Langsung ke konten utama

Alasan Akun Etsy Suspended dan Tidak Bisa Login


Tentunya bagi para korban akun ter-suspend oleh Etsy bertanya-tanya, kenapa akun etsyku tiba-tiba tidak bisa login? Padahal tidak ada pemberitahuan atau warning sama sekali dari Etsy. Kok tiba-tiba kena suspend? Banyak yang bilang Indonesia kena banned Etsy. Benarkah? Nah, artikel ini saya buat untuk memberikan suatu kemungkinan jawaban atas kegalauan para korban suspend etsy, sekaligus memberikan warning bagi yang baru akan mendaftar Etsy agar tidak melakukan hal-hal yang bisa menggiring kita ke situasi suspended. Bagi yang mungkin belum mendaftar Etsy dan tertarik untuk mendaftar bisa cek ke artikel sebelah Cara Daftar di Etsy.

Semua akun bisa kena suspend, baik itu akun baru yang baru punya 1 listing dan 0 penjualan, maupun akun lama yang sudah punya 100 listing dan 100 penjualan. Oleh karena itu baiknya kita melakukan pencegahan (bagi yang Etsynya masih dalam zona aman nyaman).

Berikut akan saya bahas beberapa kemungkinan faktor-faktor yang bisa menggiring kita kena suspend oleh pihak Etsy.

1. Pelanggaran hak cipta
Coba lihat lagi, apakah item kalian melanggar hak cipta? Hak cipta disini bukan hanya meniru atau menjiplak hasil karya orang saja lho ya. Tapi mencakup mengambil gambar jualan dari toko lain atau dari google hingga menggunakan nama-nama yang sudah di patenkan seperti Marvel, Spiderman, Avengers, Mickey Mouse, Harry Potter, dan sebagainya. Saran saya, misalnya jika kalian buat produk yang mirip Harry Potter, jangan tulis mentah mentah di judul maupun deskripsi 'Harry Potter'. Tulis saja 'Witch' alias 'Penyihir' agar kalian nggak kena tangkap Etsy atas pelanggaran hak cipta.

2. Kartu CC/VCC/akun Etsy berasal dari negara yang mengaharuskan kamu menerima Etsy Payments
Etsy Payments itu kayak syopipay kalau di Indonesia, jadi kalau ada order uangnya langsung masuk ke Etsy Payments. Baru setelah itu bisa dicairkan ke Paypal. Tapi sayangnya Indonesia bukan salah satu negara yang masuk list untuk bisa menggunakan EP. List negara yang bisa membuka Etsy Payments bisa dilihat DISINI. (UPDATE! Indonesia sudah masuk list negara yang bisa menikmati layanan Etsy Payments) Sejak 2019, negara-negara yang berada di list tersebut tidak lagi bisa memasukkan pilihan pembayaran Paypal. Jadi harus memasukkan Etsy Payments sebagai pilihan pembayaran. NAH, dari sini kita bisa mengkaitkan, jika akun Etsy kalian saat pendaftaran kalian memilih negara yang masuk ke list tadi maka mau tidak mau kalian harus pakai Etsy Payments, tidak bisa Paypal. Kemungkinan ini juga berlaku untuk CC atau VCC yang kalian gunakan. Terutama VCC biasanya kita kan beli yah, pakai pihak ketiga untuk membuat VCC Etsynya. Kita kan nggak tau negara asal untuk membuat VCC itu darimana, bisa saja didaftarkan dari negara US, otomatis Etsy kamu kena peraturan tadi. Kalau kalian nggak mengganti pilihan pembayaran jadi Etsy Payments maka akun kalian akan dibekukan sampai kalian mengganti pilihan pembayaran.
Note : 
  • Hal ini juga sekaligus menjadi jawaban bagi yang ketika membuka toko Etsy kalian tidak bisa memilih pembayaran Paypal
  • Sejauh ini Indonesia masih bisa memilih Paypal sebagai pilihan pembayaran karena belum masuk list wajib Etsy Payments

3. Kartu kredit bermasalah
Kalau kalian ternyata memang pakai kartu kredit/CC asli kalian dan memang dari Indonesia coba dicek apakah kartunya bermasalah. Biasanya Etsy langsung suspend akun baik seller maupun buyer yang memiliki kartu CC bermasalah.

