Langsung ke konten utama

Cara Buat Listing Produk Baru di Etsy (step by step)

Hai! Setelah kalian berhasil membuka toko etsy kalian saatnya mengambil langkah pertama dalam sejarah per-etsy-an kalian. Yap! Mari masukkan produk ke toko etsy kita. Tentunya udah kalian siapkan dong ya, yang harus dipersiapkan untuk setting produk baru kalian adalah
- foto produk
- nama produk
- deskripsi produk
- harga produk
- stok produk
- ongkir

Kira-kira itu rangkuman yang akan kita bahas di post kali ini, lebih ke tutorial memulai bisnis etsy. Oke, langsung aja

Yang pertama tentu masuk ke bagian listing
Kemudian klik tulisan Add a listing di pojok kanan atas.

1. Masukkan foto produk terbaikmu



Nah, langkah pertama untuk dimemulai jualan di etsy adalah mengupload foto produk yang akan kamu tampilkan kepada calon pembelimu di kolom photos dengan klik Add a photos. Uploadlah foto produk sejelas mungkin, semenarik mungkin, selengkap mungkin. Tips untuk memilih foto produk yang tepat untuk toko etsymu ada di artikel sebelah ya, => Tips Memilih Foto Produk yang Menarik Pembeli. Saran saya upload foto lebih dari 3. Semakin detail / lengkap foto yang di upload maka semakin baik.

2. Beri Nama & Detail Produkmu


Setelah mengupload foto produk kita lanjut ke tahap Listing Details.
  • Title, judul ini sangat penting. Berikan judul sesuai dengan produk yang kalian jual. Jangan berikan judul yang terlalu spesifik / nama sebutan yang kalian buat. Misal kalian jual boneka beruang. Jangan beri nama => Boneka Titi Si Beruang Coklat Imut. Cukup beri nama secara umum saja => Boneka Beruang Coklat. Kenapa? karena judul ini lah yang nanti akan masuk ke dalam pencarian di etsy maupun di google. Jadi sangat jarang atau bahkan tidak ada yang akan mencari 'Boneka Titi Beruang', mereka cuma akan mengetik 'Boneka Beruang'. Intinya jangan menamai produkmu dengan nama yang cuma kamu / beberapa orang saja yang tau, namai saja dengan nama yang umum, yang akan di cari calon pembelimu. Saat kamu akan memberi nama, bayangkan kamu jadi calon pembeli, apa yang akan mereka ketik di pencarian untuk mendapatkan produkmu? 
  • About this listing, pilihlah sesuai produkmu. Siapa yang membuat? Itu produk apa? Kapan dibuatnya?
  • Category, pilihlah kategori sesuai jenis produkmu. Misal kalian jual kalung ya ketik saja neckle, nanti akan muncul beberapa pilihan ketegori yang bisa kalian pilih. Ingat ya, ketiknya pakai bahasa inggris.
  • Renewal option, nah disini ada 2 pilihan, kalau kamu pilih Automatic maka setiap 4 bulan sekali produkmu (listingmu) itu akan di perbarui oleh Etsy secara otomatis, jadi langsung dimasukkan ke tagihan $0,2 secara otomatis per listingnya. Jika memilih Manual maka Etsy tidak akan me-renew listingmu tapi kamu sendiri yang akan memperbaruinya ketika sudah habis masa kontraknya di Etsy (4 bulan/listing). Bagaimana kalau listing etsy tidak direnew setelah 4 bulan? Ya kamu tidak akan membayar $0,2 lagi untuk listing barang tersebut dan produk yang tidak kalian perpanjang masa aktifnya itu juga akan hilang dari tokomu, dan masuk ke list Expired dimana pembeli tidak akan bisa lihat produkmu itu. NAH! Makannya dari artikel Cara Daftar di Etsy saya sudah kasih tau tuh, kalau daftar mending lewat sini aja DAFTAR ETSY LEWAT SINI agar kalian bebas biaya listing $0,2 sebanyak 40 kali. Lumayan kan kalian tidak perlu bayar perpanjangan $0,2 per listingnya.
  • Type, kalau kalian jual barang fisik yang dikirim lewat pos pilih saja Pysical kalau barang digital atau desain yang tidak perlu dikirim secara nyata maka pilih Digital
  • Description, siapkan deskripsi terbaikmu. Saran dari saya deskripsi produk Etsy yang baik itu sebaiknya jangan terlalu spesifik di awal kalimat. Jadi 1-2 kalimat awal sebaiknya berisi deskripsi umum. Kenapa? Karena yang akan muncul dan masuk di pencarian google adalah kalimat awal dari deskripsi produkmu itu. Sama aturannya seperti pemberian nama produk di atas, begitu juga dengan penulisan deskripsi produk. Nah, begitu sudah masuk ke kalimat ketiga baru deh isi sesuai yang kalian inginkan. Berikan penjelasan sedetail mungkin, agar mempersempit celah pembeli untuk complain setelah mereka membeli barangnya. 
  • Section, nah pilihan section di etsy ini akan muncul sebagai tab-tab kategori yang nanti bisa dipilih oleh pembeli. Misal kalian jual desain ilustrasi digital, section yang bisa dibuat / dipilih contohnya Animal, Flower, Wedding, Birthday. Intinya adalah merapikan listingmu agar lebih tertata sesuai jenisnya dan memudahkan pembeli untuk memilih, terutama apabila kamu punya listing hingga ratusan-ribuan.
  • Tags, masukkan sebanyak mungkin tags (maksimal 13 tags). Tag etsy yang dimaksud ini adalah kata kunci yang mungkin diketik oleh calon pembeli kamu. Misal kalian jual kalung, maka tag yang mungkin ditulis adalah pretty neckle, blue neckle, handmade neckle, flower neckle. Intinya sama seperti aturan judul & deskripsi, berikan kata kunci yang paling umum, yang akan diketik oleh calon-calon pembelimu.
  • Materials, kolom ini tidak wajib alias optional. Boleh diisi, boleh juga tidak. Tapi untuk melengkapi listingmu ya sebaiknya ditulis bahan-bahan baku dari produkmu apa saja.
3. Stok produk dan harganya

