Terkadang kita berjualan ada aja hambatannya, ada aja dramanya. Tidak hanya drama olshop Indonesia aja, bahkan drama olshop Etsy juga banyak banget. Jika kalian suka baca-baca forum Etsy, disana banyak sekali masalah baik dari seller maupun buyer. Tapi paling banyak memang curhatan dan keluhan dari seller Etsy karena jujur, kita dikontrol oleh bintang dari pembeli. Pembeli tidak puas? Rasakan ini 1 bintang untuk tokomu! Jadi mau tidak mau kita harus memberikan pelayanan ekstra puas untuk para pembeli. Memang kita berharap seluruh perjalanan jualan kita lurus lancar aman terkendali. Tapi tidak bisa dipungkiri suatu saat kita bisa menemui masalah hingga kita harus mengembalikan uang pembeli dan meng-cancel orderannya.
Apabila memang harus membatalkan pesanan pembeli maka silakan lakukan tahap
Pengembalian Dana terlebih dahulu jika saat itu pembeli membayar dengan pilihan pembayaran selain Etsy Payment.
Jika saat itu pembeli membayar dengan Paypal (posisi kalian belum aktifkan etsy payment), silakan dana dikembalikan dulu lewat Paypal, caranya bisa klik
DISINI. Namun jika saat pembeli melakukan pembelian kalian sudah mengaktifkan Etsy Payment, kalian tidak perlu melakukan pengembalian dana secara terpisah, karena nanti dananya langsung terpotong dari Etsy Payment kalian (Refund & Cancel langsung di Etsy).
Berikut langkah-langkah cancel pesanan pembeli di Etsy :
1. Di Shop Manager masuk ke Orders & Shipping, kemudian klik Completed (apabila pesanan yang akan dicancel sudah kalian kirim/selesai/completed). Search nama pembeli yang akan kalian cancel orderannya.
2. Setelah masuk ke detail pesanan pembeli. Kalian bisa langsung klik More Actions. Jika pembeli membayar dengan Etsy Payments klik Issue a refund. Jika transaksi ini terjadi sebelum kalian mendaftar Etsy Payment maka klik Cancel Order.
3. Selanjutkan kalian akan diarahkan ke halaman Cancel Transactions. Cek lagi apakah benar transaksi ini yang akan kalian cancel atau batalkan. Kalian juga bisa memilih produk mana saja yang akan kalian batalkan.
4. Di bagian bawah kalian wajib memilih
Reason atau alasan pembatalan pesanan. Ada beberapa pilihan yang bisa dipilih, diantaranya;
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJy1MmG9VpjWTT3YOS75ZyZGr4dXUv0AXWvSLxx0C8-VBeuU3ggIL2qaq6Zcio2PpYSGTZEsT1lqZC0Pqnm2po-JevseJRID9bn8TdtVVmzfcpV8Ns9pws1iybt4pSnByrvGNVdyB9ROLW/s320/Cara+refund+cancel+orderan+pembeli+etsy.jpg)
a) Payment not received
Biasanya terjadi apabila pembeli memilih pilihan pembayaran others atau kartu kredit namun kartu kreditnya bermasalah sehingga pembayaran gagal. Kalian bisa memilih opsi ini. Akan lebih baik sebelum cancel di opsi ini kalian menghubungi pembeli terlebih dahulu.
b) Buyer and shop owner agreed to cancel transaction
Kalian bisa memilih ini apabila memang pembeli & penjual sepakat untuk membatalkan pesanan. Biasanya karena kesalahan pembeli seperti, salah memilih produk, duplicate order, salah klik (?) namun bisa juga karena stok barang di penjual habis. Kalau pembeli sudah membayar pesanannya maka kalian harus me-refund dananya sebelum membatalkan pesanan.
c) Shop owner cannot complete trasaction
Silakan memilih opsi ini apabila kalian sebagai seller/penjual merasa tidak bisa menyelesaikan pesanan. Bisa dikarenakan stok habis, bahan baku habis, tidak bisa memenuhi keinginan pembeli, atau masalah pengiriman yang tidak tersedia ke negara pembeli. Jika pembeli sudah membayar silakan lakukan refund atau pengembalian dana terlebih dahulu sebelum cancel.
d) Item was lost in the mail
Ini alasan pembatalan pesanan yang paling umum, paket hilang diperjalanan/pengiriman. Saya beberapa kali mengalami ini dikarenakan pandemi Covid-19. Mau tidak mau saya harus mengembalikan dana yang sudah dibayarkan oleh pembeli. Memang sudah merugi waktu, merugi biaya ongkir, merugi biaya produk yang telah dikirimkan. Tapi apabila kita tidak punya bukti kuat, seperti resi/tracking number yang menyatakan paket sudah delivered. Maka kita harus mengembalikan dananya. Namun jika masih bisa diperjuangkan melalui jasa pengirimannya silakan dicoba dulu, mungkin bisa klaim barang hilang & dapat kompensasi dari jasa kirimnya, jadi nggak terlalu rugi. Nah untuk opsi ini kalian diwajibkan untuk me-refund dananya sebelum cancel.
