Langsung ke konten utama

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees. Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma!

Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja.

Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam :

1. Biaya Listing Produk (Listing Fees)

2. Biaya Transaksi (Transaction Fees) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di negara ini)

3. Biaya Pemrosesan Pembayaran (Payment Processing Fees) - untuk yang memakai Etsy Payments

4. Biaya VAT (Value Added-Tax) - wajib untuk pengguna Etsy Payments 

5. Deposit Fees - wajib untuk pengguna Etsy Payments 

Biaya-biaya lain :

6. Biaya Iklan (Etsy Ads Fees)

7. Conversion Fee (Biaya Konversi)

8. Biaya jika kalian menggunakan layanan Pattern dari Etsy.

Oke sampai sini paham ya, jadi biayanya enggak sesimpel Syopi atau Tokped. Mari kita bedah satu-satu.

1. Listing Fees

Listing Fees adalah biaya 'sewa lapak 1 produk' alias biaya yang kita keluarkan apabila kita mengupload 1 produk/judul di Etsy. 

Listing Fees adalah 0,2$ per listing/4 bulan. 

Jadi misal kalian baru buka toko, langsung upload 5 listing, maka listing fees yang harus kalian bayarkan di awal adalah 

5 x 0,2$ = 1$. 

Nah kalau sudah bayar listing fees ini maka 5 produk kalian tadi akan AKTIF tayang di Etsy selama 4 bulan. Mau laku, mau enggak, Etsy nggak peduli kalian tetap harus bayar listing. Setelah 4 bulan sewa habis, jika ingin memperpanjang sewa listing di Etsy maka kalian harus kembali renew / memperbarui kembali listing kalian dengan membayar 0,2$ / listing.

Tapi untuk seller baru yang belum mendaftarkan tokonya di Etsy SELAMAT! Kalian berkesempatan untuk menghemat biaya listing dengan mendaftar Etsy melalui LINK INI. Jika mendaftar lewat link itu/link referral maka setelah membuka toko kalian tidak harus langsung membayar biaya listing karena akan diberi FREE 40x LISTING yang setara dengan 8$. Lumayan kan? Daripada harus membayar listing tapi tidak yakin produknya akan cepat laku atau tidak.

Yang perlu diperhatikan :

- Listing fee akan otomatis dibebankan ke seller apabila ada ada barang yang laku. Jadi nggak hanya dibayar di awal saat membuat listing, namun juga dibebankan apabila ada barang yg sold. JIKA, stok barangnya lebih dari 1. Biaya ini biasa disebut AUTO-RENEW SOLD

- Ada juga MULTI-QUANTITY LISTING FEES artinya jika ada buyer yang membeli 2 barang dalam 1 listing maka auto-renew soldnya juga dikalikan jumlah barang.

- Listing bisa diatur renew otomatis atau manual. Otomatis artinya kalian tidak perlu klik renew untuk memperpanjang sewa lapaknya jadi otomatis diperpanjang oleh Etsy jadi listing akan terus ACTIVE walaupun sudah lewat 4 bulan. Manual artinya jika waktu sewa 4 bulan sudah habis maka listing akan masuk ke kategori barang EXPIRED dan butuh renew secara manual. Lebih aman jika disetting manual agar bisa direview lagi per 4 bulan apakah produk tersebut menguntungkan dan masih layak tayang di Etsy atau tidak.


2. Transaction Fees

Biaya ini hanya akan dibebankan apabila ada barang yang SOLD atau terjual. Biaya transaksi dibagi menjadi :

a. Shipping Transaction Fee = 5% dari total biaya ongkir. Biaya ini tidak dibebankan jika :

    - Toko kalian free ongkir

    - Toko kalian jual barang digital yang tidak perlu kirim-kirim barang fisik

b. Transaction Fee = 5% dari total harga produk+biaya bungkus jika ada. Apabila toko kalian menggunakan pattern etsy maka ada biaya transaksi tambahan khusus pattern.