Saatnya masuk ke Inventory and pricing. 
  • Price. Inilah tahap yang paling seru bagi saya, yaitu menentukan harga barang dan stok. Harga barang tercantum dalam USD atau US dollar. Jangan lupa konversikan harga barangmu dari rupiah ke dollar sesuai dengan kurs terbaru ya. Tentu saja perhatikan biaya modal (biaya bahan baku, biaya alat, biaya jasa pembuatan, biaya pegawai bila ada, biaya perawatan/maintenance alat bila ada) dan biaya Etsy (biaya renewal apabila ada penjualan $0,2, biaya bagi hasil ke Etsy sebesar 5% dari total biaya produk dan bungkus, biaya 5% dari ongkir, 4,5% total yg di bayar pembeli + 7000 rupiah). Silakan cek artikel sebelah : Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy
  • Quantity, yaitu stok barang yang kamu punya di gudang, apabila barangmu Made by Order ya tulis saja sesuai keinginanmu. Apabila kamu buka toko online selain di Etsy, perhatikan juga pembagian stok antar toko ya, jangan sampai kamu kewalahan karena ternyata kamu hanya punya satu stok sementara ada 2 pembelian dari 2 toko online berbeda. 
  • SKU, SKU di etsy ini gunanya untuk mempermudah penjual dalam mengambil barang di gudang, terutama apabila barangmu itu banyaakkk sekali, jadi perlu kode tertentu untuk membedakannya. Misal, kamu jual kartu undangan jenisnya beda-beda ada yang vintage dan modern, maka contoh SKUnya KUV101, KUM 101. Ini tidak akan dilihat pembeli, jadi kalau saya sih karena barangnya tidak banyak ya tidak saya tulis SKUnya.
4. Ongkos Kirim
Selanjutnya adalah tahap memilih ongkir (ongkos kirim) barang Etsy dari Indonesia ke luar negeri. Bahasan ini sering ditanyakan oleh para penjual Indonesia ya, jadi untuk detailnya akan saya buatkan artikel khusus mengenai cara setting ongkir toko di Etsy. Intinya adalah tetapkan ongkir sesuai negaranya, apabila kalian mau detail tiap negara berbeda, jadi perhatikan pembagian US, Eropa, Asia (Zona 1,2,3). Kalau kalian gak mau repot mikir biaya ongkir yang beda beda di Etsy, maka pilih saja Everywhere Else dengan flat shipping price atau dipatok sama semua ongkirnya. Dengan catatan : jangan lupa perhatikan shipping fee dari Etsy, jadi etsy akan memotong biaya kirimmu sebesar 5% dari biaya ongkir itu. Perhatikan juga berat barang yang mungkin akan dibeli oleh pembelimu. Jadi misal kalian kasih flat $8 berarti kalian sudah mengira-ngira apabila pembeli kalian beli 10 barang sekalipun dari tokomu, tidak akan dipatok jauh ongkirnya dari $8. Karena semakin berat paket maka semakin mahal biaya kirimnya. Nah, kalau kalian rasa kemahalan nih, maka bebankan biaya ongkir ke harga barang, jadi saling melengkapi antara harga barang dan ongkir.