4. Telat bayar tagihan bulanan
Etsy menerapkan pembayaran bulanan untuk biaya listing dan fee hasil penjualan. Kalian harus membayar tagihan bulan lalu di awal bulan ini. Misal, kalian harus membayar tagihan bulan Januari di rentang 1-15 Februari, tidak boleh lebih dari itu. Apabila tidak segera membayar maka kalian akan kena pinalti dari Etsy yang menyebabkan toko Etsy kalian kena suspend. Untuk masalah ini kalian bisa menuju ke SINI.

5. Dilaporkan oleh beberapa orang 
Kemungkinan yang selanjutnya adalah akun kalian kena lapor beberapa orang. Mungkin ada orang yang merasa kalian menjual produk yang menjiplak toko mereka, atau menjual produk China dengan harga murah (ini paling dibenci oleh seller-seller di Etsy) sehingga menjatuhkan harga pasar, produk kalian sama sekali bukan handmade/vintage. Namun kemungkinan ini tidak bisa dibuktikan juga.

6. Kalian menggunakan IP, komputer, koneksi, dan paypal yang sama dengan akun Etsy yang pernah kena suspend
Kemungkinan ini saya dapat dari beberapa jawaban di forum untuk kasus yang sama. Jadi apabila dulu kalian pernah membuat akun Etsy dan kena suspend, lalu kalian buka akun baru lagi di koneksi internet yang sama, komputer yang sama, nama yang sama, paypal, dan email yang sama maka peluang kalian untuk kembali kena suspend sangat besar. Jadi kalau kalian malas mengurus akun yang kena suspend dan lebih memilih membuka akun Etsy yang baru maka agak ribet juga karena semuanya harus diusahakan baru jangan ada sangkut pautnya dengan akun lama yang kena suspend.

7. Glitch / kesalahan sistem
Alasan Terakhir Etsy kalian kena suspend padahal sama sekali tidak melanggar aturan Etsy maupun tidak mengalami sesuatu seperti yang sudah saya list di atas adalah Etsy sedang error alias glitch saja. Beberapa seller mengaku mengalami glitch ini, akun mereka tersuspend tanpa alasan jelas, padahal toko mereka sudah termasuk toko besar. Ternyata setelah menghubungi/lapor ke Etsy mereka bilang itu hanyalah glitch, jadi bukan kesalahan mereka dan tidak butuh waktu lama akun mereka kembali aktif.

Indonesia kena banned Etsy?
Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa Indonesia kena banned Etsy jadi seller-seller dari Indonesia dipersulit untuk daftar. Sebenarnya saya kurang setuju ya dengan kemungkinan ini, karena seller Etsy yang berasal dari Indonesia masih banyaakkkkk yang bertahan. Beberapa toko bahkan jadi toko yang berjaya disana (doakan toko saya juga ya hehe). Tidak ada yang tau kebenaran dari kemungkinan ini, hanya Etsy dan Tuhan yang tau.

Kesimpulan
Dari sekian banyak alasan di atas bisa kalian refleksikan sendiri-sendiri ya, karena pasti tiap orang punya masalah yang berbeda-beda. Saya sendiri melihat masalah paling banyak itu ada di nomor 2. Setelah ini saya akan menulis artikel Cara Mengatasi Akun Etsy yang Kena Suspend.
Bagi yang punya kemungkinan lain boleh dishare pendapatnya di kolom komentar yaa

UPDATE!
8. Tidak Enroll ke Etsy Payments
Bagi seller lama yang sudah nyaman dengan paypal memang dipaksa untuk pindah ke Etsy Payments. Warning untuk segera pindah sebelum 4 Oktober 2020 memang sudah dipasang dimana-mana oleh etsy, mulai dari beranda toko hingga ke email masing-masing seller. Jika tidak pindah gimana? Otomatis Etsy akan suspend toko yg tidak segera enroll dan akan membuka suspend jika seller sudah mengaktifkan pilihan Etsy Payments. Untuk penjelasan dan cara enroll ke etsy payment bisa langsung ke artikel DISINI.

