana kalau bingung & lgsg dibantu teman teman seller yg lain :)

      Hapus
  64. Maaf kak saya mau tanya saya mau daftar tpi produk yg saya punya itu bukan punya saya alias saya itu reseller,apa di etsy bisa yg kya gtu ka,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Etsy hanya menerima barang handmade sendiri atau barang vintage. Reseller sangat tidak diperbolehkan & risiko kena suspend sgt tinggi. Beberapa seller disana ada sih memang yg resell, tp istilahnya klo di etsy itu ilegal, tinggal nunggu ada yg report atau ketahuan etsy aja utk kena suspend. Kecuali resell barang handmade tetangga, yg kita bisa tau tempat pembuatan, prosesnya, dan karyawannya. Krn nnt klo ada sidak suruh melampirkan foto proses pembuatan produknya kita bisa kasih.

      Hapus
  65. Hi kakak kakak senior mau nnya donk jadi saya kan mau input data data bank buat untuk deposit
    nah saya takut salah
    Account number itu diisi sesuai kartu debit card kita atau nomor buku tabungan ya?
    Bank code berarti itu kasi kode bank standard saja atau kode SWIFT bank? (BCA)
    Branch code apa ya kak?
    Branch address juga sama
    thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sudah dijawab di grup facebook ya kayaknya?
      Tp saya jwb disini aja siapa tau ada yg nggak join grup fbm
      Acc number : no rekening (di buku tabungan)
      Bank code : bisa googling aja 'bank code BCA' nanti muncul list bank codenya
      Branch code : kode bank tempat buka rekening
      Branch address : alamat bank tempat buka rekening.
      Semuanya bisa di google atau tanya ke CS (cari aja sosmednya bank tsb & tanya disitu biasanya fast respon)

      Hapus
  66. halo kak, mau tanya nih, kalau boleh tau total produk kakak di etzy total berapa ya? hehe
    dan rencana saya juga mau bikin debit jenius untuk verifikasi paypal dan etzy, kira" bedanya e-card sama m-card apa ya? mungkin ada saran juga.
    terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk tokoku nggak sampai 30. Ada yg bilang makin byk produk kesempatan tokonya 'terlihat' calon buyer lebih besar. Tapi saya sering lihat banyak yg produknya kurang dari 10 tp salesnya udh banyak bangett. Kalau m-card setau saya itu yg ada kartu fisiknya, kalau e-card itu kayak vcc, biasanya dipakai utk bayar bayar tagihan.

      Hapus
  67. Bagaimana cara jual pola berupa pdf kak... trus apa kemren pas daftar.. harus pakai kode bank.... apa harus diminta dulu kode nya ke bank kak... ?? Makasi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuknya digital download klo jual berupa pdf. Nanti saat buat listing pilih 'digital'. Kode bank bisa googling aja atau tanya ke CS bank langsunng/via sosmed banknya

      Hapus
  68. Hai Ka Lusia, salam kenal
    Saya mau buat toko di Etsy tapi masih bingung. Boleh tanya ya Ka
    1. Utk biaya yg di charge ke kita itu sebenernya berapa Ka? Di awal sy smpt baca yg $0.2 dan $0.2++, tapi kemudian sy baca yg trx fee 5%, ship charges 5%, proces fee 4.5%+ 7000
    2. Rekening yg kt buka utk menerima pembayaran itu dalam rupiah atau dalam US$?
    3. Sy mau jual scarves (hijab, selendang) dimana sy buat design nya sendiri lalu sy print di tempat printing. Apakah sy perlu tau jg data tempat sy printing? Misal alamat nya, jumlah karyawan printing tsb dll?
    4. Apakah pengiriman melalui kantor pos itu adalah pilihan yg paling murah atau ada alasan lain?
    Apakah tidak ada cara pengiriman lain? Misal pake kirim aja by garuda or jasa pengiriman lain?
    5. Apakah kita bisa membatasi negara2 yg bisa beli ke toko kita?

    Makasih banyak ya Ka....
    Sebenernya pengen minta nomor wa ka Lusia spy bisa lebih enak komunikasi nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Untuk buka toko pertama itu yg harus dibayar cuma biaya listing aja 0,2$+vat(saat blm ada barang terjual). Setelah barang ada yg terjual bisa cek rincian lengkapnya :
      https://jualandietsy.blogspot.com/2020/11/bahas-tuntas-biaya-jualan-di-etsy-dan.html?m=1