e) Item returned to seller, refund given to buyer
Pilih opsi ini jika barang yang kalian kirimkan ke pembeli kembali ke kalian. Bisa dikarenakan pembeli tidak puas dengan barangnya sehingga minta refund, kesalahan jasa pengiriman atau karena masalah gagal kirim. Opsi ini mewajibkan penjual menerima kembali barangnya sebelum bisa membatalkan pesanan.
5. Setelah memilih alasan pembatalan, kalian bisa isi pesan tambahan untuk pembeli (optional) kemudian klik Submit Cancellation.
6. Selesai! Kalian berhasil membatalkan pesanan pembeli di Etsy. Selanjutnya etsy akan mengirimkan email konfirmasi pembatalan dan pengembalian biaya listing kepada penjual.
PENTING!
Pembeli masih bisa memberikan rating alias bintang kepada penjual dalam jangka waktu 48 jam setelah pembatalan pesanan. Jadi tolong dipikirkan matang-matang dan pastikan pembatalan ini disetujui secara 2 arah antara buyer & seller. Jangan sampai pembeli tidak tau pesanannya dibatalkan karena hal ini bisa jadi boomerang untuk toko kalian.
Halo Kak, untuk produk digital gimana ya padahal kita dah kasih link downloadnya trus ditoko sudah tak kasih warning :
BalasHapus"I don't accept refund, exchanges, or cancellations. But please contact me if you have any revision with your order."
Apa harus cancel order padahal produk dah ku-revisi sesuai keinginan buyer (nackal) ?
Halooo. Iya memang itu risikonya produk digital. Ada buyer nakal/seller pesaing yg beli terus kasih bintang jelek/minta cancel pdhl file sdh didownload. Sudah negoisasi sama buyernya? Solusinya cuma komunikasi dengan buyer. Sebisa mungkin turuti mau revisi kayak gimana, yg penting jgn sampai cancel. Kalau dia masih minta cancel coba jelaskan baik baik shop policy toko yg memang tidak boleh cancel. Yg ditakutin cuma 1 sebenernya, dapet bintang jelek.
HapusHalo kak mau nanya untuk pengiriman lewat EMS ongkirnya dibayar di indo terlebih dahulu atau isi form EMS saja lalu input nomor resi? Makasih kak
BalasHapusSama seperti kalau mau kirim barang biasa di kantor pos. Datang, bayar, nanti langsung dikasih resi. Nah resi yg didapat kemudian diinput ke status orderan supaya orderan completed.
Hapuskak caranya input resi penjualan di etsy gimana yah ? di moreaction atau di mark as complete ? maaf newbie
HapusDi mark as complete, nanti akan muncul suruh masukkan resi, jasa pengiriman, tanggal dikirim, dan notes.
HapusHalo kak! Boleh tanya, kalau misalanya kita setting tarif pengiriman dengan RLN pos indonesia, pembeli sudah membayar dan barang tinggal di proses. Tapi kemudian pembeli meminta untuk dikirimkan dengan pengiriman yang lebih cepat. Misalnya kita kirim dengan EMS. Kan ada perbedaan tarif RLN dengan EMS, nah kekurangan ongkos kirim itu ditransfer lagi oleh pembeli melalui Paypal atau gimana ya kak? Mohon dibantu ya kak. Makasih yaa kak.
BalasHapusBebass, utk tambahan biaya sebenernya sesuai kesepakatan buyer dan seller. Kalau saya buat listing khusus utk biaya tambahannya itu, trus dibuat freeshipping
HapusKak, mau tanya dong untuk tariff code diisi apa ya? kolom dibawah setelah isi biaya ongkir per negara.
BalasHapussaya ga paham itu soal tariff code, dan cara isinya gimana dan dapat datanya dari mana.
saya mau jualan produk rajutan gitu. Apakah itu kena pajak di negara tujuan atau tidak saya tidak paham.
baca-baca kalau misalkan tariff codenya kosong, ada kemungkinan barang akan dikembalikan ke penjual.
Kakak ada pengalaman barang dikembalikan? itu nanti uang kita gimana ya kak? auto rugi gitu shipping fee kan kalau gitu.
Mohon bantuannya ya Kak.
Makasih banyak kak.
Sehat Selalu