Langsung ke konten utama

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit. Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali.
Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok. 
Yang perlu kalian siapkan adalah UANG. Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC).

Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun menggunakan cara ini. Namun, saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu (seperti akun kena suspend) karena menggunakan VCC untuk mendaftar. Sejauh ini saya aman-aman saja menggunakan cara ini (sejak 2017 hingga sekarang), namun ada kemungkinan beberapa akun ditutup gara-gara menggunakan cara ini. Bagi kalian yang takut pakai VCC silakan cek artikel saya tentang cara verifikasi Paypal atau Etsy dengan menggunakan kartu debit Jenius

Update : Sejak Indonesia diwajibkan pindah ke Etsy Payments jadi terpaksa sudah tidak bisa lagi pakai 'VCC beli' karena nanti kalau pakai 'VCC beli' malah tidak bisa bayar tagihan. Sekarang saya sudah pindah ke VCC jenius (kalau di app jenius namanya e-card).

Yang perlu kalian lakukan adalah searching di google "Beli VCC". Nah nanti bakal muncul tuh website-website jual VCC mulai dari murah sampai mahal. Kalau saya sendiri sih cari yang paling murah ya hehe. 
Contoh tutorial disini juga merupakan pengalaman saya beli VCC Paypal 5 tahun di salah satu website jual VCC. Waktu itu saya beli dengan harga 90ribu rupiah. Lumayan kan, cuma modal 90 ribu saja kita bisa tenang karena paypal kita sudah aman full akses selama 5 tahun ke depan.

Loh kok malah ngomongin Paypal sih? Sabar sabar.. jadi tutorial ini sebenarnya adalah tutorial verifikasi Paypal yang akan berlanjut ke verifikasi Etsy dengan VCC. Langsung aja ya

1. Daftar Paypal, kalau sudah daftar silakan login
2. Masuk ke menu Saldo/Balance
3. Scroll ke bawah kalian akan temukan kartu kredit

4. Klik Tambahkan kartu baru 

5. Isi semua detail yang dibutuhkan
  • Nomor kartu kredit : jika kalian sudah beli VCC maka kalian akan dapat nomor kartu kredit sebanyak 16 digit
  • Jenis kartu : tergantung jenis kartu apa yang kalian beli. Kalau saya beli VCC 5 tahun, jenisnya adalah VISA. Sebelumnya saya pernah membeli Paypal 2 tahun jenisnya Mastercard. Biasanya saat kalian beli akan dicantumkan jenisnya oleh penjual. 
  • Tanggal kedaluwarsa : Jika kalian beli VCC 5 tahun pada Agustus 2019 maka tanggal kedaluwarsanya Agustus 2024 (08/24). Jika 2 tahun maka Agustus 2021 (08/21). Biasanya penjual akan mengirimkan detail tanggal kedaluwarsanya juga.
  • Kode keamanan : kode ini adalah nomor 3 digit, namanya CVC (Card Verification Code) atau CVV (Card Verification Value). Jika di kartu kredit asli merupakan 3 dikit terakhir yang tertulis di kartu. Jika kalian beli VCC pasti akan dikirimkan nomor ini.
  • Alamat penagihan : isi saja alamat rumah kalian
  • Kemudian Hubungkan kartu.
6. Setelah itu akan muncul "Debit xxx telah dihubungkan" klik Selesai.

7. Belum selesai sampai disitu, kalian harus konfirmasi kartu kalian. Masuk lagi ke bagian Saldo/Balance pada bagian kartu kredit.

8. Klik Konfirmasikan kartu Anda pada kartu kredit/VCC yang sudah didaftarkan tadi


9. Nah langkah ini bertujuan untuk mengirimkan kode konfirmasi kartu kreditnya/VCC. Jadi kode ini kalian minta ke penjual VCCnya setelah klik Dapatkan Kode. Kode ini hanya muncul dan diketahui setelah kalian meng-klik dapatkan kode ini. Jadi sebelum kalian sampai tahap ini, penjual VCC belum bisa tau kodenya.

10. Kemudian chat saja penjual VCCnya minta kode konfirmasi.
11. Kemudian di bagian kartu kredit klik Masukkan kode untuk mengonfirmasi kartu
12. Masukkan kode 4 digit yang didapat tadi ke dalam kolom konfirmasi.


13. Lanjut klik Konfirmasikan.

14. YEY! Selamat Paypal anda sudah terverifikasi dan full akses. 

Setelah Paypal terverifikasi lanjut ke Etsy. 
Saat pertama saya daftar Paypal dan Etsy saya beli 2 jenis VCC yaitu VCC Paypal dan VCC Etsy. Kalau kalian lihat-lihat di website penjual VCC kalian juga akan lihat ada VCC Paypal dan VCC Etsy. Juga disebutkan bahwa VCC Paypal ada durasinya (1 tahun, 2 tahun, 5 tahun) sementara VCC Etsy tidak ada. Nah sepaham saya, memang VCC untuk Paypal dan Etsy itu berbeda, jadi saat awal mendaftar harus menggunakan VCC berbeda (khusus Etsy). Jadi setelah kalian beli VCC Paypal maka kalian harus beli VCC Etsy. Nanti akan diberikan nomor kartu yang berbeda dengan yang digunakan untuk verifikasi Paypal. Untuk harga VCC Etsy saat itu saya beli 35 ribu rupiah, tapi sepertinya sudah naik jadi 41 ribu terakhir tanya harga di 2019.