3. Payment Processing Fees

Biaya ini biasanya yang bikin kaget, karena biaya ini otomatis terpotong sebelum masuk ke deposit kita. Itulah kenapa uang yang masuk ke deposit kita nilainya tidak sebesar nilai total yang dibayarkan buyer karena sudah terpotong processing fees ini. Biaya ini hanya dibebankan apabila kalian mendapatkan penjualan.

Processing fees untuk seller Indonesia =

4,5% dari total yang dibayarkan pembeli + Rp 7000

Biaya ini bervariasi tergantung dimana asal negara si seller. Daftarnya biaya Processing Fees tiap negara bisa dilihat DISINI.

4. VAT

Singkatnya VAT atau Value Added-Tax adalah pajak. Buyer dan seller, keduanya dibebankan biaya VAT ini. VAT untuk buyer akan dibebankan ke buyer di luar harga barang. Detail lengkapnya bisa dilihat DISINI. VAT untuk seller dibebankan ke Processing Fee, Shipping Fee, Transaction Fee, Renew Listing Fee, Ads Fee. Detailnya sebagai berikut :

- VAT Processing Fee = 10% dari Processing Fee

- VAT Transaction Fee = 10% dari Transaction Fee

- VAT Shipping Fee = 10% dari Shipping Fee

- VAT Renew-listing Fee = 10% dari Listing Fee = 0,02$ 

- VAT Deposit Fee = 10% dari Deposit Fee = Rp 2.800

- VAT Etsy Ads Fee = 10% dari Etsy Ads Fee

Intinya VAT itu adalah biaya tambahan dari biaya yang sudah kalian bayarkan (biayaception wkwk).

5. Deposit Fees

Deposit Fee ini adalah biaya yang dibebankan saat kalian mencairkan hasil penjualan ke rekening bank. Biaya ini akan dibebankan apabila uang kalian di atas deposit minimum (Rp 28.000) dan di bawah fee threshold (Rp 1.400.000). Jika uang di deposit kalian dibawah 1,4 juta maka ketika sampai rekening bank, uangnya akan dipotong lagi Deposit Fees.

Deposit fees untuk Indonesia = Rp 28.000 + VAT Deposit Fee ( Rp 2.800) = Rp 30.800

Biaya deposit untuk seller di negara lain biasa dilihat DISINI.

Perlu diperhatikan :

- Kalian bisa mengatur waktu pencairan hasil penjualan kalian (per hari / per minggu / per bulan ). Akan lebih aman apabila hasil penjualan per hari/minggu di bawah 1,4 juta baiknya disetting per bulan saja agar tidak kena potongan 30.800 rupiah tiap pencairan.

6. Etsy Ads Fee

Biaya Etsy Ads hanya dibebankan jika kalian mengaktifkan fitur iklan di Etsy. Ada 2 jenis iklan :

a. Offsite Ads 

Ulasan lengkapnya bisa kalian lihat langsung DISINI. Offsite Ads adalah layanan iklan di luar Etsy. Jika mengaktifkan fitur ini produk kalian akan diiklankan oleh Etsy di google dan social media seperti facebook, pinterest, instagram, bing. Keuntungannya kalian TIDAK AKAN dikenakan biaya JIKA TIDAK ADA BARANG YANG LAKU. Kalian hanya akan membayar biaya ini apabila ada penjualan dari hasil klik offsite ads oleh buyer. Biayanya tergantung pendapatan kalian / tahun :

- Jika penghasilan Etsy < $10.000 USD /tahun = 12% x hasil penjualan dari iklan + VAT

- Jika penghasilan Etsy > $10.000 USD /tahun = 15% x hasil penjualan dari iklan + VAT

b. Etsy Ads

Ulasan lengkapnya bisa kalian lihat langsung DISINI. Etsy Ads adalah layanan iklan di dalam Etsy. Jika mengaktifkan fitur ini biasanya produk akan muncul di halaman 1 pencarian kategori terkait. Misal produknya adalah boneka rajut. Apabila ada calon buyer yang mencari 'boneka rajut' di pencarian, produk kalian akan muncul di halaman pertama dan ada label 'Ads'. 

