"Can you refund?"
Pernah mendapatkan pesan seperti itu dari pembeli? Jangan takut! Yang pertama harus kita lakukan adalah TENANG. Saya paham rasanya mendapatkan pesan kejutan seperti itu dari pembeli, pasti awalnya deg-degan, emosi tidak terkendali, baper, merasa gagal berbisnis. Padahal enggak seperti itu. Justru menurut saya itu merupakan pengalaman yang wajar dan wajib dialami oleh para seller. Jualan itu nggak harus selalu mulus kayak jalan tol. Jalan tol aja ada saat berhenti & antri untuk membayar biaya tol. Kejadian seperti inilah yang memperkaya pengalaman kita sebagai penjual. Kita jadi mengetahui cara menghandle dan menjawab pembeli di beragam situasi, salah satunya situasi dimana kita harus mengembalikan uang pembeli alias refund.
Lalu bagaimana caranya mengembalikan dana pembeli di paypal? Saya akan tunjukkan caranya step by step.
1. Buka paypal kalian, login.
2. Masuk ke Menu, lalu pilih Aktivitas. Cari nama pembeli yang ingin dikembalikan dananya di kolom 'Cari transaksi'.
3. Setelah menemukan nama pembelinya klik Pengembalian Dana
4. Setelah itu akan muncul Perincian Transaksi. Cek dulu apakah benar transaksi ini yang akan dikembalikan dananya. Jika sudah benar klik Lakukan pengembalian dana.
9. Jika kalian butuh rekapannya paypal juga menyediakan pilihan download PDF. File yang didownload tadi bisa dijadikan bukti pengembalian dananya.
Komentar
Posting Komentar