Langsung ke konten utama

Kenapa Harus Etsy? Keuntungan jualan di Etsy dibanding Marketplace Lain!

Mungkin ada di antara teman-teman disini yang bingung menentukan pilihan marketplace apa yang mau dijadikan lapak jualan. Disini saya akan memperkuat keputusan kalian untuk berjualan di Etsy. 
Yaah, walaupun nggak dikasih sepeserpun sama Etsy tapi paling nggak saya ikut berkontribusi dengan cara menyemangati teman-teman semua untuk berkarya. Dengan begitu kan secara tidak langsung terjadi peningkatan ekspor, nama Indonesia makin dikenal karena ke-kreatifannya. Jadi, kalau kalian punya bakat kenapa tidak dikaryakan saja. Duit dapet, memajukan negara juga dapet. 

1. Saingannya Sedikit
Oke, alasan pertama kenapa harus pilih Etsy adalah masih sedikitnya saingan. Kenapa sedikit? padahal yang jualan di etsy udah buanyak banget. Kalau ditotal ada 1,9 juta penjual (baik aktif dan tidak aktif) di Etsy. TAPI, yang namanya HANDMADE itu pasti UNIK. Jadi sebanyak apapun saingan kalian, kalau masing-masing produk di toko itu unik pasti menjadi daya tarik yang luar biasa di tiap toko, dan tiap toko pasti punya ciri khas masing-masing. Kalau sudah punya pembeli di toko unik milik kalian, mereka mau cari produk yang sama di toko lain juga nggak bisa kan yaa, namanya juga handmade. Kecuali, ada toko nackal yang mencuri ide kalian dan menjual kembali barang yang sama dengan idemu. Tapi kalau kejadian seperti itu bisa langsung di report aja biar kapokkk!! 
Coba bandingkan kalau kalian jualan di lapak online Indonesia, begitu search 'dompet batik' misalnya, pasti hasil pencariannya buanyak banget yang mirip. Malah mungkin banget mereka berasal dari supplier yang sama, cuma mereka resell aja.

Selanjutnya, saingan penjual dari dalam negeri sendiri juga masih sedikit loh. Sejauh ini Januari 2019 baru ada 975 seller Indonesia. Kesempatan besar banget untuk kalian menjual barang-barang khas Indonesia di lapak Internasional. Tau sendiri dong, namanya Indonesia itu kaya akan keunikan budayanya. Pilihan produk khas Indonesia yang mau dijual ke bule-bule itu banyak banget. Contohnya aja batik, wayang, bentuk atau motif khas daerah tertentu di Indonesia, bentuk makanan khas Indonesia, dan masih banyak lagi. Hal-hal yang mungkin kalian anggap biasa disini bisa jadi dianggap luar biasa di luar sana. Selain itu, kalian juga menjadi duta yang memperkenalkan budaya tanah air. Double double banget kan keuntungannya.

2. Pengaturan Tokonya Mudah Dipahami dan Biayanya Murah
Source: etsyrank

Ada yang bertanya juga, kenapa nggak Amazon atau Ebay aja yang trafficnya lebih besar? Di amazon juga sudah ada yang khusus handmade namanya Amazon Handmade. Tapi mungkin ini jadi pendapat pribadi ya. Setelah saya mencoba membuka toko di amazon dan ebay, pengaturan ketika mau masukin listing/barang itu ribet banget. Kata-kata yang digunakan ketika kita mau ngisi juga kurang mudah dipahami, jadi kalau mau bener-bener fokus mengisi listing harus baca dan cari tau dulu maksudnya gimana, harus isi seperti apa. Penampilan web Etsy sendiri sangat simpel dan menarik jadi lebih mudah dan nyaman kalau mau ngutak-atik tokonya.
Selain itu kalau di Amazon dulu pembayarannya tidak bisa lewat paypal, mereka ada kerjasama dengan Payoneer jadi mau tidak mau harus buka akun Payoneer. Saya juga sudah coba daftar Payoneer dan sampai sudah terima kartu payoneernya tapi saya anggurin aja karena ada biaya per tahun yang lumayan mencekik di kantong mahasiswa kayak saya ini. Tapi kurang tau kalau sekarang, sepertinya masih belum menerima paypal tapi juga tetap harus daftar lewat media pembayaran yang lain.
- AMAZON
Kalau di Amazon ada biaya per bulannya nih plus biaya bagi hasil tiap ada penjualan, setelah saya lihat di webnya tertulis $39,99++ per bulan. Aktif tidak aktif, laku tidak laku, toko kalian tetap dikenakan biaya sewa. Wow, setara biaya sewa kos saya sebulan. 

