Langsung ke konten utama

Baru Daftar Akun Etsy Lalu Kena Suspend? Berikut Cara Mengaktifkan Kembali Akun Etsy-mu!

Salah satu problem utama yang muncul ketika mendaftarkan akun baru di Etsy adalah terkena auto-suspend. Hal ini sering sekali terjadi pada pengguna baru Etsy khususnya di Indonesia. Kejadian ini juga pernah terjadi pada saya. Pertama kali daftar akun, lalu segera setelah membuka toko, muncul notifikasi “your shop account has been deactivated”. Kemudian saya tidak bisa mengakses akun itu lagi.

Bingung? Panik? Iya, sama. Saya merasa telah melakukan proses pendaftaran dengan benar dan tidak melanggar Etsy Terms of Service. Lalu kenapa akun Etsy saya di nonaktifkan?

Sampai saat ini tidak ada alasan jelas mengapa Etsy sering menonaktifkan pengguna baru Etsy. Karena saya juga tidak mau menebak teori-teori yang belum tentu benar, maka saya tidak akan membahas hal ini. Penyebab pastinya hanya Etsy yang tahu. Pada artikel ini saya hanya akan menceritakan pengalaman saya mendapatkan kembali akun saya setelah di-suspend beserta tipsnya.


Namun sebelum saya membahas langkah-langkah tersebut, ada faktor utama yang menentukan keberhasilan proses ini. Akun Etsy hanya bisa dibuka kembali pada pengguna yang tidak melanggar aturan Etsy. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kalian membuka toko baru:

  • Apakah Anda telah jujur mengisi identitas pada saat sign up dan daftar Etsy Payments?
  • Apakah Anda menggunakan kartu kredit yang valid di bagian Billing?
  • Apakah Anda belum pernah terkena suspend atau terlibat kasus dengan Etsy di akun sebelumnya?
  • Apakah Anda menjual produk sesuai dengan ketentuan Etsy (tidak mengandung unsur yang di trademark atau punya hak cipta, tidak reselling/dropshipping, merupakan produk handmade, dan ketentuan lainnya sesuai Etsy Seller Handbook)?
  • Apakah Anda tidak menggunakan VPN atau IP yang berbeda-beda ketika log-in di Etsy?
Jika kalian menjawab YA untuk semua pertanyaan diatas maka tidak perlu kuatir, kemungkinan besar kesalahan bukan berasal dari kita melainkan Etsy yang tidak sengaja menonaktifkan akun by system. Kemungkinan untuk mendapatkan akun kembali pun lebih besar. Yuk, mari kita ikuti langkah dibawah ini untuk medapatkan kembali akun Etsy kalian.

1. Cek Inbox Email yang Terhubung dengan Etsy
Pada sebagian besar kasus penutupan akun, Etsy akan mengirimkan email yang menjelaskan alasan penutupan tersebut. Maka, hal pertama yang perlu dilakukan setelah akun kalian tersuspend adalah mengecek inbox email yang digunakan pada saat mendaftarkan diri di Etsy. Jika di inbox tidak ada, cek juga di folder spam atau junk karena terkadang email notifikasi tersebut ter-filter sebagai spam.
Jika hal ini terjadi, maka pelajari apa yang salah atau kurang dilakukan dan segera reply email tersebut untuk mendapatkan kembali akun Etsy Anda.

2. Kirim Email ke Support Etsy
Ketika akun Etsy saya disuspend, pada kasus saya tidak ada email yang menjelaskan alasan apapun mengenai penutupan akun tersebut. Merasa kebingungan, kemudian saya mencoba mencari jawaban melalui forum komunitas penjual Etsy. Ternyata banyak juga yang mengalami hal yang sama seperti saya, baik pengguna di dalam maupun luar negeri. Satu-satunya cara untuk mendapatkan kejelasan dan membuka kembali akun tersebut adalah dengan mengontak Etsy. 

Cara yang paling mudah adalah dengan :
1. Kunjungi halaman Contact Us di situs Etsy. Kemudian Pilih Selling on Etsy > Your Etsy Account > Reopening or Closing Account > Reopening or Unsuspending Account.


2. Lalu pilih “I still need help”, kemudian Anda akan diberikan opsi untuk mengirim email ke Etsy. Klik “Email Us” dan akan muncul form Get Help seperti ini.

3. Isi alamat email Anda yang digunakan pada saat mendaftar di Etsy. Kemudian pada bagian Subject isi sesuai permasalahan Anda. Dalam hal ini saya menulis “Etsy Automatically Suspended My Account After Signing Up”, karena itulah yang terjadi pada kasus saya. 

4. Pada kolom Description, ceritakan secara singkat dan jelas mengenai kasus suspension Anda. Berikut tips beserta contoh dari saya sesuai email yang saya kirimkan ke Etsy untuk mempermudah kalian dalam mengisi kolom ini.
  • Berikan statement atau penjelasan bahwa Anda merasa sudah memenuhi semua ketentuan Etsy. Contoh : “As far as I know, I have abide to Etsy rules and terms of service. I’ve provided valid ID and identity when I signed up and my shop is selling items that were not prohibited by Etsy. I’m selling…(jelaskan produk yang dijual)”
  • Jelaskan apa yang Anda inginkan secara singkat dan sopan. Contoh: “Can you please help me reactivate my account? I really want to start selling on Etsy” atau “I would really appreciate your help to get my account back. If you need more details about my identity or anything else required in order to reopen my account, please let me know”.
  • Tulis kembali nama akun, email, dan nama toko Anda untuk mempermudah team Etsy melakukan pengecekan.
Merasa kesulitan menulis Bahasa inggris dengan baik dan benar? Pakai Google Translate untuk menerjemahkan tulisan Anda. Saya juga belum percaya diri dan mengandalkan bantuan Google Translate supaya tidak malu-maluin, hehe.