Yang terakhir, cek harga ongkir di Preview Shipping Cost dan cek penampilan listingmu lewat Preview.
Jika sudah benar klik Publish apabila sudah mantap dengan listingnya untuk dipublikasikan ke pada dunia, atau Save as draft jika belum mau dipublikasikan dulu.

YOU'RE DONE! Selamat listing anda telah terbit! Mungkin akan makan waktu selama beberapa hari agar listing/produkmu muncul di pencarian orang-orang, jadi sabar aja ya! Sekian tutorial Membuat Listing Produk Baru di Etsy, semoga membantu untuk para wirausahawan Indonesiaaa. Kalau ada pertanyaan bisa langsung komen di bawah :)

Komentar

  1. Haii kak, aku maubtanya. Untuk pengaturan ongkir. Saya melihat di pos indonesia ongkir ke luar memang sangat mahal (contoh saja ke US saya cek bisa mencapai 400k-an). Nah bagaimana mengakali untuk ongkirnya ya kak? Klo saya naikan harga barang takutnya nantinya mahal sekali. Terimakasih banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii, bener banget, sayangnya Indonesia masih belum terlalu mendukung ekspor lewat keringanan biaya pengiriman ke luar negeri :( jadi kalau kamu mau pakai fitur kirim yg bisa dilacak ya paling murah RLN. Semurah-murahnya tetep mahal sih. Kalau saya karena kirimnya barang recehan yg ringan jadi masih berani pakai prangko, jadi bisa lebih murah. Tapi kekurangannya ngga bisa dilacak, risiko hilang dan dapet buyer nakal, bilang blm sampe pdhl udah :(

      Hapus
    2. Solusinya cuma satu itu sih, membebankan biaya ongkir ke harga barang. Harga mahal menurutku bagi bule bule nggamasalah, karena mereka sangat menghargai barang handmade, yang pasti barangnya bisa seworth it harganya, terutama dilihat dari sebesar apa usaha & waktumu membuat barang itu

      Hapus
    3. Whh terimakasih banyak kak ...

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Salam kak, saya sudah input semua data listing saya menjual produk desain.Namun selalu muncul pop up berisikan ÈFill out all of the required blablablaÈ sudah saya cek satu persatu dan semua telah terisi. yang menjadi masalah di bagian inventory, bagaimana solusinya kakÉ Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inventorynya diisi bebas aja, kalau desain softfile 99 juga bisa. Masalahnya gimana?

