Langsung ke konten utama

Optimasi SEO & Cara Meningkatkan Ranking Produk di Etsy Search

 Melanjutkan artikel sebelumnya, Sharing Tips Sukses Jualan Digital di Etsy : Raih $10K USD Kurang dari Setahun! Mari kita lanjutkan bahasan singkat mengenai SEO serta tips meningkatkan ranking produk di Etsy Search.

-----------

SEO.. SEO.. SEO.. 
Jujur, optimasi SEO (Search Engine Optimization) dan mencari keywords adalah dua hal yang menurut saya paling susah dimengerti dan membosankan. Tetapi, SEO ini penting sekali untuk dikuasai dan menentukan ranking produk kita di Etsy search

Saya merasakan sendiri manfaatnya ketika saya mengubah judul dan tags dengan keywords yang lebih SEO friendly. Dalam waktu 2 minggu, penjualan saya meningkat 3 kali lipat! Padahal saat itu saya tidak melakukan promosi apapun lewat sosial media. Semenjak saat itu saya pun beralih memanfaatkan waktu saya sebagian besar untuk mencari kata kunci yang tepat untuk produk digital saya. 

Hasil dari stats saya sebulan terakhir adalah sebagai berikut:

Stats jumlah traffic pengunjung ke toko saya tahun 2021

Bisa dilihat, 88% pengunjung datang dari Etsy search. Saya tidak perlu lagi aktif memasarkan produk di sosial media tetapi customer malah semakin banyak mengklik produk saya. 

Untuk membahas SEO saya rasa perlu satu artikel sendiri, ya. Teman-teman bisa membaca artikel-artikel di Etsy Seller Handbook yang membahas secara lengkap bagaimana caranya supaya bisa unggul di Etsy search. Banyak juga tools yang dapat membantu kita mencari kata kunci, seperti ERank dan Marmalead. Selain itu, saya akan tambahkan poin penting yang saya dapat selama belajar SEO Etsy.
  • Pilih longtail keywords, terdiri dari frase 3-4 kata yang mendeskripsikan produk kamu. Masukkan keywords ini di kotak Etsy search, jangan klik search, tetapi lihat apakah muncul di drop down list di bawahnya? Contohnya seperti dibawah ini:
Contoh long term keywords dan hasil pencarian  “abstract girl wall art” di Etsy

Jika keywords itu muncul, berarti kata kunci ini dicari orang. Jika tidak muncul, ganti dengan keywords lain. 
  • Masukkan longtail keywords dan short keywords ke dalam judul listing kita, dipisahkan dengan tanda koma (,). Hindari keyword stuffing (menulis kata kunci yang sama berkali-kali) atau memasukkan keywords secara acak yang sulit dibaca orang.
    Contoh judul listing yang kurang tepat:
    “Women Wall Art Abstract Girl Wall Art Aesthetic Boho Feminist Fashion Style Art Girl Poster Drawing, PDF, JPG, Printable”
    Contoh judul listing yang lebih SEO friendly:
    “Abstract Girl Wall Art, Empowered Woman Print, Modern Woman Wall Art, Earthy Tone Art, Boho Girl Wall Décor, Minimalist Female Drawing”
  • Copy keywords tersebut dan masukkan ke tags. Isi keseluruhan 13 tags dengan frase 2 kata atau lebih. Hindari tags yang tidak relevan. 
  • Jangan mengedit SEO dari listing yang rankingnya sudah bagus. Ini pernah beberapa kali terjadi di saya, terlalu sering mengedit judul dan tags listing yang awalnya sudah muncul di halaman awal Etsy search, hasilnya malah menjadi lebih buruk. Pelajaran yang saya dapat: lebih baik menduplikasi listing tersebut, lalu ganti dengan judul dan tags yang baru.
  • SEO takes time to work. Jangan buru-buru ganti keywords, amati dulu performa SEO yang kita buat selama kurang lebih 3-4 minggu, lalu cek stats listing tersebut. Ganti keywords yang performanya kurang baik. 
Tips-tips Tambahan Untuk Meningkatkan Ranking Produk di Etsy Search
Mempunyai listing yang sesuai dengan apa yang dicari calon pembeli memang sudah menjadi langkah awal yang baik, tetapi ternyata tidak hanya itu faktor yang menentukan produk kita akan muncul di halaman awal Etsy search

