Langsung ke konten utama

7 Tips Memilih Foto Produk yang Menarik Pembeli di Etsy

Foto produk adalah hal yang amat krusial dalam berjualan di etsy, tidak hanya di etsy sih, di semua platform jualan juga penting.
Tips memilih foto produk yang tepat untuk toko etsymu ialah

1. Pelajari kompetitor
Langkah awal dalam memilih foto yang tepat untuk toko etsymu adalah dengan mempelajari dari toko yang mirip / memiliki jenis produk yang sama dengan kita. Pilihlah toko yang sudah memiliki penjualan yang tinggi / review yang banyak, itu artinya foto produk mereka sudah terbukti sukses menggaet pembeli. Pelajari bagaimana cara mereka mengambil foto, dari sudut mana saja, apa saja yang harus ditampilkan, apakah menggunakan model atau tidak. Sebenarnya, kalau kalian sukses survey beberapa toko, kalian tidak perlu lagi tips tips selanjutnya, karena kalian sudah bercermin dari toko yang jelas sudah berhasil.

2. Tepat sasaran

Dalam arti buatlah produkmu mencolok di foto itu. Jadi kalaupun produk kalian difoto dengan beberapa benda pelengkap lain, produk kalian tetap steal the spotlight. Jadi pembeli langsung paham mana barang jualan yang dimaksud. Saran saya, gunakan background putih kecuali kalau produkmu warna putih ya sebaliknya, gunakan backround yang gelap tentunya dengan pencahayaan yang baik. Jangan biarkan warna produk di fotomu bersaing dengan warna barang-barang pendukung lainnya.

3. Berikan foto yang menunjukkan bagaimana penggunaan produkmu



Misal kalian jual kalung. Ya berikan foto kalungmu ada di leher seorang model, atau kalian jual lukisan ya berikan penggambaran lukisan kalian ada di dalam figura dan tergantung di suatu ruangan, atauuu kalian jual alat tulis handmade, ya berikan foto (biasanya flatlay) disaat alat tulismu dipakai bersama dengan yang lain.

4. Berikan penggambaran real mengenai ukuran produkmu

Ini sangat penting, karena apabila tidak ada foto perbandingan ukuran produk yang setidaknya bisa dibayangkan oleh semua orang, maka risiko akan ada protes dari pembeli yang mungkin tidak paham dengan ukuran produkmu.

Loh kan udah saya tampilin di deskripsi ukuran lengkapnya?
Yaps, tidak semua orang sejeli itu saat membeli, bisa aja dia lagi malas baca-baca deskripsi produk, karena dia crazy rich jadi main asal add to cart aja tanpa memahami produkmu. Karena setau saya, untuk melihat deskripsi produk secara lengkap, harus klik semacam read more. Jadi kalau dia benar-benar males, yah semoga saja produkmu sesuai yang dia ingkinkan. Maka dari itu perlu 'menunjukkan' ukuran dalam foto. Yah kalau kalian males edit edit foto, cukup sandingkan produk kalian dengan benda lain yang familiar sebagai pembanding. Misalnya, kalian jual dompet handmade, fotolah dompetmu bersama dengan benda lain yang familiar seperti contohnya uang, buku, alat tulis, atau tangan model.

5. Berikan semua sudut produkmu

Langkah ini lebih ke memberikan detail kepada calon pembeli agar tidak ada point yang terlewat seputar produkmu. Berikan foto produk secara close up dengan high resolution. Misal jual buku/note handmade, maka berikan foto isi buku (apakah bergaris, grid, dotted, atau blank), sudut buku (apakah lancip atau sedikit melengkung), halaman awal buku (apakah dilengkapi kalender), dsb.

6. Tunjukkan hal unik dari produkmu

Misal kalian jual boneka di etsy. Katakan saja boneka tersebut bisa berubah warna, ya tampilkan foto perbandingan boneka sebelum dan sesudah berubah warna. Atau, kalian jual jam tangan handmade di etsy. Katakan saja jam tangan tersebut tahan air, ya berikan foto ketika jam tersebut dicelupkan ke dalam air.

7. Berikanlah penggambaran semua variasi produkmu

Hal ini berlaku apabila kalian memiliki beberapa jenis pilihan produk, seperti contohnya variasi bahan produk, variasi warna produk, variasi ukuran produk, variasi style produk. Sebisa mungkin tunjukkan perbedaan antar produk dengan jenis yang berbeda sesuai variasi yang kalian tawarkan. Misal, variasimu adalah dalam ukuran. Ya jejerkan semua produkmu dengan variasi berbeda. Atau variasimu adalah dalam bentuk bahan, tunjukkan semua produkmu dengan bahan yang berbeda.

Itu dia 7 tips memilih foto produk untuk jualan di Etsy. Sebenarnya pengetahuan dasar semuanya, tapi sangat penting untuk kelangsungan hidup tokomu. Karena yang pertama dilirik pembeli adalah dari foto, kalau bagus ya di-klik kalau enggak menarik ya lewatin. Bukan begitu ibu-ibu? Hehe (biasanya ibu ibu yang paling paham nih soal belaja).
Oke, kalau ada yang punya tips lain bisa sharing sharing saja di kolom komentar. Mari saling berbagi ilmu!

Komentar

  1. Hi kak mau tanya, saya pernah upload foto shiping. Tapi ada tanda serunya. Itu kenapa ya ? Apa ada batasan ukuran gambar ?. Trimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m