      Hapus
  4. Haii ka salam kenal, ka boleh minta link toko kaka di etsy sebagai referensi :)

    BalasHapus
  5. Selamat Malam Lusia, saya ingin mengajukan penjelasan lagi biar semakin mantabh, hehe

    1. Apakah penggunaan VCC & VCC Etsy sampai saat ini tidak ada masalah?
    2. Bagaimana cara menghubungkan kartu debit dengan paypal,?
    3. Untuk pengiriman, manakah yg paling rekomendasi dan ramah bagi bule, tentunya juga murah?

    Mohon informasinya, Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saya nggak terlalu yakin ya, penyebab suspend ada byk faktor dan saya nggak menyalahkan VCC aja. Terakhir bantu temen buat akun pakai vcc itu setahun lalu. Saran saya mending pakai CC asli saja biar aman
      2. Di bagian settings ada kok 'rekening bank & kartu kredit'
      3. Kalau barangnya nggak mahal & nggak berat pakai prangko aja, murah meriah, (-)nya nggak bisa ditrack. Klo mau bs ditrack plg murah RLN, coba tanya tanya di kantor pos utk lebih lengkapnya

      Hapus
    2. Sebenarnya penyebab suspend yg paling fatal atau tidak bisa ditoleransi oleh etsy, dari yg ringan atau berat itu misalnya apa?

      Apakah punya temen yg pakai VCC dampai sekarang masih aman/sudah beralih ke CC legal. Mohon juga info rekomendasi beli VCC/VCCetsy. Tetima kasih atas respon dan informasinya.

      Hapus
    3. Penyebab suspend sendiri aja baru menebak-nebak kaak, apalagi menggolongkan ringan sampai berat. Yang tau hanya Etsy. Adaa, saya pakai VCC dan masih aman sampai sekarang puji Tuhan. Coba searching vcc murah di google. Pilih aja yg atas sendiri

      Hapus
    4. Okey, Terima kasih, atas saran dan informasinya

      Hapus
  6. Mas Mau Tanya Kalau Jualan Digital Tu. Cara Nya Gimana.. Apakah Kita Mengunggah Foto Nya Satu Saja, Atau Banyak, Untuk Do Download

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadu maaf saya blm pernah jual digital. Tp kebanyakan yg jual digital bilang klo setelah beli bisa dapat beberapa file, mungkin dibuat bentuk rar? Sudah coba upload?

      Hapus
  7. mau tanya dong, kenapa saya udah publish,.. tapi toko sama itemnya ga bisa di search,.. kenapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang kayak gitu kalau masih baru publish, nggak bisa langsung kedetect saat itu juga. Coba ditunggu beberapa hari, terus dicek lagi.

      Hapus
  8. kak, itu d listingnya kebanyakan mockup atau foto asli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mockup itu gimana yaa? Kalau saya sih foto asli. Saya jg menyarankan pakai foto asli. Soalnya takut kena razia etsy misal fotonya ngambil dari google/toko lain.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. hai kak mau tanya kalau setting shipping nya yang calculate otomatis gimana ya? ini dr kemaren cari2 di shipping profile gada pilihan calculating nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Calculating berdasar berat gitu ya maksudnya? Atau gimana? Setau saja etsy blm bisa ngira ngira shipping berdasarkan berat. Jadi adanya fixed price ongkir, tp tiap nambah barang ke keranjang belanja jg bisa nambahin ongkir. Jadi misal dia checkout 1 barang, ongkirnya 3$, trus dia mau nambah 1 barang lagi, km bisa tuh setting per 1 barang tambahan ongkirnya nambah 1$. Jadi klo dia nambah 3 barang berarti ongkirnya +3$. Total 6$

