Sering banget gak sih bingung, mau nulis apa di bagian tags atau masih gak ngerti fungsi dari tags itu sendiri ?
Kamu gak sendiri.
Waktu awal-awal jualan di etsy, biasanya tags cuman saya isi satu atau dua kata aja. Hal ini yang bisa bikin traffic kita rendah. Baik secara organik ataupun lewat ads.
by : Dian Amriani
Berikut tips dari Etsy untuk optimalkan judul dan tags (artikel asli klik DISINI) :
- Gunakan 13 tags yang tersedia untuk setiap listingDengan menggunakan semua tags yang tersedia, akan membantu toko kita supaya lebih mudah untuk ditemukan untuk konsumen
- Pencocokan frase yang tepat lebih kuat daripada pencocokan pada kata-kata individuJadi, kalau ada yang mencari banana backpack, maka listing yang muncul adalah listing yang punya kata "banana" atau "backpack" di tag atau judulnya. Tapi, listing dengan kata yang sesuai "banana backpack" akan dianggap lebih cocok, jadi kesempatan kita untuk muncul di search dengan konsumen yang tepat akan lebih tinggi.
- Jika kata atau frase dalam penelusuran pembeli muncul di judul dan tags, algoritme penelusuran akan menganggap listing kita lebih relevan dibandingkan jika kata atau frase hanya muncul di judul saja atau hanya di tags saja.
- Kata-kata di awal judul akan dianggap lebih penting dibandingkan dengan kata-kata di akhir
TIPS PENTING!
Jangan gunakan kata-kata yang ada trademarknya di tags. Misalnya seperti Disney atau Harry Potter. Karena ini bisa jadi salah satu alasan kenapa toko di suspend.
Ada beberapa cara yang saya gunakan untuk mencari keyword atau frase yang sesuai supaya listing kita lebih mudah ditemukan di Etsy.
- Kolom etsy searchDari drop own search etsy, kita bisa brainstorm keyword yang pas untuk listing kita. Karena frase yang relevan lebih besar kesempatannya untuk muncul di etsy search, maka tags biasanya saya isi dua atau tiga kata yang paling sesuai dengan listing.
- Stats di Etsy
Dari menu yang sebelah kiri, pilih stats - how shoppers find you. Ada beberapa pilihan. Misalnya pilih Etsy app and Other Etsy Pages, lalu di scroll sampai bawah. Nanti akan muncul search terms. Dari search term ini, kita bisa dapet ide untuk keyword yang memang sudah mendatangkan traffic ke toko kita. Kita juga bisa menyaring keyword yang tidak efektif.
Nama toko juga bisa kita selipkan satu atau dua kali untuk memudahkan followers kita dari social media untuk search di etsy. - Trend Report Etsy
Di bagian dashboard, biasanya ada rekomendasi dari Etsy berupa trend report. Di trend report ini, Etsy akan membahas item-item yang banyak di cari di etsy. Kita bisa lihat keyword-keyword yang disebutkan sama Etsy. Kita juga bisa cari inspirasi untuk listing kita :)
Dari gambar di atas, trend report untuk 2020, kita dikasih bocoran search term yang bisa kita gunakan untuk tags di listing kita. Ada wedding face mask, board games, home offices dsb. Sementara yang paling banyak dicari adalah personalized gift. Sesuaikan dengan listing kita supaya konversinya tinggi.Artikel asli tren etsy awal 2021 bisa dicek DISINI - Erank.com
Erank adalah salah satu tools yang banyak digunakan oleh etsy seller. Tools ini berbayar, tapi yang gratisnya pun cukup informatif.
Untuk mendapatkan hasil seperti di atas, saya menggunakan keyword tools lalu isi dengan item yang saya jual. Di etsy saya menjual digital items, yaitu clip art. Bisa dilihat, tags yang paling populer yaitu yang ukurannya paling besar.
Tapi tetap hati-hati dengan trademark ya. Karena erank hanya menyajikan data. Kalau kita khawatir kena trademark, erank sudah menyediakan link untuk cek trademark ke USPTO Trademark Database. - Pinterest
Pinterest adalah salah satu social media yang paling berpengaruh untuk traffic di toko saya. Untuk cari keyword di pinterest, pertama kita harus setup dulu akun ke business supaya bisa mendapatkan insight dari pinterest-nya.
Berikut inspirasi keyword yang bisa saya dapatkan dari pinterest
CARA : Pilih business hub dari dropdown paling kiri - lalu klik analytics - pilih overview. Kemudian pilih viewing: (nama akun kamu). Lalu pilih ad account setting , nanti akan muncul menu dropdown ads di atas. Pilih create ads dan pilih continue. Nanti ada kolom keywords. Kita bisa ketik sesuai barang yang kita jual supaya dapat suggest keyword yang banyak dicari. Kolom pembayaran tidak usah diisi ya, karena disini kita nggak akan bikin ads, tapi cuman untuk brainstorm keyword yang sesuai dengan listing kita.
Ads di Pinterest belum tersedia di Indonesia, jadi kalau pilihan ads belum muncul, bisa di ganti sementara di negara lain yang sudah tersedia.
Semoga membantu!
Penulis : Dian Amriani
trimakasih penjelasan di blognya ini udah sy baca hampir semua, dan sy udah berhasil buka toko di etsy dari link referallnya,
BalasHapusThanks ya kak tipsnya, nanti aq praktekin..
BalasHapus