Cara Daftar Etsy dengan VCC

Setelah kalian sudah beli VCC Etsy dan mendapatkan detail kartu dari penjual kalian bisa mengisi pendaftaran tahap terakhir yaitu bagian Set up billing


  • Card number : masukkan 16 digit kartu VCC 
  • Expiration date : masukkan tanggal kedaluwarsa VCC. Biasanya penjual sudah memberikan detail ini juga (Valid thru : xx/xx), jika belum tanyakan saja.
  • CCV : kode keamanan berupa 3 digit kartu, juga biasa disebut CVC.
  • Name on card : isi saja nama kalian
SELESAI! Kalian bisa lanjut mengisi listing produk!
Untuk tutorial mengisi listing bisa lanjut ke artikel selanjutnya LISTING PRODUK ETSY STEP BY STEP

Jangan lupaaa yaaa daftar ETSY lewat SINI supaya bisa dapat free listing 40x!
Kalau ada yang masih bingung bisa ditanyakan di bawah yaaa

Komentar

  1. akun saya kena suspend baru daptar kemaren, gmn cara recoverynya pak ?

    BalasHapus
  2. Beli vcc etsinya dimana ya? Boleh minta link nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Googling aja vcc murah di google, nah saya ambil yg paling atas

      Hapus
  3. saya kok pas nambahin vcc ke etsy eror trus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, sudah bisa belum ya? Kalau masalah nggak bisa masukkan vcc-nya bisa hubungi pihak admin VCC-nya yaa

      Hapus
  4. bagus bos tutorial cara daftar paypal lengkap sudah terima kasih salam kenal bosku

    BalasHapus
  5. kak kalau VCC nya eror gmn ya? sy pake vcc BNI etsynya gamau katanya something eror suruh cek lagi.. apa kl pakai kartu jenius bisa dan lebih aman ya? krn udah kayak cc gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo coba daftar kartu Jenius dari BTPN. Saya sudah beralih dari VCC ke kartu debit jenius dan berhasil

      Hapus
    2. iya kak sudah pakai jenius dan berhasil! :D masih proses belajar ttg toko dan shipping nya, anyway thanks for the reply kak

      Hapus
    3. Sama sama, semangat yaa belajarnya! Saya juga masih belajar, suksess teruus

      Hapus
  6. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali. Mau tanya ka, klo kita bikin akun paypal pake jenius BTPN, nanti pas daftar etsynya bisa pake jenius BTPN juga atau harus pake cc/vcc?

    BalasHapus
  7. Pingin banget jualan di etsy
    Semoga bisa, harus belajar banyak dan latihan translate

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya... toko mbak Lusia Yotista di etsy apa ya namanya, biar saya ikuti dan ikut belajar kata katanya, makasih

      Hapus
  8. kak uda punya VCC tapi kalo ditolak sama etsy gimana yaa kak? padahal daftar paypal aman dan lancar. tapi buat daftar di etsy di tolak kak. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. VCCnya beli? Udah coba pakai jenius? Saya waktu pertama daftar etsy dulu pakai VCC khusus etsy, jadi beda sama yg saya pakai utk daftar paypal

      Hapus
  9. halo mau tanya ni, untuk email yg kita daftarkan ke etsy sama email paypalnya harus sama apa bisa beda? terimakasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, tidak harus sama kok, bisa beda. Tapi mulai 4 oktober seller indonesia sudah gabisa pakai paypal lagi sbg pilihan pembayaran, jadi cuma bisa pakai CC saja (dan rekening bank utk terima uang hasil jualan)

      Hapus
  10. Gmna caranya dapatin kartu jenius dri btpn itu ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung daftar online lewat aplikasinya, jenius di google play. Atau bisa langsung ke kantornya BTPN

      Hapus
  11. Hai kk, aku baru mau coba jualan di etsy nih. Tp waktu mau daftar pake BCA, terkendala di bank code nih, uda coba kode bank tanya sama tmn yg kerja di BCA, tp ga bisa. Bank code nya apa ya? Huhu.. Kuciwa nih klo sampe ga bisa 😭

    BalasHapus
  12. Hai kk.. Aku baru mau coba jualam di etsy nih, tp terkendala waktu mau isi bank code. Sdh tny sama tmn yg krj di BCA & browsing juga, tp kode banknya ga match format tulisnya.
    Mgkn kk tau code bank buat BCA apa ya?
    Thx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah coba cek disini? https://www.prosesbayar.com/branch-code-bca-kliring/?fbclid=IwAR1g_9cSWxziJA4uiw3RNh0LzK1F6UHICzrwwvhWVGkkcxf039qj8tNU0gg sy juga dari grup facebook : etsy sellers indonesia. Klo masih nggak bisa coba tanya ke grup facebook facebook itu

      Hapus
    2. Masukinnya yg 4 digit terakhir aja

      Hapus
  13. kalau pake kartu debit BNI bisa nggak yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk rekening pencairan bisa pakai debit BNI tp untuk pembayaran hanya bisa pakai kartu kredit/VCC.