Komentar

  1. akun baru berumur 1 hari sdh di suspend padahala sdh pake paypal dan CC . Moho info nya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tau jualan apa yaa? Karena kayaknya yg banyak ke suspend itu yg jualan produk digital :(

      Hapus
    2. iya kak saya jualan produk digital lgsg suspend nih

      Hapus
  2. Halo kak.... Mau tanya kalo saya jual gelang kerajinan kayu sedangkan disana juga banyak yang jual gelang kerajinan kayu yang sama.. apakah itu menurut mu pelanggaran hak cipta. Terimakasih semoga dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, nggak kokk. Nggak masalah, kan pasti nggak akan persis 100% kan. Yang penting nggak mirip, ada kekhas-an dr toko sebelah. Yang dimaksud pelanggaran hak cipta itu jika yg kita jual sama dengan barang/nama yg sudah dipatenkan seseorang/perusahaan

      Hapus
  3. saya jual karya digital selalu kena suspend, gapernah lolos :( mulai dari pinjem laptop orang ganti rekening tetep ga lolos, sedih banget :( Etsy hanya jadi impian belaka huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh iyaaa, memang dari sepengelihatan saya sih produk digital paling susah masuk ke Etsy akhir akhir ini. Lebih baik cari marketplace khusus produk digital kayak shutterstock gitu kali ya.

      Hapus
  4. akun etsy saya juga tidak bisa login padahal saya sync ke akun printful

    BalasHapus
  5. Boleh tahu kak, apakah dropship di Etsy diperbolehkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak maaf baru balas, untuk dropship tidak diperbolehkan ya di Etsy sejauh yang saya tau

      Hapus
  6. kalau sy pribadi, untuk sign up/ daftar aja tidak bisa, kenapa ya.. sy daftar pake akun gmail,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru balas, nggak bisanya kayak gimana ya? Sudah coba pakai laptop lain? Akun email lain? Coba pakai VPN juga

      Hapus
  7. Halo, saya baru ada kesempatan utk daftar etsy hari ini, apakah benar produk digital susah masuk etsy di bulan mei 2020 ini? mohon infonya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru balas, sayangnya sebagian besar keluhan teman-teman yang kena suspend itu dari toko produk digital. Saya nggak tau kenapa, padahal yang termasuk top seller dari indonesia juga dia jual produk digital. Dicoba dulu mungkin, tp jangan terlalu menggantungkan ke etsy.

      Hapus
  8. Ka cara hubungi akun etsy tapi gabisa masuk ke Akunnya gimana ya? padahal tokonya gambar original, tapi tiba2 setelah klik open shop malah emailnya di deactivated :" Gada email masuk dari Etsy juga terkait alasan tiba2 di deactivated

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduuhh emm mungkin bisa dicoba tulis ke etsy langsung dari email atau bisa cari sosmednya etsy dan tanya disana

      Hapus
  9. Apakah aplikasi ini bisa menghasilkan uang secara legit.soalnya saya. Mau buat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. legit gak legit itu tergantung usahanya

      Hapus
  10. mau nanya mbak, ekspedisi apa aja yg mendukung untuk jualan di etsy ini?
    maksud dari listing produk itu apa mbak, postingan per item kah?
    trus setiap penjualan ada potongan di ambil etsy sebesar 0,2$ itu maksudnya gimana mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ekspedisi sejauh ini klo di indonesia paling umum ya pos indonesia. Tp lagi pandemi covid begini layanan kirim di indo yg buka hanya EMS (paling mahal). Ini saya sedang coba cari cari alternatif pengiriman lain. Kalau berhasil dan aman akan saya share di blog

      Hapus
    2. untuk malaysia dan singapore bisa pake lion parcel karna murah 100-120K sedangkan wahana hanya singapore 150K selebihnya lebih mahal dibandinh pos EMS malahan

      Hapus

  11. Kalo barangnya handmade tapi dropship bisakah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya lbh aman reseller drpd dropship klo di etsy. Karena kita bisa kasih bukti foto realnya klo misal kena sidak etsy 😂 Tp ada beberapa seller etsy dropship, tp ya main aman harusnya krn risiko tinggi. Jadi sgt tdk disarankan

      Hapus
  12. Hai lusia...
    Apakah bisa hanya pakai PayPal??
    Tanpa harus pakai kartu kredit?
    Saya bisa minta email pribadi kmu buat tanya lebih detail?? Terimakasih ya, blog kmu benar2 bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ini indonesia sudah bisa pakai etsy payment, jadi gaperlu pakai paypal. Tp utk daftar etsy sendiri harus pakai kartu kredit. Saran saya daftar jenius sbg pengganti kartu kredit

      Hapus
  13. malem kak, saya bikin akun etsy buat jualan, nah pas bagian di How you'll get paid, saya coba masukan id paypal tp ga bisa, notif nya email not match... knp y kak?