Biaya Etsy Ads ini tergantung pengaturan budget iklan yang kalian inginkan. Minimal biaya iklan per hari $1 USD.

Keuntungan dari fitur iklan ini adalah bisa mengatur biaya iklan sesuai budget yang kita miliki.

7. Conversion Fee

Biaya ini hanya akan dibebankan kepada toko yang setting currency atau mata uangnya selain IDR / rupiah. Conversion Fee juga otomatis dipotong saat kita menerima order. Bisa dicek di Finances > Payment Settings > Currency. Ubah mata uang toko jadi IDR apabila tidak mau kena biaya ini. Istilahnya ini adalah biaya lelah Etsy mengubah mata uang bule ke mata uang kita. 

Conversion Fee = 2,5% dari total yang dibayarkan buyer

RANGKUMAN

Tiap 1 produk yang terjual biayanya adalah =

- Processing Fee = (4.5% x total yg dibayarkan buyer) + Rp 7.000

- Transaction Fee = 5% x harga produk/jasa

- Shipping Fee = 5% x biaya kirim

- VAT Processing = 10% x Processing Fee

- VAT Transaction = 10% x Transaction Fee

- VAT Shipping = 10% x Shipping Fee

- Conversion Fee = 2.5% x (harga produk/jasa + biaya kirim). Jika mata uang selain IDR

- Renew Listing = USD 0.2

- VAT Renew Listing = USD 0.02

- Offite Ads = 12% x total yg dibayarkan buyer. Jika hasil penjualan dari offsite ads

Okeee selesai! Gimana? Sudah pusing? Tapi jangan takut teman-teman. Memang biaya di atas kelihatan sangat banyak. Namun apabila kita lihat lagi, kurang lebih biayanya 13,5 - 14% dari total harga (harga barang + shipping). Jadi jika kalian mau setting harga, lebihkan saja harganya 15% dari harga normal untuk mencover biaya-biaya tadi sehingga kita tetap untung.

Untuk mempermudah perhitungan saya akan bagikan Etsy Fees Calculator buatan kak Fatma Nabilla.

Silakan didownload dengan KLIK DISINI.

Semoga membantu!

Komentar

  1. Hai ka lusiana, aku mau tanya lagi hehe. Klo menurut kaka lebih baik pilih etsy ads, offsite ads, atau pilih jd seller premium etsy supaya naikin penjualan?

    Makasih banyak sebelumnya infonya sangt bermanfaat 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo. Jujur saya sendiri blm pernah cobain fitur ads di etsy. Menurut saya kalau harga brgnya ngga trll receh bisa dicoba offsite ads, lumayan dpt iklan sampai ke google & sosmed, yg penting potongan 12-15% tetep untung. Klo hrg terlalu murah agak rugi krn potongannya gede. Sejauh ini saya baca utk etsy ads testimoninya lebih byk yg kurang puas drpd yg puas. Tp tergantung produknya sih, klo produknya menjual terutama foto & ada budget harian bisa dicoba. Saya kurang tau klo seller premium etsy. Sebenernya ads ini trial & error juga lihat mana yg paling work, nyalain di hari apa, kasih budget berapa, harus dicoba sendiri. Menurut saya begitu

      Hapus
  2. Iya ka, saya pgn naikin penjualan soalnya udh setaun buka tapi penjualan baru 1 hehe.
    Makasih banyak ka infonya bermanfaat banget buat aku yg kurang paham 🙏
    Semoga kebaikan ka Lusi dibalas Tuhan & sukses terus ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh kalau gitu dicoba aja, siapa tau memang kuncinya di ads. Jangan lupa promosi mandiri lewat sosial media seperti facebook, twitter, atau pinterest, cukup membantu. Aminnn, semangaatt juga yaa jualannya & semoga cepet dapet sales 😊