      Hapus
  14. Buat jualan di etsy harus ada Credit Card/VCC ya?, Nggak bisa ganti Debit?, soalnya aku sudah konek ke rekening bank. Thanx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk debit hanya bisa untuk menerima hasil penjualan aja, untuk bayar tagihannya harus pakai kartu kredit. Saya sendiri nggak ada kartu kredit, jadi pakai jenius sebagai penggantinya

      Hapus
  15. Mbak kalau buka toko di etsy itu bayar ga? Misalnya tagihan perbulan gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, namanya tagihan listing. Jadi klo mau upload produk itu bayar/listingnya atau per judul produk yg diupload.
      Tp bisa gratis listing 40x tapi harus daftar lewat link reff, caranya bisa lihat disini, skip bagian paypal lgsg masuk ke cara daftar etsy : https://jualandietsy.blogspot.com/2019/01/cara-daftar-di-etsy.html?m=1

      Utk rincian biaya lengkapnya bisa cek disini : https://jualandietsy.blogspot.com/2020/11/bahas-tuntas-biaya-jualan-di-etsy-dan.html?m=1

      Hapus
  16. Bisakah nerima bayaran lewat debit BRI ? Apakah daftar ke etsy skrg wajib pake CC jadi VCC gak bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo utk nerima bayaran/pencairan seharusnya bisa semua ya. Saya sangat tidak merekomendasikan vcc karena etsy sudah ketat sekali sekarang. Ditambah klo pakai vcc nanti misal ada tagihan yg tidak bisa ketutup hasil penjualan malah bingung bayarnya gimana

      Hapus
  17. Mbak untuk penerimaan penjualan bisa pake debit bank lain misal bca dan untuk bayar tagihan bisa pake debit jenius y?, berarti kita menggunakan dua kartu itu y mbk? ato bisa keduanya menggunakan rek jenius dengan satu no rek?

    kalo untuk barang yang berat sekitar 1-10 kg pake ekspedisi apa y yg murah?

    Saat ini saya berjualan mainan anak dan homedecor dari kayu mbk,buatan sendiri namun kadang ada beberapa desain yang mengadopsi dari pinterest, apakah bisa mbk?

    terima kasih mbk lusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok yang billing beda bank sama yg utk pencairan. Kalau mau sama juga nggak masalah. Kan beda kartunya walaupun banknya sama.

      Waduh barang saya kurang dari 1 kg semua. Coba tanya di grup etsy sellers indonesia. Saya kurang tau jadi saya rekomendasiin utk tanya ke yg punya pengalaman disana

      Harus hati hati klo misal desainnya sama persis. Takutnya pemilik dr desain yg ditiru tadi punya toko etsy juga dan nemu produknya trus dituduh plagiat & dilaporin. Tp klo nggak persis ya enggak masalah sih menurut saya.

      Hapus
  18. Kaka gimana kalo pembeli mengatakan dia tidak membeli , tapi transaksi sudah masuk , dia beli 2 item tapi pas diminta no telp buat pengiriman kata dia dia tidak membeli tapi dana sudah masuk ke etsy payment, jadi saya harus bagai mana , cari cust service etsy susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balass. Ini gimana akhirnya kak? Saya baru pertama tau ada kasus seperti ini. Apa orangnya itu sultan sampe nggak sadar saldonya berkurang :''

      Hapus
  19. waduh....saya tdk punya kartu kredit, tapi sdh punya paypal beli. Gimana bayar pake paypal utk tagihan ini? gak ad optionnya kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah nggakbisa bayar pakai paypal :( harus bayar pakai kartu kredit/debit yg bisa pembayaran internasional

      Hapus
    2. OK Terima Kasih. Berarti harus beli VCC lagi, murah kok hanya 100 ribu, lalu sdh bisa verified.

      Hapus
  20. Kak saya sudah menggunakan jenius sebagai penerima pencairan dana dan saya mendapat email pencairan gagal dan harus update bank, apakah ada yg salah dengan jenius saya. Oiya kak apakah saya bisa mendapatkan kontak kaka untuk konsul?

    BalasHapus
  21. kak mau tanya saya udah ada penjualan 8 tapi tiba2 suruh verifikasi ID terus gagal dan kata etsy toko ku udah gak memenuhi syarat tapi gak di suspend ? kira2 gmana ya cara memperbaikinya terima kasih ! kalau mau cek akun etsy ku kak silahkan BLUEZONESTORE

    BalasHapus
  22. Haloo ka aku baru daftar kemarin sudah sampai step akhir, step akhirnya itu verifikasi menggunakan sms tapi numbernya ga tersedia +62 / untuk indonesia, sampai skrng aku stak disitu cari artikel belum nemu solusinya

    Mohon pencerahannya ka

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.