- EBAY

Sementara di Ebay, biaya per listingnya $0,35. Biaya bagi hasilnya kalau ada penjualan 10% harga dan kalau tidak salah juga ada biaya dari harga ongkirnya. Selain itu barang-barang yang dijual di Ebay mirip-mirip karena bukan spesialis handmade, jadi saingannya banyak banget karena kemungkinan toko kamu ditemukan oleh buyer itu sedikit.

- ETSY
Nah kalau di etsy tidak ada biaya per bulannya. Hanya biaya per listing-nya yaitu $0,2 per listing kalau kalian pajang produk baru di toko, kalau kalian dapat penjualan maka 5% harga penjualan dan 5% dari shipping. (Update : ditambah processing fee 4,5%+7000). Yaudah itu aja sih selama kalian buka toko di Etsy. Oiya, tiap listing jangka waktunya 4 bulan, jadi tiap 4 bulan akan ada biaya namanya biaya renew listing seharga $0,2 per listing, itu kalau kalian masih mau pajang produk di Etsy. Misal kalian udah gak mau memperpanjang lagi ya biarkan saja listing kalian kedaluarsa, dan toko kalian nggak akan kena charge apa-apa. Nah, tapi untuk kalian bisa tuh GRATISS 40x listing atau 40x penjualan bebas biaya kalau daftarnya lewat SINI. Mungkin bisa dibaca-baca dulu maksudnya gimana di Cara Daftar di Etsy. Jadi gaperlu khawatir soal biaya diawal-awal buka toko.
Cek artikel sebelah : Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy


3. Gajinya Dollar 
Kalau alasan ini sih nggak cuma etsy aja ya yang gajinya dollar. Jualan di lapak global lain juga bergaji dollar. Tapi saya masukin sini karena biasanya orang Indonesia kalau denger kata dollar pasti matanya langsung $$$$. Hahaha. Sebagai penyemangat saja, saya sebagai newbie bisa meraih pendapatan kotor (di luar shipping/ongkir) sebesar ini (lihat gambar di bawah ya) sejak toko saya dibuka tahun 2017. Awal buka benar-benar tidak tau apa-apa dan tidak ada tempat untuk bertanya. Apalagi kalian yang sudah ada informasi seperti ini, sekaligus tips trick jualan di Etsy plus ada saya yang menawarkan diri sebagai sumber informasi. 

UPDATE : Sekarang etsy mewajibkan semua seller indonesia utk pindah ke Etsy Payments. Jadi gajinya sudah nggak dollar lagi ya teman-teman, karena hasil penjualan langsung masuk ke rekening bank masing-masing. 


4. Bisa menggunakan harga standar Internasional, keuntungan lebih besar!
Jualan di etsy ini memperluas pasar kita ke kancah Internasional. Pembelinya bukan lagi orang sesama Indonesia tapi sudah SELURUH DUNIA. Jadi standar harga yang kita patok bisa lebih mahal karena memang daya beli orang luar negeri pasti lebih tinggi. Ditambah nggak ada namanya capek tawar menawar. Misalnya di Indonesia kita biasa jual tas rotan seharga 100 ribu. Sementara jika kita ekspor melalui Etsy maka kita bisa mematok harga hingga 500 ribu.  Dengan begitu pendapatan kita dan profit yang kita dapatkan pasti akan lebih besar pula. 

