Langsung ke konten utama

Pengalaman Akun Suspended dan Deactivated

Halo semuanya, biasanya saya share tips trik tutorial berdasarkan sumber Handbook Seller Etsy. Nah kali ini beda, karena saya akan share tips dan trik dari orang yang mengalami langsung. Jadi ini real dan terbukti work. Pengalaman yang akan kita baca ini adalah kasus yang sangat sering ditemui seller Etsy yaitu akun Etsy tiba-tiba kena suspend dan dinonaktifkan. Kak Claudia Angelina akan bercerita pengalaman akun Etsynya kena suspend sampai berhasil membuka kembali akunnya. Gimana caranya? Yuk langsung aja kita baca dari sudut pandang kak Claudia.

----

Ini pengalaman saya sendiri. Berhubung beberapa orang pada tanya ke saya gimana caranya balikin akun yang kesuspend atau yang deactivated, saya mau share caranya :

  • Saya selalu kirim email ke integrity@etsy.com setiap hari satu kali. Memang susah dapat balesan dari Etsy, tapi suatu ketika saya iseng kirim email subuh-subuh gitu dan langsung dibales oleh pihak Etsy.
  • Saya juga selalu kirim email ke Etsy Support di web nya. Mengisi alamat email saya dan menjelaskan keluhan saya beserta kronologi sebelum disuspend gimana.
  • Kalau menurut saya jangan chat live CS Etsy. Kebanyakan jawaban dari mereka memutus hubungan kerjasama dan kita tidak bisa jualan lagi di Etsy.
  • Saya tidak berani gegabah bikin akun baru. Kenapa? Karena pasti akan otomatis kesuspend juga. Mungkin beberapa orang ada yang berhasil membuat akun kedua, tapi saya tidak ingin mengambil resiko. Masalah pertama harus saya selesaikan dulu.
  • Selalu sabar, tetap berusaha, dan banyak-banyakin berdoa.
Satu kali akun saya suspended dan satu kali akun saya deactivated. Jujur, saya sempet ngrasa putus asa dan nyerah buat jualan di Etsy, tapi saya coba dulu aja deh buat perjuangin hehe. Yang pertama kesuspend itu saya nunggu seminggu baru balik akun saya. Terus yang kedua itu, saya nunggu dua mingguan dan alhamdulillah akun saya balik lagi hehe.

Alasan kenapa akun saya bisa disuspend atau deactivated?? Saya juga tidak tahu bisa suspended atau deactivated. Semua terjadi secara tiba-tiba dan tanpa alasan atau pemberitahuan. Balasan email dari pihak Etsy sih karna sistem error. Dan saya baca-baca kasus di grup Etsy lain, kebanyakan seller baru pasti akunnya deactivated. Tidak semua sih, tapi kebanyakan seperti itu.
Ini saya lampirin isi email saya ke Etsy seperti apa. Intinya saya jelasin problem saya dan butuh akun saya balik lagi. Dan saya juga lampirin percakapan chat live dengan CS Etsy kayak gimana.


Cara saya di atas juga tidak terlalu menjamin, tapi boleh dicoba. Semoga membantu  
Good luck!  

Komentar

  1. Waah informasi yang sangat menarik kak!
    btw, ada yg ingin saya tanyakan. Bagaimana kalo toko & listing not visible in search result, tapi masih bisa akses shop manager? De-indexed, as many people said. Saya seller baru 1 bulan, produk tidak melanggar policy, dan saya rasa tidak melakukan aktivitas yg mencurigakan juga. Terimakasih sudah sharing ilmunya kak :) akan saya coba cara kakak email integrity & di web nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sering cari produk saya di search juga seringan nggak nemu :') entah tenggelam dalam lautan produk saingan ditambah banyak yg ngiklan. Not visiblenya itu tau darimana ya? Dengan coba search sendiri? Biasanya kalau di awal awal memang blm muncul di search, masih perkenalan dulu. Coba di search di device berbeda mungkin?

      Hapus
  2. Akun Etsy baru saya juga kena " has been deactevated" sudah berjalan satu bulan, sudah ada 47 listing dan sdh ada beberapa penjualan yg sudah laku, apa masih bisa akun saya di kembalikan? krena jujur saya jg frustasi. Barangkali ada solusi kak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m