Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi dan Mencegah Akun Etsy Kena Suspend

Artikel ini didedikasikan bagi teman-teman yang mengalami suspended akun etsy secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan. Setelah melihat kolom komentar dari artikel saya sebelumnya di Cara Daftar di Etsy yang ternyata banyak juga yang mengalami akun tiba-tiba di blokir/suspend sama etsy.
Biasanya gejala yang timbul alias tanda-tanda etsy terkena suspend (berdasarkan cerita dan pengaduan dari teman-teman) adalah tidak bisa login ke akun Etsy. Bahkan ada yang baru sampai membuat listing pertama sudah kena suspend, ada juga yang buat akun etsy untuk belanja pun kena suspend. Kisah yang paling sakit sih akun etsy ke suspend waktu toko lagi laku-lakunya (saya pernah baca di forum, dia merasa nggak pernah melakukan kesalahan apapun yang melanggar peraturan, sejauh ini review positif semua tapi tiba-tiba akun ke suspend).
Dari korban-korban di atas dan sejauh research saya mengenai hal per-suspend-an ini baik lewat forum maupun pengalaman teman-teman, jujur saya belum menemukan jawaban yang pasti, karena kasus tiap orang atau tiap akun Etsy pasti berbeda.

Berikut akan saya berikan beberapa jalan keluar sekaligus tips yang bisa kalian coba :

Hubungi Etsy Support
Solusi yang paling tokcer dan solusi yang memang harus kalian lakukan adalah menghubungi pihak Etsy untuk mengetahui sebab alasan kenapa akun Etsy kalian kena suspend
Langkah-langkahnya :
1. Cek email, apakah ada surat cinta dari Etsy alasan kenapa disuspend. Jangan lupa cek juga bagian spam/promotion. Jika ada segeralah reply email tersebut. Jika kalian dapat email biasanya tertulis dari noreply@etsy.com
2. Jika ternyata memang tidak ada email, hubungi Etsy support yang bisa diakses di
Shop Manager > Community & Help > Contact us, nanti ada pilihan seperti di bawah ini
Pilih My account > Reopening or closing account > Reactiving or unsuspending my account 
Nanti akan muncul seperti di bawah ini, di klik saja.





3. Jika kalian memang tidak bisa masuk ke akun Etsy kalian, langsung saja ke SINI (shorturl.at/mpLS1). Setelah itu akan muncul form seperti di bawah ini


Isi email dari akun etsy yang kena suspend, judul pengaduanmu. Sebenarnya deskripsi bebas sih mau kalian isi apa, mau curhat, mau ngadu apapun yang penting jelas dan pakai bahasa inggris. Namun, berdasarkan keterangan dari Etsy sendiri, deskripsi itu mencakup

  • Ceritakan sejarah bisnis saat kamu membuka toko di Etsy 
  • Kemungkinan-kemungkinan kena suspend (harus baca artikel Alasan Akun Etsy Suspended  berarti untuk cari ide)
  • Rencana untuk memperbaiki faktor penyebab tokomu kena suspend (istilahnya introspeksi gitu deh)
  • Ceritakan gimana toko kalian dan barang-barang yang kalian jual tidak menyalahi aturan Etsy, oleh karena itu kalian harus mempelajari Etsy Policy dan pastikan kalian sama sekali tidak menyalahi aturan yang tertulis disitu
Kemudian langkah selanjutnya adalah sabar. Etsy akan menginvestigasi pengaduan kalian dan jika mereka sudah memutuskan, kalian akan dapat surat cinta dari Etsy. Investigasi dari pegawai Etsy bisa memakan waktu hingga beberapa minggu, jadi sabar aja ya..
Nah apabila kalian sudah menerima jawaban dari Etsy segeralah dijawab, apapun jawaban dari Etsy, bahkan jika jawaban mereka terlihat seperti 'jawaban robot' atau auto reply tetap dijawab saja.

Telpon Etsy
Jika selama berbulan-bulan toko kalian belum juga dibuka suspendnya adalah telpon saja Etsynya. Tapi ingat ya pakai bahasa inggris, pegawai mereka nggak ada yang bisa bahasa Indonesia. Jangan lupa siapkan juga pulsa yang banyak karena kalian akan telpon nomor luar negeri.

  • +1 (844) 387-9910 (North America)
  • +61 1800-951-925 (Australia)
  • +44 808-164-9593 (United Kingdom)

UPDATE
Live Chat Etsy
Etsy sudah ada LIVE CHAT yang ditangani langsung oleh CS Etsy secara realtime 24/7 (katanya). 