      Hapus
    2. calculating berdasar negara tujuan kak,.. tiap negara tarifnya pasti beda gt kan, soalnya kalau liat tutorial2 bule di yutup mreka bisa atur calculating gt di shipping profilnya tinggal klik aja, nah waktu kuliat di akun ku masa gada kolom itunya langsung fix price aja adanya :( masa etsy indo sama luar beda ya? harusnya sama kan.. kakak punya tips ga buat ongkir ini, soalnya kalo fix price agak susah juga ya krn kita gatau customer dr mana aja dan ongkirnya pasti beda2.. btw makasih sudah dibalas kak :D

      Hapus
    3. Oh berdasarkan negara bisa kok. Edit aja di shipping profile. Trus 'Add another location' disitu masukin aja satu satu negara negaranya. Tiap negara bisa beda beda ongkirnya

      Hapus
    4. ohh jadi kalo gitu memang harus masukin satu2 semua negara ya kak? gabisa ter calculate otomatis :( nnt dicoba dulu.. makasih kak

      Hapus
    5. mau tanya satu lagi kak, kalau nanti ada orderan biasanya alamatnya kita tulis/print biasa atau ada form tertentu dr etsy yang harus di print gitu kah kak? kayak yang ada barcode dkk nya gitu

      Hapus
    6. Iyaa harus masukin satu satu. Tp masukin aja negara yg paling sering beli biasanya US, Eropa. Nggak ada sih, biasa kayak kirim paket jne itu. Nama, alamat pembeli & pengirim

      Hapus
    7. brarti tulis alamat biasa gt ya kak? kalo liat bule2 banyak yg di print kayak ada barcodenya gitu, mungkin itu yg pake usps atau seller luar ya? trus nanti di fotoin aja atau kabarin ke customer kl udah dikirim gitu kah? ga pake input2 tracking number ya kak?

      Hapus
    8. Iya biasanya yg usps ada barcodenya. Kayak klo dikirim lwt jne gitu kan yg nempel barcode pihak ekspedisinya. Misal pakai pengiriman yg bisa ditrack ya dimasukin tracking numbernya waktu klik sudah dikirim. Oiya mau infoin aja pengiriman pakai prangko lagi ditutup selama covid. Jadi klo bisa pakai layanan kirim yg terlacak saja

      Hapus
    9. shipping profil dimana ya kak letaknya :(

      Hapus
    10. Atau bisa diedit di dalam listing produknya juga (di bawah sendiri pokoknya)

      Hapus
  12. Maaf ka mau nanya, itu kan biaya listingnya $ 0.2 itu berlaku untuk 1 produk saja ?? Dan selama 4 bulan ??
    Atau beberapa produk selama 4 bulan ?
    Batas banyaknya produk yang bisa dipublish berapa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya 0,2 itu per satu kali listing. Kalau ada buyer beli listing itu dan stoknya masih ada,otomatis ke-renew dan kena biaya listing lagi 0,2. Iya itu berlaku selama 4 bulan per produknya. Ngga ada batasan produk yg mau dipublish

      Hapus
  13. Hi kak, mau tanya. Tadi saya coba isi listing, setelah masuk shipping option kok shipping carrier nya gak ada pilihan ya. Kira2 kenapa ya kak? Apa indo diblock sama etsy gara2 covid?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau masukin shipping carriernya apa? Soalnya di saya masih bisa masukin pos indonesia. Memang klo indo cuma bisa pos indonesia aja. Tp klo mau lewat jasa ekspedisi di luar pos indonesia dapetnya tracking USPS

      Hapus
    2. Nah itu permasalahan nya kak, di shipping carrier hanya ada pilihan "other" yg tidak dapat dipilih. Saya coba cross check shipping origin sudah betul dari indo. Kira2 kenapa ya kak?

      Hapus
    3. Bisa kok itu other diklik trus nanti muncul pos indonesia, pos indonesia internasional, dll

      Hapus
  14. kak, cara menambah kategori produk di etsy dg harga yang berbeda itu gmn ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya variasi produk dalam 1 listing gitu ya? Kalau produk digital tidak bisa, cuma bisa utk produk fisik saja.

