Langsung ke konten utama

Cara Mengirim Paket/Surat ke Luar Negeri dengan Prangko

Halo semua, tulisan ini saya buat karena banyak pertanyaan mengenai biaya pengiriman untuk mengirimkan order Etsy. Berapa sih biaya prangko untuk pengiriman ke luar negeri?
Perlu diperhatikan, artikel kali ini hanya akan menjelaskan pengiriman dengan menggunakan prangko. 

WARNING Saya sangat tidak menyarankan kalian untuk mengirimkan dengan prangko disaat pandemi. Pos Indonesia hanya membuka layanan pengiriman EMS saja untuk sebagian besar negara dan RLN untuk sebagian kecil. Jujur paket saya sejak April/Mei yang menggunakan prangko sepertinya tertahan di kantor pos Indonesia. Bagaimana saya tau? Karena banyak komplain buyer di bulan tersebut paketnya belum tiba. Saya hubungi kantor pos, ternyata pengiriman selain EMS dihentikan sejak pandemi. 
UPDATE NEGARA MANA SAJA YG DILAYANI KANTOR POS SELAMA PANDEMI : https://cds.posindonesia.co.id/posint/ atau klik DISINI.
UPDATE! 30/12/20
Untuk negara US sudah bisa pengiriman dengan prangko

Barang seperti apa yang bisa dikirim dengan menggunakan prangko? 
Menurut pengalaman saya, yang ideal untuk bisa pakai prangko adalah ringan dan tidak bernilai tinggi. 
  • Ringan, pengiriman dengan prangko ini menggunakan sistem berat. Semakin berat barang, maka prangko yg dibutuhkan akan semakin banyak. Jika biaya prangkonya mahal, menurut saya sih mending pilih yang bisa ditrack/dilacak sekalian, toh harganya sama sama mahal. Saya akan tampilkan tabel harga prangko yg dibutuhkan berdasarkan beratnya :
  • Tidak bernilai tinggi. Perlu digaris bawahi ya, mengirim dengan prangko tidak bisa dilacak, rawan hilang, dan kalau sudah hilang ya tidak bisa dicari hilang dimana. Kantor pos juga tidak menyediakan asuransi utk pengiriman dengan prangko. Jadi begitu kalian selesai menyerahkan paket kalian dengan prangko, takdir paket anda sudah berpindah ke tangan Tuhan. Dalam arti, yasudah tidak tau kapan sampainya dan apakah bisa sampai dengan selamat. Risiko di tangan anda.
Maksud Zona 1, 2, 3 di tabel?
Silakan download daftar negaranya di SINI.

Cara Membaca Tabel Biaya Prangko
Contoh : 
Ada pesanan dari negara Eropa. Lalu anda sudah mempacking & menimbang paket tsb yaitu 56 gram. Berapa jumlah prangko yang dibutuhkan? 
Jawab : 
Prangko itu nilainya ada beberapa, prangko 3 ribu, 4 ribu, 5 ribu, 7 ribu, 8 ribu, 10 ribu. Ini tergantung kelengkapan kantor pos di kota kalian. Biasanya semakin besar kantor pos maka koleksi prangko yang dijual juga semakin lengkap. Oke lanjut, tadi tujuannya adalah Eropa, kita lihat ke tabel Eropa. Beratnya 56 gram artinya masuk ke kategori >50-100gram, maka total prangko yg dibutuhkan adalah 27 ribu. Kalian bisa tempelkan prangko 3 ribu sejumlah 9 lembar, atau 4x 5 ribu, 1x 7 ribu. Disini mulai diuji kemampuan matematika kalian wkwk

Berapa lama waktu pengiriman dengan prangko?
Sangat bervariasi! Saya pernah mengalami paket tiba kurang dari 2 minggu, sampai  hampir 4 bulan! Makannya saya sangat mewanti-wanti pembeli bahwa paket dapat tiba sekitar 2 minggu hingga 3 bulan. Protes? Banyak! Pembeli gasabaran? Banyak! Saya pernah dapat bintang 1 karena paketnya blm sampai (pdhl belum 1 bulan setelah pengiriman). Namun umumnya paket sampai dlm waktu 1 bulan. 

Pengalaman mengirimkan orderan Etsy dengan prangko
Mulai dari awal toko saya ada di marketplace internasional (awalnya blm di Etsy), saya sudah kirim menggunakan prangko. Saya pernah mengirim hingga lebih dari 100 gram cuma pakai prangko. Memang sangat riskan tapi saya nggak tega kasih ongkir mahal ke pembeli saya karena barang yang saya jual juga receh. Dari tahun 2007 hingga sekarang puji Tuhan, kasus paket hilang tidak sampai 10 kasus. (Mungkin ada yang hilang tapi pembelinya lupa/nggak lapor kali yaaa). Kalau hilang gimana? Ya kita ganti. Saya beri pilihan mau refund atau resend. Rugi? Tentu. Tapi memang kekurangannya jualan di marketplace itu kita jadi budak bintang. Bintang 5nya kakaa~ Jadi mau gak mau kita harus kasih pelayanan yg memuaskan untuk mencegah pembeli memberikan bintang 1 yang dapat menurunkan performa toko kita. 

Intinya, mengirim dengan prangko itu sudah pasti lebih murah daripada layanan pengiriman lainnya (RLN, EMS, DHL). Namun risikonya sudah pasti paling tinggi. Bagaimana? Tertarik mengirim dengan prangko?

Komentar

  1. Kak supaya bisa ditrack harganya jauh beda ya kak? dibanding pake rangko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini di masa pandemi pos indonesia hanya membuka layanan pengiriman EMS saja (ada yg RLN tp cm negara asia aja klo gasalah). Jadi blm bisa pake prangko. Harganya jauhhhh banget, bisa 10x lipat.

      Hapus
  2. halo kak, mau tanya kalo buyer tidak mencantumkan no tlp gimana ya solusinya ? saya sudah kirim messages ke orangnya tapi belum ada balasan, dan akhirnya saya kirim paketnya via pos indonesia dengan mengisi no tlp penerima dengan 0, tapi paket saya malah diretur oleh pihak pos indonesia, ada solusikah kak? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m