      Hapus
  3. Hi ka, mau tanya. Kalau yang masalah biaya ongkir itu gimana ya ka? Makasih sebelumnya kak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau produknya fisik & harus ada ongkir nanti etsy narik 5% dari ongkir itu sendiri + VAT dari 5%nya itu. Jadi klo bisa naikin nilai ongkirnya dari nilai aktual, krn pasti kepotong buat Etsy

      Hapus
  4. Kak gimana cara menentukan ongkir per negara? Apakah kita cek dulu ongkir masing-masing negara dari indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, harus dicek masing masing negara biar nggak rugi. Setting bagian shipping memang harus sabar krn harus satu-satu. Kecuali mau flat ongkir seluruh negara

      Hapus
    2. hai kak, cara ceknya gimana ya? mohon bantuannya, trimakasih☺️

      Hapus
    3. Ceknya disini yaa https://tnt.posindonesia.co.id/?k=z7t6PCgrBVFPXIQ2Y7pfBIsIL2sAUFgJKvphLRBRiPc=

      Hapus
  5. Haloo.. Gw baru jualan di etsy november 2020, penjualan lumayan, sampe hari ini tgl.16 januari 2021 total balance menghampiri 20jt. tpi yang bikin ngenes, omset segede itu bukannya untung malah buntung. Biaya pemotongannya sangat tinggi gilakk, menghampiri 50%..
    Anehnya ketika kita cancel, semua biaya refund di bebankan ke kita secara full, padahal ud dipotong stengahnya.
    Kronologis nya "harga item gw Rp.1,2jt, yg cair cuman 600rb sekian sekian., gk nyampe 700rb... Brartikan bener dong hampir 50% yg kepotong.
    Terus karna gw merasa itu gk sehat, makanya gw cancel dan melakukan refund. Dan yapp.. Gw harus balikin 1,2jt full ditambah biaya pajak, plus plus dll, yg kalau di total2 hampir 3jt. saking banyaknya pemotongan, gw ampe pusing ngeliatnya. Jadi intinya gw tekor berkali-kali, dan gak sedikit. Ud coba komplain, tapi percuma..
    Coba di evaluasi mba, problemnya dimna??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga item 1,2 juta. Itu profit bersih berapa? Modalnya berapa? Harga sudah dilebihkan utk nutup biaya biaya etsy atau belum? Pakai iklan atau enggak jualannya? Coba dicek offsite adsnya di etsy nyala atau enggak. Krn paling gede potongannya dari situ. Krn offisite ads itu auto nyala dan akan nyala terus kecuali kita matiin. Bisa dilihat rincian potongannya lewat finances (buka lewat komputer/laptop lebih lengkap tampilannya. Disitu bisa dicek potongan apa yg paling gede? Apakah ongkir? Krn fee ongkir sendiri udh 5%. Klo ongkirnya mahal wajar potongannya gede. Mata uang tokonya pakai apa? Kalau US bakal kena lagi biaya konversi. Saran saya pelajari lagi bagian finances disitu ada rincian uangnya kepotong utk apa saja. Memang etsy itu feenya tinggi, jadi kita jg harus pinter pinter ngakalinnya

      Hapus
    2. Ijin bertanya untuk mengetahui mata uang toko kita itu bagaimana ya? Apakah bisa diganti? Dan sebaiknya pakai mata uang apa?