      Hapus
  15. kak mau tanya, bagaimana cara agar listing bisa "in stock" bukan "only 1 available", terutama di digital product

    terimakasih

    BalasHapus
  16. kak saya bingung, ini daftar paypal, saya pindain dana dari jenius ke e-card, eh malah gagal verifikasi abis itu udh gak bisa lagi dipake e-cardnya buat paypal.
    nah untuk etsy apakah mesti dipindah dananya ke e-card apa udah di saldo biasa aja?
    membingungkan banget jenius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau paypal harus aktifin saldo USD dulu lalu isi saldo dollarnya. Nanti kepotongnya lewat situ. Klo etsy setau saya nggak perlu diisi dulu tp utk jaga" topup aja ke ecardnya 50k.

      Hapus
  17. keren banget kakk, aku mau coba nihh. terima kasih kak tulisannya!

    BalasHapus
  18. Kak aq upload foto produk kok gagal terus ya? Padahal format foto udh bener .jpg , tp selalu muncul warning jd gagal terus, apa ada ukuran tertentu atau format tertentu untuk foto yg diupload ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sering gagal upload. Solusinya saya resize jadi lebih kecil. Saya lupa diresize jadi berapa.D forum ada yang nyaranin dibuat 1250x1000px. Jangan terlalu besar juga ukuran fotonya, klo mau cpt di bawah 1 mb.

      Hapus
  19. hallo, saya bingung cara nambahkan pilihan cetakan barangnya kak, apa ada triknya? punya orang2 bisa ada pilihan harga kalau mau ukuran A3 beda harga sama dengan yang A4 misalnya. mohon bantuannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lewat variasi yaa. Yang penting setting listingnya bukan digital tapi fisik. Kalau digital memang tidak bisa dibuat variasi jadi klo memang butuh variasi diubah saja jadi fisik, nanti kirim filenya manual tiap ada orderan dikirim ke email pembeli

      Hapus
    2. ada punya orang luar yang dia produk digital tapi bisa di buat variasi. apa ada trik? apa mungkin harus di buat fisik tapi kirim nya file digital?

      oh iya, listing saya ada beberapa. kenapa ga ada yang view minimal visit 🙏. padahal semua komponen sudah saya isi. SEO lumayan. masih bingung kenapa sepi. apa harus banget dongkrak pakai ADS?

      Hapus
    3. Iya betul. Harus dibuat fisik dulu, filenya dikirim manual lewat email pembeli.

      Sudah coba cek saingan? Biasanya klo saingannya banyak memang susah. Atau coba lihat listing yg mirip & paling populer, lalu dipelajari. Bisa juga dengan nge-favorit akun akun orang supaya mereka notice toko kita. Oiya promo lewat sosial media seperti facebook/instagram jg ckp membantu

      Hapus
    4. email pembeli via pesan etsy?

      ngefavorit? bukannya spam ya?

      Hapus
    5. Filenya dikirim lewat email, bukan convo. Email pembeli bisa dicek di notif pesanan etsy

      Enggak kok. Kalau saya dapat favorit nggak ngerasa spam. Pas awal-awal saya juga ngecekin akunnya yg ngefavorit toko/produk saya

      Hapus
    6. email pembeli? belum pernah liat belum pecah telur saya. hehe maaf...

      okedeh, bisa tuh nanti coba ngefavorit toko lain. makasih

      Hapus
  20. hallo, saya baru coba daftar etsy, untuk terima pembayaran dari buyer kok tidak ada paypal ya, apa langsung ke rekening bank lokal ya kak ?, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sudah tidak bisa pakai paypal sekarang. Semua seller Indonesia wajib pakai etsy payments yang nanti penghasilannya akan dikirim langsung ke rekening bank lokal dan otomatis langsung dikonversi ke rupiah.