Di artikel yang dirilis Etsy ini disebutkan ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi ranking produk kita selain SEO, yaitu “Listing Quality Score” dan “Shop Quality Score”. Apa itu Quality Score? Singkatnya, sistem algoritma Etsy menilai performa listing dan toko kita sebagai acuan untuk menempatkan produk di sistem pencarian Etsy. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan Quality Score tersebut. 
  • Rutin membuat listing baru
    Menurut Etsy Seller’s Handbook, ketika kita posting listing baru, produk kita mendapat dorongan sementara dari Etsy untuk muncul di ranking atas Etsy search. Hal ini bertujuan supaya Etsy bisa menilai bagaimana customer berinteraksi dengan listing tersebut (apakah banyak yang tertarik untuk beli? berapa banyak yang memfavoritkan listing tersebut?), yang kemudian mempengaruhi hasil Listing Quality Score. Maka, usahakan setidaknya memposting 1 atau lebih listing baru seminggu sekali untuk mendongkrak pengunjung datang ke toko kita. 
  • Isi profil tokomu dengan lengkap
    Termasuk diantaranya bagian About Me, profil pemilik toko, dan Banner. Tujuannya selain meningkatkan kredibilitas di mata customer, profil toko yang lengkap akan meningkatkan Shop Quality Score kita. Tampilan toko yang menarik dan lengkap menandakan kamu serius berjualan di Etsy.
  • Jalankan customer service dengan baik
    Ketika ada orang menghubungi kamu untuk bertanya melalui Etsy message, segera jawab dan bantu customer ketika mereka menemukan kesulitan. Kecepatan respon kita juga akan menentukan Quality Score toko kita. Selain itu, customer yang puas akan meninggalkan review positif ke toko kita. 
  • Jual bundle dan manfaatkan fitur diskon
    Ketika listing kita sudah mulai banyak, mulailah membuat product bundle. Beberapa produk yang satu tema disatukan di satu listing dan dijual lebih murah dibandingkan jika dibeli secara individual. Selain itu, aktifkan fitur diskon untuk menggenjot penjualan. Tips dari saya, jangan buat diskon yang merata untuk seluruh barang. Namun buatlah diskon ketika customer membeli minimal 3 atau lebih produk. Customer yang tadinya berniat hanya membeli satu saja, akan tergoda untuk membeli lebih banyak untuk mendapat diskon. Bundle dan diskon ini membawa lebih banyak keuntungan untuk toko saya dari segi penjualan maupun jumlah item sold.



  • Hati-hati dengan desain copyright dan trademark
    Terakhir, pastikan kita terhindar dari hukuman Etsy atau gugatan pihak lain karena menggunakan desain yang ternyata melanggar hak cipta (copyright) atau merk dagang (trademark). Iya, memang di Etsy banyak penjual lain yang berjualan desain tokoh Disney atau anime. Tetapi jangan tergoda untuk membuatnya juga hanya karena mereka “selamat” dari pantauan Etsy. Toko yang menjual barang-barang tersebut suatu saat akan terkena penalti. Apakah kita mau mengorbankan usaha kita susah-susah membuat toko dan mengembangkannya hanya untuk ditutup karena melanggar aturan Etsy, atau lebih horror lagi, dituntut secara hukum oleh pihak pemilik copyright?
    Untuk barang digital, perhatikan juga lisensi penggunaan jika kita memakai element desain yang didapat dari orang lain. Begitu juga dengan font, bacalah dulu lisensi dari tiap font apakah dapat digunakan untuk proyek komersial atau tidak. Hindari asal comot dari situs penyedia image atau clipart gratis sebelum membaca terms of use terlebih dahulu. 
Demikian beberapa tips dari saya, semoga artikel ini berguna untuk menambah inspirasi dan meningkatkan penjualan dari toko teman-teman, ya. Untuk yang belum pernah mencoba, yuk kita buka toko di Etsy. Berjualan barang digital tidak perlu modal banyak, hanya dengan bermodalkan kemauan dan hobi, kita bisa meraup dollar sebagai passive income yang lumayan hasilnya. Menggiurkan, bukan?

Saya sarankan untuk yang belum mendaftar Etsy daftarnya lewat LINK INI ya supaya tidak perlu membayar 40x listing fees, lumayan banget hemat 8$, apalagi bagi toko baru jadi bisa bener-bener FREE berjualan di etsy.


Penulis : Glenda L

Komentar

  1. Lanjutin dong kak 😍 sukaa banget bacanya, menginspirasi.. kak Glenda ada channel youtube atau komunitas Etsy Indonesia ngga yaa?

    BalasHapus
  2. Bagus info nya... Untuk informasi seputar optimasi seo website lebih lanjut bisa kunjungi situs Freebacklink Indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m