    BalasHapus
  14. Halo kak, saya mentok di step "How you'll get paid" gk ada pilihan paypal sekarang yaa?
    cuma disuruh milih Bank Country doang.. sedihnya lagi indonesia gk ada :'''(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo kata orang yg mengalami hal yg sama ada beberapa kemungkinan, 1 pas step sebelumnya pas pilihan negara itu milihnya bukan indonesia, 2 sebenernya ada tp ga teliti krn terlanjur panik, 3 etsy payment skrg udh bisa di indonesia jd biasanya diwajibkan pilih etsy payment drpd paypal. Utk bank countrynya ngga ada sy krg tau :(

      Hapus
  15. Saya habis beli dietsy,mau masuk dah mgga bs pdhl productnyabharus download lewat etsy.ada solusi ngga y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa masuknya karena apa? Tulisannya apa waktu gakbisa login? Coba dicari live chat etsy di pojok kanan bawah. Saya pernah denger ada yg gbs login trus protes lwt live chat langsung solved

      Hapus
  16. Ka, bisa tidak kita membuat si pembeli itu membayar menggunakan paypal saja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lewat etsy sudah tidak bisa. Semuanya lewat etsy payment. Klo mau traksaksi dgn paypal ya transaksi di luar etsy

      Hapus
  17. Ka, bisa tidak kita membuat si pembeli itu membayar menggunakan paypal saja??

    BalasHapus
  18. Ka, bisa tidak kita membuat si pembeli itu membayar menggunakan paypal saja??

    BalasHapus
  19. Saya salah satu yg harus beralih ke Etsy payment, pertanyaanya...kapan dana bisa cair masuk ke rekening.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normalnya 2-3 hari, tapi mungkin pencairan pertama agak lama (ada yg sampai seminggu). Klo udah sampe 2 minggu blm cair coba cek lagi info rekeningnya di etsy siapa tau ada yg salah ketik. Klo sudah benar coba hubungi etsy utk protes

      Hapus
  20. Makasih banyak kak lusia atas penjelasan detail di blognya. Untuk sistem penarikan etsy di indo skrg harus kan harus otomatis yg paling lama adalah 1 bulan dan terdapat charge deposit fee utk penarikan dibawah 1.4jt. Bagaimana kalau balance seller tiap bulan tidak pernah sampai 1,4jt?kita akan terus kena deposit fee dong? Banyak bgt pajaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gasampai 1,4juta kena potongan deposit fee 28k + pajak/vat deposit fee (10%) 2,8k. Iya emang sadit bgt pajaknya. Fee aja dipajakin. Semua fee dipajakin pokoknya sama etsy.

      Hapus
  21. Kak lusia boleh dm ig personal saya @gilangmadhaan. dengan segala kerendahan hati saya mau tanya2 soal enrollment ini kalau berkenan. terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru belajar jg ttg enroll etsy ini, krn enrollnya jg baru oktober awal. Saya sarankan utk gabung ke grup Facebook, Etsy Sellers Indonesia. Silakan tanya-tanya disana krn sdh banyak master masternya. Saya juga gabung dan beberapa kali tanya & dpt info darisana

      Hapus
  22. izin di bookmark ya kak mau belajar jualan di etsy, blognya menarik dan informatif

    BalasHapus
  23. Kak kalo sy masukin di deskripsi produk Etsy , id FB , FP, IG sy Boleh ga ya, blm saya launch takutnya ga boleh menurut kakak gmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleehh kok. Sejauh ini blm ada larangan masukin sosial media lain di etsy. Bahkan di settingan toko juga ada pilihan masukkin link sosial media spt ig, fb, dll

      Hapus
  24. Bisa nggak daftar etsy pake bni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus punya kartu debit (pencairan dana) dan kartu kredit (pembayaran). Wajib utk keduanya.

      Hapus
    2. mau register etsy ko ga bisa ya mohon penjelasannya?

