Langsung ke konten utama

Cara Verifikasi/Daftar Paypal & Etsy dengan Kartu Debit Jenius BTPN

Halo teman-teman, di artikel sebelumnya saya telah menulis Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit nah kalau artikel kali ini versi 'legalnya yaitu cara verifikasi Paypal atau Etsy dengan menggunakan kartu debit Jenius. Seperti yang kita ketahui VCC merupakan kartu kredit virtual yang tidak ada bentuk fisiknya. VCC dipakai biasanya hanya sebatas untuk verifikasi saja. Oleh karena itu, risiko Etsy suspend jika daftar dengan VCC juga besar. Kita butuh kartu asli yang bisa dipakai untuk verifikasi Paypal dan Etsy. Istilahnya agar lebih aman dan tidak dihantui suspend dari Etsy/Paypal.

Akhirnya teman-teman, saya menemukan solusinya yaitu dengan Jenius. Jenius sendiri merupakan kartu debit yang dikeluarkan oleh PT Bank BTPN Tbk yang berbasis online dengan aplikasi. Walaupun namanya kartu debit dan berasal dari bank lokal, namun Jenius ini bisa membeli dan membayar mata uang lain dengan sekali klik. Jadi dalam 1 kartu bisa berisi tabungan rupiah dan dollar/mata uang negara lain sekaligus. Maka dari itu kenapa kartu Jenius ini bisa digunakan untuk verifikasi Paypal dan Etsy.
Jujur saya butuh waktu lama untuk menulis artikel ini karena saya memang kalau mau nulis tutorial itu harus praktek langsung, biar bisa menjelaskan dengan detail. Memang selama ini saya dihantui kecemasan karena etsy dan paypal yang saya gunakan aktif dengan VCC. Dengan kemantapan dan keyakinan untuk dapat segera lepas dari VCC akhirnya saya mencoba mengganti VCC dengan kartu debit jenius dan berhasil! Artikel kali ini akan membahas cara verifikasi Paypal dan Etsy dengan kartu debit Jenius saja ya, bukan cara mendaftar Jenius.

'Mengaktifkan' Saldo Dollar di Kartu Debit Jenius

1. Sebelum memulai, pastikan saldo kalian dalam rekening Jenius mencukupi. Pembelian dollar minimal $10. Jadi sesuaikan saja dengan kurs saat kalian akan membeli.
2. Buka aplikasi Jenius kalian. Klik tanda tambah seperti gambar di bawah
2. Pilih mata uang yang diinginkan. Saya sendiri memilih dollar Amerika karena jangkauan yang lebih luas dan lebih mudah menghitung kursnya.
3. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pilih Tujuan Pengaktifan. Kemudian masukkan jumlah dollar/mata uang lain yang kalian pilih. Minimal pembelian adalah $10. Nanti akan muncul jumlahnya dalam rupiah. Pastikan uang di rekening mencukupi. Klik Lanjut
4. Selamat! Kalian berhasil mengisi kartu jenius kalian dengan dollar! Jika berhasil akan muncul pop up notifikasi seperti gambar. Tampilan depan aplikasi juga bertambah pilihan 'USD'.
Selanjutnya kita akan lanjut ke tahap verifikasi Paypal dengan kartu Jenius.

Verifikasi Paypal dengan Kartu Debit Jenius

1. Daftar Paypal, kalau sudah daftar silakan login
2. Masuk ke menu Saldo/Balance
3. Scroll ke bawah kalian akan temukan kartu kredit
4. Klik Tambahkan kartu baru 
5. Isi semua detail yang dibutuhkan berdasarkan keterangan di kartu Jenius kalian (bisa dilihat juga di aplikasi Jenius) lalu klik Hubungkan Kartu
6. Setelah itu akan muncul "Debit xxx telah dihubungkan" klik Selesai. 
7. Belum selesai sampai disitu, kalian harus konfirmasi kartu kalian. Masuk lagi ke bagian Saldo/Balance pada bagian kartu kredit.
8. Klik Konfirmasikan kartu Anda pada kartu kredit/VCC yang sudah didaftarkan tadi

9. Nah langkah ini bertujuan untuk mengirimkan kode konfirmasi kartunya. Jadi kode ini akan muncul berupa pop-up dari aplikasi Jenius setelah klik Dapatkan Kode.
10. Kemudian di bagian kartu kredit klik Masukkan kode untuk mengonfirmasi kartu
11. Masukkan kode 4 digit yang didapat tadi ke dalam kolom konfirmasi.