      Hapus
  21. Hallo kak, saya maunanya. Kenapa akun etsy saya kalau di search pake akun teman saya tidak ada ya kak?? Tapi akun saya masih bisa saya akses. Apakah akun saya di suspend? Mohon bantuannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru balas. Kalau search nama toko di search bar memang susah, sering nggak nemu. Harusnya search nama produk toko kita. Produknya sudah lama ke-listingnya? Kalau baru listing memang butuh waktu supaya bisa masuk ke pencarian. Tp klo sudah lama harusnya ada, tp mungkin terkubur diantara produk saingan :''

      Hapus
  22. halo ka...sy sudah sampai tahap upload identitas diri...tapi setiap di klik gagal² trus...selalu kembali ke halaman awal lg...pdhl ukuran file KTP nya sdh kecil...knp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru balas. Saya sering dpt pertanyaan seperti ini juga tp blm nemu solusinya. Atau sudah solved? Sudah coba clear cache, ganti device, ganti koneksi, atau pakai vpn?

      Hapus
  23. Hallo kak saya mau bertanya, untuk pengiriman itu pas kita ke pos apa kita bayarin dulu pake uang sendiri ya kak untuk pengirimannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kan udah ada fixed price nya. Klo elu nya buat free shipping ya seller yg tanggung.

      Hapus
    2. Iya betul, kita talangi dulu waktu pengiriman. Uangnya nunggu cair. Dengan catatan tokonya nggak pasang free ongkir yaa

      Hapus
  24. Halo, saya mau masukkan harga tapi dalam bentuk rupiah. Kalau mau dirubah ke dollar bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Finances > currency. Diubah dulu di bagian settingnya kalau mau ganti dollar

      Hapus
  25. halo kak, kenapa ya sy input IDR 65.000 pas di preview munculnya malah IDR 6.500.000 hihi... help...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan pakai titik koma, tulis nominalnya saja.

      Hapus
  26. Ya ampun sis. 24 jam gw berkutat dgn shipping carrier, dsruh fix problem di "shipping" nya. Trus kgak nemu tuh pilihan Pos indonesia. Cuma muncul "Other" cape scrol2 atau refresh jg gk nongol2. Ada solusi gk. Thank in advanced

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini waktu mau konfirmasi paket terkirim? Saya dulu malah sering pakai layanan yg nggak bisa ditracking jadi pilih shipping carriernya other. Kalau nggak ada juga gakpapa tp ditambah notes utk buyernya, ini tracking numbernya bisa di track di website blabla.

      Hapus
    2. bukan konfirmasi paket terkirim mba, tpi mau create listing. sya kan baru niih. mau buat listing. tapi ada kendala di kategori 'shipping' nya. gk bisa di next klo blum pas smua. emang bisa pake 'other' ya klo expedisinya.?
      trus delivery time nya kotak kiri kanan di isi brpa klo di 'evrywhre else.
      Thank in advanced Lusia

      Hapus
    3. ini juga kejadian skrg di saya, dan belum nemu juga solusinya

      Hapus
  27. Kak saya sudah listing tapi kenapa cost to ship masih free ya

    BalasHapus
  28. Makasih banyak ya ka.. Artikelnya sangat bantu aku.. Semua sudah oke.. Tapi pas aku mau verifikasi yg terakhir kan ada di minta kirim kode lewat hp atau sms. Tapi pas dicari pilihan negaranya, ga ada Indonesia.. Aku jadi bingung, mohon bantuannya ya kaka cantik yg baik hati.. :) terima kasihh

    BalasHapus
  29. kak kenapa kok ada tulisan "Listings with domestic & global pricing cannot have a shipping profile with this origin country. "

    aq jualan file digital

    BalasHapus
  30. Hallo... makasih atas ulasannya...
    mau tanya boleh ya..
    Adakah yang pernah tokonya tiba2 mode vacation on, dan tidak ada pilihan off nya..
    kalo ada solusi nya tolong kabari ya..

    suwun :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m