      Hapus
  25. Akun saya ke banned, padahal listing dah banyak, Terus pendapatan udah mau 7jt, tapi kena banned, itu gimana permasalahan nya😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya tetap cair dlm jangka waktu 180 hari. Coba tanya di grup facebook etsy sellers indonesia, disana banyak juga yg mengalami. Mungkin bisa tanya disana yg ada pengalaman serupa

      Hapus
  26. Kak, mau tanya. Klo akun kita di deactivated dan di saldo etsy payment masih ad. Trus uang itu bagaimana ya kak ? Hilangkah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut aturan etsy sih dalam 180 hari akan cair, tp ada banyak yg ngeluh udah 180 hari belum cair juga. Jadi harus hubungi etsy langsung kalau gitu

      Hapus
  27. kak, saya kan pernah telat bayar tagihan buat tokonya, dan udh ke suspend kak. tapi kenapa email tagihannya setiap bulan dateng terus ya? padahal udh ke suspend akun saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suspend karena telat bayar tagihan setau saya memang masih bisa diselamatkan. Setelah bayar tagihan tokonya akan dibuka lagi oleh etsy. Makannya reminder bayar tagihan dateng terus

      Hapus
  28. kak, toko aku hilang gak bisa login ada pemberitahuan oath token gitu. apakah berarti tokoku kena banned ya kak? terus kan sebelumnya tokoku ada orderan tp belum aku proses tp tokoku udah hilang, apakah orderannya jd batal ya kak? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemberitahuannya gimana tulisannya? Harusnya sih klo ada open order gitu etsy kasih kesempatan dulu seller utk menyelesaikan order sebelum ditutup. Coba chat ke etsynya. Kasihan buyernya juga itu klo batal.

      Hapus
    2. tidak ada pemberitahuan dr etsy. tiba2 ketika login tidak bisa katanya password salah terus aku lupa password katanya akun yg terhubung dg email tersebut is closed. apakah berarti kena suspend ya kak?

      Hapus
    3. Kalau nggak bisa login berarti kena suspend atau dihapus tokonya sama etsy. Udah coba hubungi etsy utk tanya kenapa gak bisa login? Sama jelaskan juga masih ada order aktif yg harus diproses tp tidak bisa diproses krn tidak bisa login.

      Hapus
  29. halo kak lusia, apakah kakak pernah listing berupa produk preorder? bagaimana prospeknya di marketplace etsy? mohon dijawab, terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah sih buat listing preorder. Tapi di etsy bisa pilih 'processing time', jadi pilih aja waktu selama apa proses pembuatannya. Tergantung produknya apa sih sebenernya, tp krn etsy itu handmade memang sebagian besar barang 'preorder'. Jadi sudah ada contoh produknya, trus klo ada yg pesan baru dibuatkan.

      Hapus
  30. Mba, saya hendak berjualan digital item di etsy, tapi jd agak ciut nyali setelah tahu susah jualan item digital disana. Kl boleh tau drmn sumber infonya ya mba? Mau saya baca2 gitu. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo infonya dari pengalaman temen-temen di facebook, kebanyakan yg kena suspend jual produk digital. Walaupun ada juga yg produk fisik. Dan dari temen-temen yg daftar pakai link saya, kan bisa dicek tokonya. Nah dari situ banyak toko yg jual digital produk kena suspend. Tp sepertinya akhir-`akhir ini nggak seganas itu kok etsy sama seller digital. Dicoba saja. Rejeki nggak ada yang tau

      Hapus
  31. Permisi mau tanya, Saya harus membayar tagihan bulanan di etsy, saya sudah memasukkan data kartu kredit dengan benar tapi tetap pembayaran failed gan, apa ada solusi ya? dan kalau misalnya akun etsy ke banned tapi masih ada tagihan itu bagaimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti harus ganti kartu kredit itu. Pakai cc apa? Klo masih ada tagihan dan akhirnya kebanned sepertinya akan diteror terus di email utk bayar dan tidak akan bisa buka akun baru lagi sampai tagihan di akun lama kebayar. Istilahnya kyk 'ditandai'.

      Hapus
  32. Haloo, mau tanya sidak di etsy itu bagaimana yah soalnya mau jadi reseller aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangaan saya saranin jangan jadi reseller di etsy. Sidaknya tiba tiba aja akun udah nggak bisa dibuka/gak bisa login tanpa alasan yang jelas. Nggak ada pemberitahuan apapun.

