Langsung ke konten utama

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita. 

Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beberapa informasi yang harus dimasukan, yaitu Bank name, Full name on account, Bank code, Branch code hingga alamat bank. Pasti kalian yang baru saja berniat belajar untuk berjualan di Etsy kebingungan, apa itu Bank code? Apa itu Branch code?

Dalam prakteknya Etsy Payment mengidentifikasi bank berdasarkan negara tertuju lalu dikerucutkan pengidentifikasinya dengan Bank Code dan ditambah Branch Code sebagai verifikasi identitas asal bank. Bagaimana caranya mengetahui Bank Code dan Branch Code ? Mudahnya Bank Code dapat dicari melalui Search Engine Google sebagai contoh ; Ketiklah pencarian 'bank code Mandiri' di search engine Google, akan tertera bahwa Bank Code Mandiri ialah 008 (berikut juga Bank code BRI 002 dan BTN 200.


Lalu bagaimana cara mengetahui Branch Code bank kita, bukankah setiap bank memiliki banyak cabang, berarti setiap cabang memiliki kode yang berbeda beda dong? Caranya yaitu dengan menghubungi call center dari setiap masing-masing bank yang kita miliki.

Walaupun mudah menghubungi call center tetapi disini memiliki kekurangan, setiap call center memiliki waktu atau jam kerja masing-masing dan membatasi kita untuk segera mengetahui branch code bank yang kita miliki, dan lagi ada beberapa kasus cabang bank yang kita miliki tidak memiliki Branch Code. Lalu bagaimana caranya agar cepat dan pasti untuk mendapatkan Branch Code bank kita? Pernah sesekali membaca di forum Reddit (tetapi maaf saya tidak bisa mencantumkan sumber karena ketika saya cari tidak bisa menemukan postingan dari Reddit tersebut), ada seller dari India memiliki kasus bank asal daerah rumahnya tidak memiliki Branch Code dan menanyakan solusi perihal permasalahan tersebut di forum. Kemudian ada seseorang yang menjawab “bila tidak ada Branch Code bank, kamu bisa menggunakan Branch Code dari bank pusat yang kamu miliki”. Jadi kita bisa menggunakan Branch Code dari bank pusat

Untuk menemukan branch code pusat, saya merekomendasikan menggunakan Paypal. Dalam segi pengalaman transaksi Paypal jauh lebih berpengalaman daripada Etsy, karena Paypal memiliki database setiap bank di seluruh dunia dari hasil input setiap penggunanya dalam berhasilnya withdraw dari Paypal ke bank para penggunanya. Jadi saya merekomendasikan Paypal dalam mencari Bank Code dan Branch Code.

Cara mencari Bank Code dan Branch Code dari Paypal :

  1. Login ke Paypal
  2. Klik menu Wallet
  3. Hubungkan Bank
  4. Pada kolom “Nama Bank” ketik bank yang ingin cari.
  5. Karena disini saya mencari Bank Mandiri sebagai contoh, saya akan mencari informasi tentang Bank Mandiri

Dari sini didapatkan kombinasi angka 0080606, yang bila diuraikan bahwa 008 adalah Bank Code dan 0606 adalah Branch Code.
Dan ini untuk BTPN Jenius, 213 adalah Bank Code dan 0101 adalah Branch Code


Trik ini 100% berhasil digunakan untuk registrasi dan withdraw di Etsy Payment, saya sudah menggunakan trik ini sejak awal tahun 2021. Saya menggunakan trik ini pada bank Mandiri dan BTPN Jenius milik saya.

Ini Testimonial dari akun saya :

NOTE :
Cara ini tidak berlaku pada Bank OCBC NISP, saya sudah test 5x dengan memakai trik ini atau sampai bertanya ke Call Center, uang saya selalu kembali ke Etsy. Tidak tahu alasannya seperti apa, tapi saya tidak merekomendasikan ini.

Bagi yang belum mendaftar Etsy & mau memulai semuanya di Etsy secara gratis (tanpa bayar biaya listing) bisa daftar lewat LINK INI (gratis 40x biaya listing)

Penulis : Rezadstorm

Komentar

  1. haii, aku baru mau buka toko di etsy. kalo dari bank mandiri pake branch code dari paypal itu uang hasil jualannya masuk ke paypal atau langsung ke rekening bank mandiri kita? makasih yaa

    BalasHapus
  2. Terima kasih trik nya. Alhamdulillah, akhirnya bisa connect Etsy Payment ke Rekening saya.

    BalasHapus
  3. Trimakasih banyak infonya, sempat bingung cari-cari kode banknya, Alhamdulilah nemu jawabannya di sini.

    BalasHapus
  4. hai kak mau tanya aku kan pake bank jago, aku pernah tanya sama pihak bank jago bahwasannya mereka tidak memiliki branch code, jadi bagaimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab kak, setau saya bank jago merupakan bank digital. jadi mungkin beda, kalo jneius kan masih dimiliki BTPN yang ada bank fisiknya. CMIIW

      Hapus
  5. haloooo, terimakasih saya nemu postingan ini. Akhirnya bisa masukin rekening jenius ke akun Etsy berkat postingan ini.

    BalasHapus
  6. tahun 2023 ini, saya coba pake cara ini tetap ga bisaa kak.. T_T

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m