      2. Rekening rupiah, krn pendapatan di etsy sendiri sudah rupiah
      3. Sepertinya tidak perlu. Saya juga pakai jasa percetakan utk produk saya tp saya nggak cantumkan percetakannya. Krn percetakan kan jg bisa berubah-ubah. Kecuali kita desain saja & percetakan lgsg di US sana (sistem POD ya klo gasalah namanya)
      4. Saya sendiri sejak pandemi tidak pakai pos indonesia tp skrg pos sudah buka semua layanan (terutama utk ke US) jadi saya masih rekomen utk kesana. Alasannya tentu kantor pos ada dimana-mana, mudah klo mau kirim brg, bisa langsung dpt no resi, dll. Tp nggak harus pakai pos kok, bisa cari yg lain. Ada dnd atau kurasi atau garuda sbg alternatif.
      5. Di setting biaya ongkir bisa disetting pengirimannya ke negara mana aja. Yang penting jgn pilih 'everywhere else' klo mau hanya kirim ke negara tertentu.

      Tanya disini saja yaa biar yg lain juga bisa baca & dapat info juga :) saya usahakan jawab secepatnya dan sebisanya. Klo mau cepat jawabannya bs lgsg tanya ke grup facebook 'etsy sellers indonesia'

      Hapus
  69. Halo salam kenal... bagus banget tulisannya.. makasih yaa..
    Btw mau tanya dong, jd kaka pengirimannya selalu pake Pos Indonesia ya?dibuat flat $10 tidak rugi kah, pernah tagihannya diatas itu?..
    Dan lagi, pernah delay lama bgt ga pengirimannya?.. makasii yaa infonyaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal juga terima kasih sudah mampir yaa :) Saya skrg lagi berpindah dulu dari pos ke dnd. Saya kasih flat 9$. Karena barang yg sy jual kecil & orang orang juga paling cuma beli 1-5 produk aja per checkout jadi saya patok 9$. Itu sudah masuk harga kategori 100-200 gram di layanan kirimnya. Sementara biasanya paket saya kurang dr 100 gram. Klo mau buat flat ongkir dikira-kira, kalau bisa ambil harga perkiraan tertinggi. Jadi misal ada yg mborong sampai lebih dr 200 gram, itungannya kita garugi krn kt sdh dpt untung dr buyer sebelumnya. Delay lama klo pakai layanan tracking belum pernah. Tp diprotes buyer yg nggasabaran sering

      Hapus
  70. haloo kak aku mau nanya, kalo pencairan dana ke rekening kita tu apakah ada syarat sebelum etsy mengirim ke rekening kita? karena aku dapet email your fund on the way nah setelah itu nanti langsung masuk ke rekening kita ya harusnya 3 hari setelah itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah dapat email uangnya otw seperti itu sih tinggal tunggu aja. Kalau saya 3-4 hari nyampe ke rekening. Tp sepertinya kmrn ada yg protes kok blm sampai rekening pdhl sudah cairin akhir desember, mungkin kepentok libur taun baru jadi rada pending.

      Hapus
    2. haloo kak makasii responnya, aku udah dapet email your fund on the way dari 28 desember kak trs tulisannya bakal dikirim 3-5 hari bussines day. Cuma belum cair. Apakah nanti kalo udah cair ke rekening bakal ada email masuk lagi kak biasanya?

      Hapus
  71. hi kak, masih jualan d etsy?
    saya penasaran jualan di etsy ini, utk proses shippingnya apakah ribet gk klo di indonesia ini? pernah ada kendala?
    klo boleh minta kontak kakak, email/WA/sosmed utk bisa berinteraksi secara langsung krn sy sangat penasaran ingin nyoba pasar luar. terimakasih semoga kakak lusia selalu diberkahi Tuhan & senantiasa dilancarkan rezekinya + diberi kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo puji Tuhan masih jalan etsynya. Tergantung barang yg dijual. Kalau ribet sih enggak ya klo barang biasa. Tinggal mau kirim via pos indonesia atau yang lain. Kendalanya nggak ada sih kalau pakai layanan pengiriman dengan tracking. Paling telat sampai krn overload atau pas holiday. Bisa join aja ya ke grup facebook Etsy sellers indonesia. Saya juga masih belajar & tanya-tanya disana, banyak yg bantu juga disana. Atau komen disini juga pasti dijawab secepat dan sebisa saya :D

      Hapus
    2. mantap kak. nama tokonya apa sekalian saya mau belajar. klo utk produk ini cm pendant necklace sih kak. sy cm bingung apakah klo ekspor barang satuan itu ada prosedur atau dokumen2 yg diisi secara khusus atau sama aja kyk kirim barang dalam negeri.
      udah join cm belum di acc sama adminnya mungkin krn saya belum ada toko di etsy, belum start jualan hihi.
      baiklah kak disini aja dl deh sambil nunggu d acc grup fb nya ^^

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m