5. Langsung masuk rekening bank
Kabar gembira! Sekarang Etsy sudah bisa langsung mencairkan pendapatan langsung ke rekening. Jadi nggak perlu ribet cairin dari dollar ke rupiah karena akan langsung dikonversikan oleh Etsy ke rupiah dan langsung ditransfer ke rekening kita.

Jujur, saya sampai saat ini belum mengatur dan mencatat pendapatan dan pengeluaran (kebiasaan buruk :p ). Jadi saya nggak tau pendapatan bersih saya sampai sekarang itu gimana. Jangan dicontoh ya teman-teman. Walaupun begitu saya yakin saya itu pasti untung, karena produk saya sendiri  bisa saya patok harga hingga 3-10x lipat dalam bentuk dollar. Wuih, sadist juga ya. Eitss, bukan maksud sadis, tapi saya mengikuti harga pasar Internasional loh.. jadi harga segitu termasuk wajar bagi mereka. Sebenarnya saya bisa mematok harga lebih murah lagi untuk menggaet pembeli lebih banyak, tapi saya nggak mau mematikan harga pasar. Mentang-mentang dari negara berkembang yang biaya hidup gasemahal di negara bule sana terus bisa seenaknya jual dengan harga paling murah. Kasihan seller lain.. (sok-sokan aja sih ini sebenernya, pengen untung banyak :p) Walaupun belum bisa dianggap WOW pendapatannya, tapi setidaknya sudah bisa disebut lumayan untuk tambahan uang jajan dan pendapatan sampingan.

Oke, mungkin gitu aja yaa keuntungan dan kelebihan kalian pilih Etsy. Semoga makin dipermantab untuk segera buka toko di etsy. EH! Jangan lupa, bukanya pakai link referral saya yaa biar bisa dapat 40 listing gratis! Yuk KLIK SINI AJA (Tetep promosi dooongg~)

Komentar

  1. hai kakk, ya ampun aku baru buka blog ini setelah buka shop di etsy dongg :(
    bukan rejeki dapet 40 listing gratis wkwkk
    salam kenal kakk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii! Saya juga awalnya nyesel karena gak baca baca dulu klo bisa dapet gratisan, tapi untungnya pas deadline bayar udah ada sales yang bisa nutup biaya listingnya. Semangat yaa

      Hapus
    2. hehe iya kakk
      makasi banyakk
      semangat semnagatt !!!

      Hapus
  2. Ka boleh minta kontaknya ga? Hehe pengen tanya2 lebih dalam lagi 😁

    BalasHapus
  3. ko akuudah sampe 2x daftar di etsy, tp di suspend mulu ya? Yg pertama setelah listing eh langsung di suspend. Dan yg kedua nih aneh, baru sign up, masih proses masukin listing , malah belom di save, eh udah kena suspend T_T ... please, any tips and trick?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, apa dikirimin email dari etsy alasan kena suspend? Biasanya ada pemberitahuan kenapa kena suspend. Trus kalo pengalaman beberapa org klo pernah kena suspend tuh susah banget daftar ulang pake email/paypal dari etsy yg kena suspend sebelumnya. Jadi klo mau daftar harus bener bener baru semuanya

      Hapus
  4. Hi ka, sekarang etsy kan udah mewajibkan semua sellernya ke etsy payment, boleh ga dibkin rangkuman artikelnya soal itu, kayak biaya2 apa aja yg bakal ditagihkan ke seller setelah pake etsy payment ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo kebetulan aku blm switch ke etsy payment tapi pasti pindah sebelum 4 oktober. Nanti ya saya buat artikelnya kalau sudah switch & mempelajari :)

      Hapus
  5. halo ka kalau delete akun di etsy bisa ga ya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, coba ini

      To permanently close and delete your Etsy account:

      Click Account settings.
      Click Privacy.
      Click Request deletion of your data under Permanently close and delete your Etsy account.
      You’ll receive an email with instructions to complete your deletion request.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m