      Hapus
  6. Kak mau nanya setting mata uang buat jualan di etsy lebih baik pakai usd atau idr, kebetulan saya juga pakai e card jenius kayak kakaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya settingnya di idr karena nggak mau kena fee konversi usd ke idr lagi :D

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. ka, ada kontak untuk konsultasi etsy ga? cara menetapkan minumum orser baru dapat free ongkir gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marketing > New special offer > Run a sale > I‘d like to offer shoppers... Free standard shipping
      Disitu bisa disetting minimal pembelian berapa baru bisa dapat free ongkir

      Contact etsy bisa kesini : https://help.etsy.com/hc/en-us/requests/new?segment=selling

      Hapus
  9. Kak mau tanya, biaya shipping kita yang tanggung yah? di calculator mengapa untuk menghitung profit, dikurangi biaya shipping?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Profit yg disini memang untung bersih yang didapat di luar biaya shipping. Kalau shipping tetap dibayar oleh buyer tapi kan dari total yg dibayar buyer masih kena % biaya shipping (+vat shipping) juga dari etsynya. Nah setelah itu hasil akhirnya dikurangi dari biaya biaya lain termasuk ongkir

      Hapus
  10. kak untuk penjualan digital berarti pemotongan harganya untukk apa saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja cuma nggak pakai ongkir & biaya ongkir + vat ongkir

      Hapus
  11. Klo tagihan listing tidak pernah dibayar dan semua produk sudah kita hapus resikonya apa mbak?

    BalasHapus
  12. kak mau tanya, di etsi (finance) jika barang terjual, di kolom samping kanan ada biaya processing tp di samping kanannya lagi (net- samping kiri balance) hasil pengurangannya kok tidak sama ya kak, nah mohon penjelasannya yang menyebabkan tidak sama kenapa kak, terima kasih sebelumnya kak 😊

    BalasHapus

  13. Hii..salam kenal semua pejuang etsy..🥰semoga kalian sehat dan sukses sll..
    Sy gabung di etsy sejak 2014,tp blom pernah listing,krn kepikiran biaya dan pengirimannya yg agak belibet..
    Oo pantas ya..bnykan yg jual tutorial pdf nya drpd fisik..shipping nya mahal..
    Btw

    BalasHapus
  14. Kak jadinya jenius btpn termasuk debit atau cc

    BalasHapus
    Balasan
    1. debit kak, tapi cardnya sudah ada label VISA jadi bisa buat billing di etsy

      Hapus
  15. Halo semua, salam kenal ya
    Saya baru daftar di etsy, cuma belum pnya pengalaman jualan, listing harus byr, kalau ga laku nyesek jg.
    Mohon bantuan dong klik link ini spya bisa dpt free 40 listing. Yg klik jg bakalan dapat.
    https://etsy.me/31oQiAu

    Makasih semuaa

    BalasHapus
  16. Hi Terima kasih infonya! Aku ada pertanyaan, jadi aku mau masuk ke market luar negeri khususnya Amerika Serikat, kalau untuk penyetingan currency itu lebih baik IDR atau USD ya? terus kalo settingnya IDR apa tetap bisa muncul di pasar luar Indonesia dengan harga USD atau gimana? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya masalah yang sama. Saya mau jual produk digital template yang lebih besar marketnya di US, dan kemungkinan besar algoritma toko kita akan lebih bagus kalau lokasi di set US. Tapi TOS Etsy mengatakan semua data akun kita harus akurat. Takut nanti kena banned, jadinya saya setting lokasinya Indo saja.

      Mau coba setahun dulu, kalau penjualan ngga bagus, saya akan fokus ke gumroad atau envato saja.

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Kak, link untuk ke etsy fee calculatornya ga bisa. Bisa tolong kasih linknya mau buat setting harga buat produkku nanti. Makasih kak :)

    BalasHapus
  19. Hai Ka... mau tanya. saya ada first buyer di etsy. dan buyer sudah bayar semua biaya shippingnya juga. tapi kenapa yg masuk di pendapatan saya hanya harga jual barang. untuk biaya shippingnya kemana ya? kan yg bayar ke pos nya ditalangin dulu penjual.
    Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m