Langsung ke konten utama

Cara Pengembalian Dana (Refund) di Paypal

 


"Hi! I haven't received the product yet"

"Can you refund?"

Pernah mendapatkan pesan seperti itu dari pembeli? Jangan takut! Yang pertama harus kita lakukan adalah TENANG. Saya paham rasanya mendapatkan pesan kejutan seperti itu dari pembeli, pasti awalnya deg-degan, emosi tidak terkendali, baper, merasa gagal berbisnis. Padahal enggak seperti itu. Justru menurut saya itu merupakan pengalaman yang wajar dan wajib dialami oleh para seller. Jualan itu nggak harus selalu mulus kayak jalan tol. Jalan tol aja ada saat berhenti & antri untuk membayar biaya tol. Kejadian seperti inilah yang memperkaya pengalaman kita sebagai penjual. Kita jadi mengetahui cara menghandle dan menjawab pembeli di beragam situasi, salah satunya situasi dimana kita harus mengembalikan uang pembeli alias refund.

Lalu bagaimana caranya mengembalikan dana pembeli di paypal? Saya akan tunjukkan caranya step by step.

1. Buka paypal kalian, login.

2. Masuk ke Menu, lalu pilih Aktivitas. Cari nama pembeli yang ingin dikembalikan dananya di kolom 'Cari transaksi'. 

3. Setelah menemukan nama pembelinya klik Pengembalian Dana 


4. Setelah itu akan muncul Perincian Transaksi. Cek dulu apakah benar transaksi ini yang akan dikembalikan dananya. Jika sudah benar klik Lakukan pengembalian dana.

5. Kemudian di halaman selanjutnya kalian bisa menulis jumlah dana yang akan kalian kembalikan. Apakah pengembalian partial refund (dana sebagian) atau full refund (seluruh dana dikembalikan). Isi di bagian Jumlah Total Pengembalian


6. Kalian bisa tulis nomor faktur jika ada (opsional) dan catatan untuk pembeli (opsional). Kedua kolom ini tidak wajib diisi namun biasanya saya mengisi 'catatan untuk pembeli' saja.

7. Cek lagi apakah jumlah dana yang diisi sudah benar. Jika sudah, klik Lakukan Pengembalian Dana.
8. Selesai! Dana pembeli sudah dikembalikan. Klik Lihat Pengembalian Dana untuk melihat perincian transaksi refund.

9. Jika kalian butuh rekapannya paypal juga menyediakan pilihan download PDF. File yang didownload tadi bisa dijadikan bukti pengembalian dananya.


PENTING!
Pengembalian dana di paypal hanya dapat dilakukan tidak lebih dari 180 hari (6 bulan) setelah pembayaran dikirim. Jika pembeli sudah membayar lebih dari 6 bulan yang lalu, kalian tidak bisa mengembalikan dana (refund) melalui paypal.

Nah jika kalian seller etsy dan pengembalian dana ini berasal dari penjualan di etsy kalian bisa lanjut ke artikel Cara Cancel Pesanan Pembeli di Etsy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m