5. Pada bagian Why was your account closed, pilih “Etsy closed my account”. Lalu setelah semua selesai, klik Send

Selanjutnya tinggal menunggu balasan dari Etsy dan berdoa supaya akunmu diaktifkan kembali. Pada kasus saya, setelah menunggu selama kurang lebih seminggu akhirnya muncul juga email dari integrity@etsy.com dengan isi seperti ini. 

Tidak ada penjelasan kenapa Etsy menutup akun saya. Hmm, yasudahlah, yang penting saya sudah berhasil membuka kembali akun tersebut dan bisa kembali berjualan di Etsy. Yay!

Jika kejadian ini menimpa kalian juga, jangan patah semangat ya! Sebagai tambahan, saya juga akan berbagi tips untuk memperbesar peluang kalian mengaktifkan kembali akun yang ter-suspend.
  • Jika akun tersuspend tanpa kalian tahu penyebabnya, jangan langsung mencoba buat akun baru.
    Hal ini malah akan mempersulit kalian dalam memperoleh akun lama kembali. Kenapa? Karena Etsy merekam data IP dan identitas kalian. Jika akun dengan data tersebut sedang bermasalah, maka Etsy akan mencoba menutup kemungkinan kalian untuk membuat akun baru. Jadi lebih baik menunggu balasan dari Etsy dibanding mencoba-coba membuat identitas baru, yang malah akan memperburuk kredibilitas kalian di mata team support Etsy.  
  • Jika kalian menunggu terlalu lama untuk mendapatkan balasan dari Etsy, bisa juga mencoba menghubungi Etsy lewat telepon atau chat. 
    Saya pernah mencoba chat support Etsy ketika mengalami masalah lain, dan mereka helpful sekali. Jadi tidak ada salahnya mencoba untuk chat mereka untuk mempercepat proses pengecekan oleh Etsy atau mengetahui alasan suspension akun kalian. Opsi untuk chat ada di halaman Etsy Help Center.
Nah, demikian tips dari saya kali ini. Intinya, teman-teman jangan takut kalau akun Etsy kalian tiba-tiba di suspend tanpa alasan. Kalau memang merasa tidak melakukan kesalahan, pasti Etsy team akan membantu dan akunnya dikembalikan, kok. Good luck yaa!

Oiya bagi teman-teman yang tertarik daftar Etsy bisa cek artikel ini ya : Cara Daftar di Etsy
Cek juga artikel lainnya untuk baca tips dan trik untuk seller Etsy terutama seller baru! Tips yang paling saya sarankan adalah daftar etsy melalui link referral DISINI ya agar kalian tidak harus membayar di awal untuk biaya listing. Jadi kalian punya modal 40x gratis posting produk di Etsy untuk memulai toko :)

Penulis : Glenda L.

Komentar

  1. halo kak, aku barusan kena suspend seperti ini juga, dan balasan dari etsy katanya "Please do not open any additional accounts for buying or selling, as they will be closed without notice". Kalau sudah begini berarti kita tidak bisa jualan di etsy dong, padahal kan baru sign up. ada solusi gak kak kalau seperti ini? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Hal lo kak, sya baru memcoba membuat shop Etsy, tapi terkendala di “ Two-factor authentication” yg harus verifikasi sms tapi dipilihannya ga ada region Indonesia. Solusinya gimana? 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka etsy nya lewat dekstop kak, trus pake google authenticator yang sudah diinstall lewat hp, nanti tinggal scan qr buat dapet kode keamanannya

      Hapus
  3. hay kak artikelnya bagus :D
    Saya barusan ngchat pihak etsy pada link https://help.etsy.com/hc/en-us/requests/
    trus saya mendapatkan pesan otomatis pada menit yang sama. yang berisi :
    -
    Thank you for contacting Etsy Trust & Safety. If your account is suspended, this automated message provides more information about your account status below. If you’re contacting us about another issue, please reach out through the Help Center about your specific concern. This will help direct your request to the appropriate team.

    About your account status:
    If your Etsy account is limited, it may be permanently suspended for violating Etsy’s Terms of Use. This may include but isn’t limited to:

    Items listed for sale don’t meet our handmade, vintage, or craft supply policies
    Items violate Etsy’s Prohibited Items Policy
    Shop violates Etsy's Intellectual Property Policy
    The account owner’s information is inconsistent, incorrect, or closely associated with an account previously removed from Etsy
    Here’s what permanent account suspension means:

    You are no longer able to sell or buy on Etsy in any account.
    This suspension applies to this account and any other account you are involved in operating. Any accounts you create or use will be terminated.
    -
    itu maksudnya gimana ya kak ? masa disuspend permanen ?
    ada saran ga kak ? hapus akun trus buat baru, atau lebih baik banding dulu.
    makasih kak, kalo boleh minta email mau kontak kakak.

    Semoga Sehat selalu kak !

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m