Untuk link live chat silakan klik : DISINI 

Pelajari forum Etsy 
Untuk menuju Forum Etsy bisa langsung klik DISINI. Cara ini yang biasa saya lakukan jika sedang kebingungan akan suatu hal tentang Etsy, karena saya tidak punya orang lain yang bisa saya tanyakan/konsul tentang Etsy. Sedih ya.. Jadi saya belajar secara mandiri dengan browsing-browsing forum Etsy ini. Disana banyak sekali kasus yang bisa dipelajari supaya apabila kelak mengalami hal yang sama kita bisa langsung tau apa yang harus dilakukan. Selain itu banyak juga update mengenai bug, isu terbaru, dan banyak lagi. Kalian juga bisa tanya di forum/curhat apa yang kalian alami disana, ingat yaa pakai bahasa inggris jangan lupa. 

Jangan Daftar pakai VCC
Yups, poin yang ini sangat bertentangan dengan artikel saya sebelumnya. Walaupun saya dari 2017 sampai saat ini menggunakan VCC dan masih baik-baik saja tapi melihat keluhan teman-teman yang katanya banyak sekali yang kena suspend, saya jadi berpikir lagi apakah alasannya karena VCC ini? Oleh karena itu saya punya alternatif lainnya yaitu bikin CC/kartu kredit. Eh, bukan alternatif dong namanya? Bukan bukan.. CC yang ini pembuatannya lebih mudah dan kekinian. Buat saja kartu kredit di Jenius. Untuk diingat ya, saya bukan pegawai atau SPG Jenius jadi saya merekomendasikan ini karena saya memang melihat cara ini lebih aman daripada pakai VCC. Saya akan update caranya setelah saya selesai mempelajari yaa, karena saya nggak bisa nulis asal comot copy paste langkah-langkah dari website lain, harus benar-benar ngelakuin sendiri.

UPDATE : Saya sudah berhasil verifikasi/daftar paypal dan etsy dengan kartu debit Jenius, silakan dicek di artikel sebelah cara verifikasi Paypal atau Etsy dengan menggunakan kartu debit Jenius

Buka di marketplace lain
Jika kalian sudah lelah menunggu kabar dan nasib lanjutan toko Etsy kalian yang kena suspend, saya sarankan berpaling dulu ke marketplace sebelah. Beberapa rekomendasi marketplace lain yang mirip Etsy, dimana mengedepankan handmade/vintage, antara lain : 
  • Amazon Handmade
  • Artfire
  • Big Cartel
  • eCrater
  • iCraftGifts
  • IndieMade
  • Misi
  • Society6
  • Zibbet
Saya sendiri belum pernah ke lain hati selain Etsy sih, walaupun tertarik tapi masih mempertimbangkan biaya biayanya juga. Kalau ada yang pernah ada pengalaman dengan marketplace yang saya list di atas bisa share di kolom komentar yaa saya juga pengen tau.

Buka website jualan sendiri
Kalau memang kalian masih ingin mendapatkan pasar internasional lebih baik membuka website sendiri. Sebenarnya tips ini berlaku juga bagi seller yang masih merasa damai dengan tokonya disana. Kenapa? karena kita tidak pernah tau kebijakan pihak marketplace/Etsy kepada toko kita. Siapapun bisa kena suspend, baik itu toko junior maupun toko senior. Jadi kalian tetap harus memiliki backup toko agar kalian tidak langsung merasa down apabila tiba-tiba akun kalian kena suspend. Cara paling aman adalah dengan membuka website sendiri, dengan aturan sendiri, lebih bebas dan ekspresif tidak terikat ikatan dan biaya manapun. Ya tentunya butuh modal lebih besar sih, tapi jika memang kesempatan tampak cerah kenapa tidak? Apalagi yang toko Etsynya atau toko di marketplace sebelumnya memang sudah berjaya, lebih mudah untuk mengarahkan buyer ke website kita. Saya juga baru memulai membuka website sendiri dan masih dalam tahap pembangunan, minta doana teman-teman. Apabila lancar saya akan update langkah dan tips terkait website ini.

Yaapps. Itu saja yang bisa saya tulis dengan harapan bisa sedikit membantu kalian yang sedang menghadapi ujian dari Etsy :( 
Bagi yang belum daftar Etsy bisa yukk daftar lewat SINI untuk dapat 40 listing gratis.
Maaf yaa kalau kurang jelas (bisa tanyakan saja di bawah, kalau saya tau jawabannya nanti saya jawab). Jika ada teman-teman punya tips lain utk menghadapi ancaman suspend dr Etsy bisa tambahkan di kolom komentar yaaa! 