12. Lanjut klik Konfirmasikan. Selesai! 




Jika berhasil akan muncul seperti ini. Dollar di rekening Jenius kalian akan terpotong $1,95. Saya isi $10, setelah berhasil dihubungkan ke paypal jadi $8,05

12. YEY! Selamat Paypal anda sudah terverifikasi dan full akses.

Cara Daftar Etsy dengan Kartu Debit Jenius

Sebelum itu daftar Etsy dulu, bisa lihat tutorialnya di SINI. Jangan lupa daftar etsy lewat SINI untuk dapat free listing 40x.

1. Karena sudah memiliki kartu debit Jenius, kalian bisa mengisi pendaftaran tahap terakhir yaitu bagian Set up billing

Seluruh informasi bisa dicek di aplikasi Jenius. Menu - Card Center - m-Card 
  • Card number : masukkan 16 digit kartu debit Jenius 
  • Expiration date : masukkan tanggal kedaluwarsa kartu. 
  • CCV : kode keamanan berupa 3 digit kartu. Bisa didapat dengan klik 'lihat kode CVV' di aplikasi
  • Name on card : isi nama yang tertera di kartu
SELESAI! Kalian bisa lanjut mengisi listing produk! 
Untuk tutorial mengisi listing bisa lanjut ke artikel selanjutnya LISTING PRODUK ETSY STEP BY STEP

Jangan lupaaa yaaa daftar ETSY lewat SINI supaya bisa dapat free listing 40x!
Kalau ada yang masih bingung bisa ditanyakan di bawah yaaa 

Komentar

  1. Waah terima kasih infonya kak.. jadi dengan vcc yang sama bisa buat verifikasi Paypal sama etsy juga ya?.. kalau jualan produk digital kira2 busa ke suspend gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nggak tau kenapa kok pas awal verif etsy pake vcc itu sama penjual vcc-nya suruh beli vcc khusus etsy. Tapi pas perpanjang katanya pake vcc paypal aja wkwk klo misal punya kartu jenius saya saranin pake itu aja, bisa verif paypal & etsy pake kartu debit jenius kok

      Hapus
    2. Bisa suspend atau enggak tergantung sellernya, saya nggak bisa nyimpulin, krn seller yang penjualannya paling tinggi dr indonesia setau saya malah jualan produk digital

      Hapus
    3. Baik kak terima kasih.. saya baru daftar jenius.. nanti di pakai buat akun Paypal yang m card atau e card ya?. Maaf masih newbie 😄🙏

      Hapus
    4. Saya pakai mcard. Iya nggakpapa, saya juga masih newbie butuh banyak belajar juga :)

      Hapus
    5. Saya sudah bikin toko kak. Terima kasih free 40 listingnya 😄🙏

      Hapus
  2. Kak mau nanya, saya sudah hubungkan kartu tapi kok tidak ada menu konfirmasi kartu yang seperti diatas ya? Mohon bantuannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah hubungkan kartu harus masuk lagi ke menu saldo/balance trus di bagian kartu kredit & kartu debit dilihat kartu yg barusan dihubungkan tadi biasanya muncul tulisan 'konfirmasikan kartu anda' nah itu diklik lagi

      Hapus
  3. Makasih sharingnya kaka.. Boleh nanya, di artikel sebelumnya kk bilang nentuin tarif pengiriman di lapak kk tarif
    flat, itu gimana ngitungnya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya saya memang flat ongkir, jadi berapapun jumlah barang & tujuan manampun harga ongkrinya sama. Klo gasalah di bagian option ongkir saya setting 'everywhere else'. Tp sekarang saya bedain ongkir antara eropa, amerika, dan yg lainnya karena RLN pos indo lagi ditutup :''(

      Hapus
  4. Tfs kak. Aku lagi cari2 info mau buka Di Etsy tanpa harus pakai cc.