      Hapus
  33. Maaf kak nau tanya, bisakah mendaftar akun satu nama atau data diri membuat akun lebih dari 1 dengan karu kredit n bank berbeda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh buka akun kedua, pakai email yang berbeda. Tapi harus saling menginfokan di akun etsynya kalau punya akun lain. Misal di profil info etsy 1 nyebut kalau etsy 2 juga sama pemiliknya.

      https://help.etsy.com/hc/en-us/articles/360017604474-How-Do-I-Open-a-Second-Etsy-Shop-?segment=selling

      Hapus
  34. halo, saya pake jenius sebagai pengganti kartu cc, jika akun sudah pernah ke deactive bisakah untuk dipakai lagi jenius saya di akun etsy lain yang akan saya buat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya nanti tetep kedetect sama etsy. Jadi kalau mau buka akun baru semuanya harus bener bener baru dari akun yang kena suspend/deactive. Karena etsy udh ngesave info akun dr akun yg deactive, kyk udh ditandai gitu. Klo buka akun lg pake cc yg sama risikonya tinggi.

      Hapus
  35. Kak, aku baru daftar tadi pagi, sebagai pembeli, siangnya aksesnya langsung ditolak. Kenapa ya? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ditolaknya gimana? Nggak bisa login?

      Hapus
    2. ini saya kena suspend padahal saya hanya pembeli. apa tau solusi nya kak? 082224148658 please kak bantu saya lewat wa bisa

      Hapus
  36. Halo kak, mau tanya dong
    Baru banget daftar etsy, trus udah sampe ke step berhasil buka toko, pas lagi setting preference toko nya tiba-tiba auto logout.
    Pas login lagi, akun udah deactivated.
    Itu kenapa yaa??
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu akun pertama kali bikin? Blm pernah buat sebelumya? Kalau memang pertama kali buat & langsung deactivated sepertinya itu error dari etsynya. Coba diemail ke cs etsynya

      Hapus
  37. Halo kak mau tanya, etsy saya tiba-tiba deactivated, tetapi di dalamnya ada saldonya... Apakah bisa cair?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baca beberapa kasus di forum etsy. Kalau kasus deactivatednya karena copyright dari trademarked items (seperti disney, marvel, anime, harry potter, dll) nasib uangnya terserah etsy. Bisa dibalikin ke pembeli, bisa diteruskan ke pihak perusahaan yg punya hak copyrightnya itu. Tp kalau alasannya bukan itu bisa balik katanya ditahan 6 bulan. Sudah coba hubungi etsy?

      Hapus
  38. Halo kak , saya mau jualan di etsy tapi ambil foto orang lain di Instagram yg followersnya sedikit , nah itu bisa tidak ya untuk saya upload? takutnya kalo saya upload kena suspend. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini saya kena suspend padahal saya hanya pembeli. apa tau solusi nya kak? 082224148658 please kak bantu saya lewat wa bisa

      Hapus
    2. Haloo saran saya jangan ya. Soalnya etsy sensitif banget sama yang namanya copyright. Jadi kalau bisa semua produk sampai fotonya itu ambil sendiri. Etsy udah canggih soalnya, klo kedetect ambil foto orang bisa bahaya. Biasanya lebih ke foto dari marketplace sih yg kedetect. Tp lenih baik main aman aja ya

      Hapus
  39. Halo, salam kenal. Saya mau berjualan di Etsy dan udah coba buka toko tapi belum paham soal tagihan bulanannya. Apakah tiap bulan kita harus bayar ya? Dan saya baca kok bisa mencapai 1 jutaan itu maksudnya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tagihan bulanan kalau produk kita belum ada yg laku/terjual, tagihannya hanya tagihan listing saja. Jadi tiap listing kena 0,2$. Jadi kalau ada 10 listing ya kena 2$ per 4 bulan (ditagih di awal). Nah baru kalau sudah ada yg laku biayanya mengikuti, bisa dicek diartikel bahas tuntas biaya jualan di etsy : https://jualandietsy.blogspot.com/2020/11/bahas-tuntas-biaya-jualan-di-etsy-dan.html?m=1

      Hapus
  40. Mas, sy baru kebanned padahal sudah jalan, sy jual barang vintage temuan dan tanaman hias, cc ounya org lain. Mau daftar pake hp sy sama tidak bisa, pake hp istri tidak bisa juga, ada ide?

    BalasHapus
  41. Caoek ke suspend mulu,,, udh pake foto ori, ganti prifile chrome tetap aja ke suspend dengan alasan pelanggaran..

    BalasHapus
  42. Saya baru aja sehati buka toko sama produk pertama,nah barusan saya login pake hp eh akun ditangguhkan dan dapat email login baru,katanya harus di biarkan kalo memang itu saya.. tapi sampe kapan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m