Komentar

  1. halo ka, saya tunggu updatenya cara pembuatan CC Jenius untuk jualan di etsy ya. saya suka artikel2 kaka tentang etsy dan tertarik untuk mulai jualan di etsy. terimakasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo kak maaf baru balass. Sejauh ini saya belum buat CC jenius, tapi sudah ada niatan. Ditunggu aja yaaa. Terima kasih jugaa sudah mampir kesini ^^

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Mencari Tahu Bank Code dan Branch Code untuk Registrasi Etsy Payment

Tidak seperti berjualan di marketplace lain seperti Ebay, Amazon, Grilled atau lain sebagainya yang kerap memakai metode pihak ketiga sebagai metode pembayarannya, seperti Paypal, Payoneer, Netteler, dan lain-lain. Etsy memiliki metode pembayaran independen sendiri, yaitu metode pembayaran Etsy Payment. Etsy Payment adalah metode pembayaran milik Etsy yang langsung terintegrasi sejak awal pembuatan akun Etsy Seller. Etsy Payment memiliki sifat ketika order masuk dan uang hasil tersebut masuk, akan dihimpun pada sistem Etsy Payment yang tidak akan langsung didepositkan pada status deposit dan tidak bisa ditransfer ke bank. Dibutuhkan beberapa waktu hingga beberapa hari sampai uang masuk ke status deposit dan siap ditransfer ke akun bank kita.  Sebelum jauh ke dalam sistem deposit, ketika mendaftar Etsy Seller, kita diwajibkan untuk memasukan data pribadi kita sebagai otentikasi dan akun bank kita sebagai sarana penerimaan uang dari hasil deposit Etsy. Ketika memasukan data bank, ada beb

Bahas Tuntas Biaya Jualan di Etsy dan Permudah Perhitungan dengan Etsy Fees Calculator

Halo semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas berapa sih biaya kalau mau jualan di Etsy? Bahasan ini sangat penting terutama bagi seller-seller baru yang baru akan terjun ke Etsy. Sumber artikel ini dari Beginner's Guide to Etsy Fees . Silakan yang mau cek sumber aslinya, disini saya hanya membahasnya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah. Nanti saya juga akan membagikan Etsy Fees Calculator buatan Fatma Nabilla, seller Etsy Indonesia yang sangat aktif membantu teman-teman di grup facebook Etsy Sellers Indonesia. Terima kasih kak Fatma! Sebelum saya memberi tahu cara instan dengan kalkulatornya, tentu kita harus paham dulu secara manual. Yuk mari kita langsung ke pembahasannya saja. Secara garis besar biaya di Etsy itu ada beberapa macam : 1. Biaya Listing Produk ( Listing Fees ) 2. Biaya Transaksi ( Transaction Fees ) - wajib untuk pengguna Etsy Payments (di  negara ini ) 3. Biaya Pemrosesan Pembayaran ( Payment Processing Fees ) - untuk yang memakai Etsy Payments 4.

Cara Verifikasi/Daftar Etsy & Paypal Tanpa Kartu Kredit

Mau bikin Etsy, udah sampai langkah terakhir ehh.. ternyata suruh masukkan nomor kartu kredit, sementara di dompet cuma ada kartu debit. Yasudah kita close tab saj- EHHH! Tunggu dulu, jangan sedih, saya punya trik cara daftar Etsy tanpa kartu kredit . Sebenarnya ini langkahnya sama dengan cara daftar Paypal tanpa kartu kredit. Jadi kalau kalian berhasil verifikasi paypal tanpa kartu kredit, maka kalian juga bisa lolos pendaftaran Etsy hingga akhir meskipun kalian nggak punya kartu kredit sama sekali. Tenang, kalian nggak perlu menyiapkan keberanian untuk pinjem kartu kredit karena saya nggak akan suruh kalian untuk pinjam kartu kredit orang tua atau kartu kredit teman kok.  Yang perlu kalian siapkan adalah UANG . Yap karena kalian tidak punya kartu kredit asli maka kita akan beli kartu kredit virtual atau Virtual Credit Card (VCC) . Warning : saya hanya memberikan alternatif / cara lain bagi yang kesusahan karena tidak punya CC berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pun m