    BalasHapus
  5. Terima kasih kak, udah seminggu cari tutorial legal untuk set up billing etsy akhirnya dapat juga. gas langsung praktek. God bless.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga yaa sudah mampir. Semoga membantu :)

      Hapus
  6. halo..saya baru saja membuat akun jenius,untul leperluan etsy.smntra di etsy masih menggunakan VCC,,akun jenius saya e-card sudah aktif,,,kalau yang M card blum,pertanyanya...ecrad- atau mcard untuk di etsy...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bagian penagihan (CC) saya pakai yang e-card, tapi ada yg bilang m-card juga bisa

      Hapus
  7. Kak makasih banget infonya, saya baru mau jualan di Etsy nih kak,
    Kak mau nanya nih , yg pas di "How you'll get paid" itu nggak ada pilihan Pay Pal aja kayak etsy dulu kak, jadi saya masukin debit carf BRI saya kak, itu gimana kak, jadi kita bakal dapat uangnya lgsng ke debit ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul skrg memang sudah nggak bisa pakai paypal lagi, harus masukkan debit card. Nanti uangnya langsung masuk ke rekening bank

      Hapus
  8. halo kak, thanks banget infonya.. pas bgt lagi mau buka toko etsy.. mau nanya ka kalo pake jenius x-card itu bisa ngga ya kak? Hehe.. aku juga mau tanya2 lebih lanjut ttg etsy apakah boleh kak? kalau boleh apakah ada instagramnya kak? thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penagihan? Mungkin bisa ya. Soalnya pakai m-card maupun e-card bisa semua. Tp saya blm pernah baca yg pakai x-card

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Oke kakk, mau tanya nih kak untuk pengisian yang CC di etsy itu kan pake e-card ya kak, berarti nanti terpotongnya tagihan dari balance IDR ya kak bukan USD?

      Hapus
    4. Saya pakai e-card (tapi bisa pakai m-card juga sepertinya) biar uang masuk & keluar di tempat yg berbeda. Mata uangnya tetap IDR ya bukan USD.

      Hapus
  9. makasih banyak udah sharing ! bermanfaat banget nih bagi pemula kayak aku hehe

    BalasHapus
  10. kak mau tanya kalau sekarang pake jenius udah gak usah verifikasi paypal lagi ya kan langsung masuk ke etsy payment bank indonesia ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya skrg nggak perlu buat paypal. Etsy bisa langsung connect ke bank

      Hapus
  11. Kak kalau gak punya Debit atau Kartu Kredit Gimana Kak??
    adanya Rekening Mandiri Saja wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekening mandiri cuma bisa utk rekening pencairan aja gabisa utk bayar tagihan. Utk kartu tagihan harus kartu kredit/pakai jenius juga bisa

      Hapus
  12. Sekarang ngisi payment di etsy harus pake data bank lokak yah..tidak bisa pake paypal lagi.
    kira kira bank lokal apa saya yah yang bisa..
    saya pake BSM. TAPI mentok di Branc Code.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul klo utk pencairannya skrg tidak bisa paypal, wajib bank lokal. Setau saya bisa semua kok, mandiri juga bisa. Tp kurang tau klo syariah. Bisa dicoba dulu, sepertinya sih bisa

      Hapus
  13. Mau tanya, kalau m-card jenius belum dateng, untuk verifikasi paypal & daftar etsy apakah bisa pakai data yang dari e-card jenius?

    BalasHapus
  14. Kak mau tanya lagi, untuk verif paypal & untuk bayar tagihan etsy, USD harus diaktifkan atau pakai IDR juga bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah nggak perlu pakai paypal lagi. Cukup pakai kartu bank yang bisa konek utk transaksi internasional. Nggak perlu aktifkan usd-nya jugaa

      Hapus
  15. Kak untuk pencairan dana dari etsy payment ke akun jenius berapa lama ya? Kok saya udh hampir 2 minggu belom masuk ke akun jenius saya

    BalasHapus
  16. Verikasi ke paypal dengan M-card jenius atau bisa dengan e-card nya?

    BalasHapus
  17. hai ka, kalau mau bayar etsy ads pake kartu jenius bisa engga ya?
    aku nyoba bayar pake e-card jenius dan juga udah masukin kode otp tapi gagal atau bisanya pake m-card untuk bayar etsy ads?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m